Kamis, 10 Oktober 2024

Pesawat Jet Taktis Dengan harga Paling Terjangkau di Dunia – Textron AirLand Scorpion (Bagian Kelima)


Pesawat Jet Taktis
Textron Airland Scorpion
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Kamis, 10 Oktober 2024

Pesawat ini oleh para perancangnya diharapkan akan mampu menjadi pesawat yang terkenal dan mampu menguasai pasar alias disukai oleh konsumen. Pihak pabrikan sangat optimis karena pesawat ini punya beberapa kelebihan, dan kelebihan yang paling utama adalah harganya yang relative lebih murah serta biaya operasionalnya yang rendah apabila dibandingkan dengan pesawat-pesawat tempur modern yang sekelas. Supaya artikel ini lebih mudah dipahami, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “Pesawat Jet Taktis Paling Terjangkau di Dunia – Textron AirLand Scorpion (Bagian Keempat)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:

Pesawat Jet Taktis
Textron Airland Scorpion
militerbanget.blogspot.com

Pesawat Scorpion yang sudah dimodifikasi ini kemudian melanjutkan penerbangan pada 1 Juni 2014. Pada bulan Juli 2014, Scorpion membuat penampilan publik pertamanya di Farnborough Airshow. 

Pesawat Jet Taktis
Textron Airland Scorpion
militerbanget.blogspot.com

Setelah melewati fase demi fase uji coba serta perbaikan/modifikasi, pesawat standar jalur produksi yang pertama berhasil terbang perdana pada tanggal 22 Desember 2016. Pesawat ini memiliki roda pendaratan yang disederhanakan, sudut menyapu sayap yang lebih besar, dan penambahan avionik baru termasuk kontrol throttle dan stick yang dapat dioperasikan dengan tangan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Serang Jarak Jauh Blackburn Buccaneer)

Pesawat Jet Taktis
Textron Airland Scorpion
militerbanget.blogspot.com

Design

Scorpion adalah pesawat jet kembar dengan dua kursi tandem dengan badan pesawat yang seluruhnya terbuat dari bahan komposit yang dirancang untuk misi serang ringan dan intelijen, pemantau, dan pengintaian. Biaya produksi dapat diminimalisasi karena pesawat ini mengadopsi teknologi komersial umum yang sudah tersedia di pasaran, sumber daya manufaktur, dan komponen yang dikembangkan untuk jet bisnis Cessna, seperti mekanisme penggerak flap dari Cessna Citation XLS dan Cessna Citation Mustang, mekanisme penggerak aileron dari Citation X. 

Pesawat Jet Taktis
Textron Airland Scorpion
militerbanget.blogspot.com

Textron AirLand menyebut Scorpion sebagai pesawat ISR/serang, dan bukan pesawat "serang ringan". Usaha patungan tersebut juga menyatakan Scorpion dimaksudkan untuk dapat menjalani misi penerbangan "ISR non-tradisional" seperti yang dilakukan oleh pesawat tempur AS di Irak dan Afghanistan. Scorpion dirancang untuk melakukan pengintaian bersenjata dengan biaya murah menggunakan sensor untuk terbang di atas ketinggian 15.000 kaki, lebih tinggi dari jangkauan tembakan darat, dan masih cukup tangguh walaupun mengalami kerusakan (dalam batas tertentu).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Serbu / Assault Rifle SS 2)

Pesawat Jet Taktis
Textron Airland Scorpion
militerbanget.blogspot.com

Pesawat Scorpion dirancang agar harga jualnya tidak terlalu tinggi, dengan biaya operasional yang juga tidak terlalu tinggi (sekitar US$3.000 per jam terbang), dengan biaya per unit diharapkan berada di bawah US$20 juta. Meskipun merupakan pesawat dengan konfigurasi dua kursi, pesawat ini dapat tetap dapat diterbangkan oleh satu orang crew. Textron AirLand memilih Perusahaan Cobham plc untuk merancang kokpit, yang akan menampilkan layar panel datar modern. 

Demikianlah artikel tentang Jet Taktis Dengan harga Paling Terjangkau di Dunia – Textron AirLand Scorpion (Bagian Kelima). Artikel ini bersambung ke bagian keenam dengan judul “Jet Taktis Dengan harga Paling Terjangkau di Dunia – Textron AirLand Scorpion (Bagian Keenam)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World Fighter Aircraft
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Amerika_Serikat
#Jet_Taktis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar