Minggu, 06 Oktober 2024

Pesawat Jet Taktis Dengan harga Paling Terjangkau di Dunia – Textron AirLand Scorpion (Bagian Pertama)


Pesawat Jet Taktis "Scorpion"
Textron Airland 
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 6 Oktober 2024

Pesawat Textron AirLand Scorpion dapatlah dikatakan sebagai pesawat taktis dan jet pengintai bersenjata satu-satunya di dunia hingga saat ini (paling tidak sampai dengan artikel ini ditulis). Lahirnya pesawat ini bermula saat perusahaan Textron berinisiatif untuk mengembangkan pesawat yang spesifik untuk memenuhi kebutuhan khusus di pasar yang tidak dapat dipenuhi oleh pesawat lain. Dengan sangat percaya diri, pabrikan Textron memutuskan untuk mendanai project ini secara mandiri tanpa dukungan dari pemerintah, yang mana ini sangat bertentangan dengan praktek yang lazim saat pengembangan pesawat militer.

Pesawat Jet Taktis "Scorpion"
Textron Airland 
militerbanget.blogspot.com

Biasanya, pemerintah akan mendanai sebagian besar anggaran dan menjadi operator pertama dari pesawat. Namun, Scorpion bukanlah pesawat biasa. Pesawat ini dapat dibuat langsung di AS dan kemudian dengan mudah diekspor ke negara-negara di seluruh dunia.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Tukik / Dive Bomber Yokosuka D4Y Suisei)

Pesawat Jet Taktis "Scorpion"
Textron Airland 
militerbanget.blogspot.com

Dengan harga hanya 25% dari harga F-16 (yang merupakan pesawat dengan populasi yang sangat besar saat ini), Scorpion dapat menjalankan berbagai misi yang dibebankan kepadanya, nulai dari misi patroli perbatasan, patroli maritim, bantuan pengawasan area terbatas, misi dukungan tempur skala terbatas, dan operasi kontra pemberontakan. Mungkin pesawat ini tidak memiliki semua fitur canggih dari jet tempur yang lengkap, tetapi itulah salah satu dari banyak alasan mengapa pesawat ini justru menjadi pesawat yang istimewa.

Pesawat Jet Taktis "Scorpion"
Textron Airland 
militerbanget.blogspot.com

Textron AirLand Scorpion adalah pesawat jet yang dirancang oleh Perusahaan swasta Amerika yang dirancang untuk dipasarkan sebagai pesawat yang mampu mengemban banyak misi, diantaranya adalah misi serangan ringan dan intelijen, pemantauan, dan pengintaian (ISR). Pesawat ini dikembangkan oleh Textron AirLand, perusahaan patungan antara Textron dan AirLand Enterprises. Purwarupa pesawat ini dibuat secara rahasia oleh Cessna di fasilitas mereka di Wichita, Kansas, antara bulan April 2012 dan September 2013 dan berhasil terbang perdana pada 12 Desember 2013.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan / Light Tank Hotchkiss H-35)


Perkembangan dan Rancang Bangun

Pada bulan Oktober 2011, sekelompok investor luar yang dikenal sebagai AirLand Enterprises LLC mendekati Textron dengan membawa proposal untuk memproduksi "pesawat jet taktis paling terjangkau di dunia". Kedua perusahaan tersebut lalu mendirikan usaha patungan yang disebut Textron AirLand dan proses rancang bangun pesawat dimulai pada bulan Januari 2012. Walaupun kedua Perusahaan, baik Textron maupun anak perusahaannya tidak memiliki banyak pengalaman dalam merancang pesawat tempur sayap tetap, mereka tetap menjalankan proyek ambisius ini.

Demikianlah artikel tentang Jet Taktis Dengan harga Paling Terjangkau di Dunia – Textron AirLand Scorpion (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “Jet Taktis Dengan harga Paling Terjangkau di Dunia – Textron AirLand Scorpion (Bagian Kedua)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World Fighter Aircraft
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar