Jumat, 27 Juli 2018

Attack Helicopter/Helikopter Serang-Tempur Kamov Ka-50/Ka-52


Helikopter Serang-Tempur Kamov Ka-50
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 27 Juli 2018

Artikel kali ini akan mengulas tentang satu helikopter Serang-Tempur yang memiliki kemampuan yang sangat luar biasa. Helikopter Ka-50 (Kode Identifikasi NATO Hokum) dikembangkan di era 1980-an dari purwarupa Kamov V-80Sh-1 dan pertama kali diperlihatkan kepada khalayak pada pertunjukkan udara Zhukovsky, dekat Moskow, pada bulan Agustus 1992. Pada bulan yang sama, helikopter hasil produksi kedua ditampilkan di Inggris di pertunjukkan udara Farnborough. 

Di bulan November 1993, empat unit helikopter dikirimkan untuk pengujian dengan militer Rusia. Dan pada akhir 1980-an, permintaan besar Ka-50 terjadi, hal ini dikarenakan runtuhnya Uni Soviet di tahun 1991 yang menjadikan pertahanan Uni Soviet dalam ambang kehancuran. 

Helikopter Serang-Tempur Kamov Ka-50
militerbanget.blogspot.com

Ironisnya, hanya 12 unit yang dikirimkan ke militer Rusia pada bulan Agustus 1995, tidak ratusan seperti jumlah permintaan semula (karena keterbatasan dana). Produksi Ka-50 dimulai kembali pada tahun 2006, tetapi hanya untuk meyelesaikan lima unit helikopter yang tidak sempat dikirimkan pada masa Uni Soviet.

Helikopter Serang-Tempur Kamov Ka-50
militerbanget.blogspot.com

Berdasarkan pada pengalaman militer Uni Soviet di Afghanistan, meski Mil Mi-24 dan Mil Mi-28 adalah helikopter penyerang yang hebat, helikopter ini terlalu besar dan sulit bermanuver. Juga dalam operasi yang tingkat ancaman berada di level rendah, Mil Mi-24 diketahui ternyata rentan terhadap serangan dari darat.

 
Belajar dari pengalaman tersebut, militer kemudian meminta helikopter yang kuat serta handal, mampu membawa persenjataan lengkap, dan mampu bermanuver dengan baik dan memiliki daya tahan yang tinggi terhadap kerusakan besar. Ka-50 dinamai Black Shark oleh pembuatnya, memiliki bentuk profil yang similar alias mirip dengan profil pesawat terbang, lengkap dengan ekor vertikal. Dengan konfigurasi seperti ini, jelas sekali bahwa helikopter ini akan mampu bermanuver dengan baik.

Helikopter Serang-Tempur Kamov Ka-50
militerbanget.blogspot.com

Dengan dihilangkannya rotor ekor juga menambah kemampuan bertahan dalam pertempuran, selama perang di Afghanistan, banyak kru helikopter yang menemukan bahwa kerusakan di rotor ekor sangat berbahaya bagi helikopter, sekali rotor ekor mengalami kerusakan, dijamin, helikopter akan langsung hilang kendali dan jatuh. Gearbox utama juga ditempatkan dengan aman diantara mesin dan sangat terlindung. Kokpitnya dilindungi oleh kaca anti peluru dengan ketebalan 55mm dan ada tambahan pelindung baja yang mampu menahan benturan serangan proyektil kaliber 20mm.


Ka-50 adalah helikopter produksi pertama yang dilengkapi dengan kursi lontar, mekanismenya adalah dengan meledakkan baling-balingnya terlebih dahulu sebelum kursi lontar bertenaga roket Zvezda K-37-800 dilontarkan.

Helikopter ini relative ringan dan memiliki tenaga yang sangat hebat jika dibandingkan dengan beratnya, memungkinkan helikopter ini untuk membawa persenjataan di kedua sayapnya dengan jumlah yang mengagumkan. 

Helikopter Serang-Tempur Kamov Ka-50
militerbanget.blogspot.com

Setiap sayap memiliki dua pylon untuk dapat membawa roket, rudal, maupun pod senjata. 

Peredam panas dipasang di setiap ujung pipa pembuangan gas hasil pembakaran mesin, untuk mengurangi tampilan pesawat ini di radar infra merah, yang artinya menekan seminimal mungkin dijejak dan dikunci oleh misil pencari panas. Ka-50 bisa diterbangkan dengan hanya satu mesin jikalau dalam kondisi darurat, satu mesin rusak akibat terkena tembakan.


Pada bulan Januari 2001, Ka-50 pertama kali dgunakan dalam pertempuran saat penyerangan pemberontak chechen, dioperasikan dengan skuadron Ka-29 dan Mi-24.

Helikopter Serang-Tempur Kamov Ka-52
militerbanget.blogspot.com

Ka-52 (Kode Identifikasi NATO Hokum-B), merupakan pengembangan lanjutan dari Ka-50. Konfigurasinya berbeda dengan Ka-50, pada Ka-52 diawaki oleh dua kru, dengan posisi tempat duduk saling menyamping, bukan depan belakang. Ka-52 terbang pertama kali pada bulan Juni 1997, dan rancang bangunnya mempertahankan sekitar 85 persen dari design Ka-50. Tipe ini diharapkan akan diterjunkan sebagai pemimpin pasukan Ka-50, Ka-52 dikenal sebagai Alligator, dan hanya dimiliki oleh pasukan khusus Rusia.

Saat ini, diperkirakan Rusia telah mengoperasikan pasukan gabungan dari 25 Ka-50 dan Ka-52 dalam jumlah yang belum diketahui.

Spesifikasi Attack Helicopter/Helikopter Serang-Tempur Kamov Ka-50/Ka-52


Terbang Perdana: 27 Juli 1982

Kru: 

1 Orang (Ka-50) 
2 Orang (Ka-52)

Bobot: 9.800 kg (Kosong), MTOW: 10.800 kg

Dimensi 

Diameter rotor: 14,50 m 
Panjang: 16 m
Tinggi: 4,93 m

Persenjataan:       

30mm kanon, AA-8 Aphid, AA-11 AAM Archer, 
AT-9 Ataka atau AT-16 Vikhr anti tank, AS-10 Karen anti Radiation
AS-12 Kegler air to surface

Mesin: 2 X Klimov TV3-117VMA Turboshaft

Performa  

Kecepatan maksimum: 310 km/jam
Ketinggian operasional maksimum: 5.500 m
Jarak jelajah maksimum: 460 km

Demikianlah artikel singkat tentang Attack Helicopter/Helikopter Serang-Tempur Kamov Ka-50/Ka-52.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com



tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar