Senin, 01 Juli 2019

Tank Tempur Ringan / Light Tank Hotchkiss H-35


Tank Tempur Ringan
Hotchkiss H35
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 1 Juli 2019

Tank tempur ringan ini dibuat untuk memenuhi permintaan pasukan kavalery Prancis akan sebuah tank yang mampu menunjang manuver pasukan tersebut. Untuk itu, maka dirancanglah Hotchkiss H-35 Light Tank pada tahun 1933 dan masuk dinas operasional pada tahun 1936, dan saat itu tugasnya meningkat, tidak lagi menjadi pendukung kavaleri, melainkan juga untuk mendukung pasukan Infantri.

Total ada sekitar 400 unit yang diproduksi, dengan pembagian tiga perempat jumlah tersebut diperuntukkan bagi pasukan kavaleri Prancis, dan sisanya untuk pasukan infantri. Khusus untuk pasukan infantri, tank ini digunakan untuk close support dan juga penarik perbekalan pasukan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun PPS-42/43 (Pistolet Pulemyot Sudayeva-42))

Dengan persenjataan utamanya yang hanya berupa meriam kaliber 37mm serta senjata sekunder berupa satu senapan mesin kaliber 7,5mm dan kecepatan jelajahnya yang terbilang lambat, membuat performanya kalah telak dibandingkan dengan tank sejenis milik Jerman. Daya tembak dan kekuatan mesin yang lemah menjadi nilai minus dari tank ini. 

Tank Tempur Ringan
Hotchkiss H35
militerbanget.blogspot.com

Satu-satunya kelebihan tank ini hanyalah pada lapisan bajanya yang lumayan tebal pada area turet serta bagian depan, yang tentu saja kurang memadai menghadapi taktik perang kilat yang diterapkan oleh Jerman.

Pada saat Perang Dunia ke II meletus, beberapa unit tank ini berhasil direbut oleh pasukan Jerman dalam keadaan utuh. Oleh militer Jerman, tank ini lalu dilepas turetnya, dan digunakan sebagai “schleppers”, yaitu kendaraan yang berfungsi untuk menarik meriam artileri beserta amunisinya.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - T-28)
 
Sedangkan turetnya, digunakan sebagai meriam untuk pertahanan statis. Tampaknya militer Jerman sama sekali tidak terkesan dengan performa tank ini dalam pertempuran, terlihat jelas dengan penggunaan tank ini yang hanya berupa “kuda beban” ketimbang kendaraan tempur.

Tank Tempur Ringan
Hotchkiss H35
militerbanget.blogspot.com

Versi Tank Encyclopedia

Meskipun telah dirancang dari tahun 1933 sebagai tank dukungan infanteri ringan yang agak lambat tetapi memiliki lapis baja yang baik, jenis ini pada awalnya ditolak oleh Infanteri Prancis karena terbukti sulit untuk dikemudikan saat mengemudi lintas negara, alih-alih diadopsi pada tahun 1936 oleh Kavaleri Prancis

Dari tahun 1938 versi yang ditingkatkan diproduksi dengan mesin yang lebih kuat, Modifikasi Char léger 1935 H modifikasi 39, yang dari tahun 1940 juga dilengkapi dengan meriam kaliber 37mm yang lebih baik performanya. versi ini dimaksudkan untuk menjadikan varian yang disempurnakan ini sebagai tank ringan standar, yang akan diproduksi dalam jumlah setidaknya empat ribu unit untuk melengkapi divisi lapis baja yang baru dibentuk,  baik dari Kavaleri dan Infanteri, tetapi karena kekalahan Prancis pada Juni 1940 total produksi kedua subtipe tetap terbatas pada sekitar 1.200 kendaraan. Selama sisa perang, Jerman dan sekutu-sekutunya menggunakan tank-tank Hotchkiss yang dirampas dalam beberapa modifikasi.

Pengembangan

Pada tahun 1926 telah diputuskan untuk memberikan dukungan lapis baja kepada divisi infanteri reguler dengan membuat batalion tank otonom yang dilengkapi dengan tank infantri ringan dan murah, sebuah kompromi char d'accompagnement. Untuk peran ini pada awalnya Char D1 dikembangkan yang kemusian terbukti tidak terlalu ringan atau murah. 

Pada tahun 1933 perusahaan Hotchkiss atas inisiatifnya sendiri mempresentasikan rencana untuk menghasilkan desain yang lebih ringan yang dimungkinkan oleh penerapan teknologi baru yaitu menerapkan metode baja tuang untuk membangun seluruh lambung (bukan lagi teknik las yang terbukti lebih memakan waktu dan biaya). Pada 30 Juni 1933 proposal ini disetujui oleh Conseil Consultatif de l'Armement. 

Pada 2 Agustus 1933 spesifikasinya diumumkan: berat enam ton dan ketebalan lapis baja dikisaran 30 mm pada beberapa bagian penting. Tiga purwarupa dipesan dengan Hotchkiss, tetapi juga seluruh industri Prancis diundang untuk memberikan proposal alternatif. Ini memungkinkan perusahaan Renault untuk mengalahkan Hotchkiss dalam memberikan purwarupa pertama, yang kemudian dikembangkan menjadi Renault R35. Pada 18 Januari 1935 purwarupa Hotchkiss pertama, belum dibuat dari baja lapis baja, diserahkan kepada Komisi d'Expérience du Matériel Automobile (CEMA) di Vincennes; (masih berupa tank dengan dilengkapi meriam, namun tanpa turret). 

Purwarupa ini diuji sampai 4 Maret 1935, ketika digantikan oleh purwarupa identik kedua yang akan diuji hingga 6 Mei. Tetapi kemudian kedua purwarupa ini ditolak, karena spesifikasi baru telah dibuat pada 21 Juni 1934 untuk meningkatkan ketebalan lapisan baja hingga 40mm. Pada tanggal 27 Juni 1935 komisi menyetujui tipe tersebut, dengan ketentuan perubahan yang diperlukan akan dilakukan. 

Pada tanggal 19 Agustus purwarupa ketiga dikirimkan, dilengkapi dengan turet APX dan menampilkan lambung yang didesain ulang; purwarupa itu diuji hingga 20 September dan diterima. Pada 6 November pesanan pertama dibuat dari 200 kendaraan. Tank produksi pertama dikirim pada 12 September 1936, di mana tahun ini sudah ada dua pesanan tambahan yang masing-masing dibuat dari 92 dan 108 kendaraan. Pada 1 Januari 1937, 132 kendaraan telah diproduksi.

Penolakan oleh Infanteri dan adopsi oleh Kavaleri

Tank seri pertama sekali lagi diuji secara ekstensif dan intensif hingga 4 Desember 1936. Lewat pengujian ini menunjukkan bahwa tank ini sangat sulit dikemudikan di kondisi medan. Mustahil untuk mengendalikan tank dengan baik di medan dengan permukaan yang agak bergelombang (hal ini menjadikan tank ini menjadi berbahaya bagi pasukan infantry yang berada di dekatnya alias membahayakan kawan sendiri). 

Oleh karena itu, Infanteri memutuskan untuk menerima hanya seratus tank pertama untuk melengkapi hanya dua batalion dengan tipe: the 13e dan 38e Bataillon de Chars de Combat dan menolak pengadaan lebih lanjut. Namun karena alasan politis, konsekuensi normal dari keputusan ini, menghentikan produksi, tidak dapat diterima. Dengan demikian 300 kendaraan produksi lainnya ditawarkan kepada Kavaleri, yang mana mau tidak mau terpaksa menerima tank ini karena memang tidak ada tank lain. 

Karena unit-unit kavaleri akan lebih memanfaatkan jaringan jalan atau landasan yang sudah dipersiapkan oleh pasukan zeni infantri, masalah-masalah medannya tidak begitu penting dalam peran kavaleri. Juga H 35 adalah dengan kecepatan 28 km/jam agak lebih cepat daripada Renault R35, yang hanya memiliki kecepatan 20 km/jam, meskipun dalam prakteknya kecepatan rata-rata lebih rendah daripada R 35 karena posisi gear box yang lebih rendah.

Secara umum, Hotchkiss H35 adalah tank berdimensi kecil, dengan panjang 4,22 meter, lebar 1,95 m dan tinggi 2,15 m. Beratnya 11.370 kg. Lambung tank ini terdiri dari enam bagian lapisan besi cor yang disatukan: dek mesin, kompartemen awak, bagian depan lambung, bagian belakang lambung dan dua bagian memanjang kiri dan kanan membentuk bagian bawah. Sistem baja tuang memungkinkan untuk membuat posisi lapisan baja yang miring yang mana bsa mempertinggi ketahanan menghadapi tembakan frontal, untuk mengoptimalkan kemungkinan defleksi. 

Namun, ternyata spesifikasi proteksi ini tidak sesuai dengan syarat yang diinginkan oleh pasukan Infantri. Ketebalan lapis baja yang semula ditentukan 40mm ternyata realisasinya hanya 34mm. Juga ada masalah kualitas yang buruk, diperparah oleh kenyataan bahwa banyak subkontraktor harus digunakan (sehingga menyulitkan pada saat penyatuan tank): pada awalnya lapisan baja dibuat dengan spesifikasi baja yang lebih lunak; ketika tingkat kekerasan baja pelindung ditingkatkan, lapisan baja ini malah menjadi rapuh dan penuh gelembung dan dengan demikian menjadi titik-titik lemah. 

Tank ini memiliki dua awak. Pengemudi duduk di depan kanan, di belakang pintu ganda besar. Dan mengemudikan tank ini juga bukanlah perkara mudah. Hotchkiss tidak memiliki diferensial Cleveland dari kompetitor Renault-nya dan tidak merespons penyesuaian arah yang tidak terduga. Rem tidak banyak membantu untuk memperbaiki ini: mereka terlalu lemah, terutama saat berkendara menuruni lereng. Yang tidak kalah merepotkan adalah gearbox: sulit untuk menggunakan gigi kelima tertinggi dan karenanya kecepatan puncak teoritis 28 km / jam jarang tercapai. Penanganan kasar yang tak terhindarkan dari tank oleh pengemudi mengakibatkan banyak keausan. 

Keandalan mekanik dari tank buruk. Suspensi terdiri dari tiga bogies per sisi. Sepuluh kendaraan produksi pertama, yang dapat dianggap sebagai membentuk preseries terpisah, memiliki sisi bogie melengkung; pada kendaraan-kendaraan selanjutnya ini memiliki sisi lurus. Bogies dangkal menyerupai tipe R35, tetapi menggunakan pegas heliks horizontal bukan silinder karet. Tangki ini ditenagai oleh mesin 78 hp enam silinder 3480 cc. Jarak operasional maksimum sejauh 129 kilometer, dimungkinkan oleh tangki bahan bakar 180 liter.

Komandan itu menggunakan turet standar APX-R, lapis baja dengan baja tuang yang memiliki ketebalan 40mm dan dipersenjatai dengan meriam low velocity SA 18 kaliber 37mm (laras pendek), yang memiliki penetrasi lapis baja maksimum hanya 23 mm. Tank ini dapat membawa sekitar 100 amunisi untuk meriam dan 2.400 peluru untuk senapan mesin Reibel 7,5 mm. 

Ada palka di bagian belakang menara. Komandan bisa duduk di atasnya untuk pengamatan yang lebih baik, tetapi posisi ini membuatnya sangat rentan dan kurang responsive ketika harus menangani senjata utama (meriam). Alternatifnya adalah, pada saat pertempuran, komandan harus terus berada dalam turet. 

Kavaleri yang mengoperasikan tank ini tentu saja sangat keberatan dengan taktik ini, karena kemampuan melihat situasi dan sasaran dari dalam turret sangatlah buruk, belum lagi diperparah dengan performa meriam yang tergolong payah. Untuk mengatasi buruknya performa senjata utama, alternatif jalan pintas diambil, dengan menggunakan amunisi yang memiliki isi propellan yang lebih banyak, sehingga meningkatkan kecepatan laras menjadi sekitar 600 m/s dan penetrasi maksimum meningkat menjadi sekitar 30mm. Namun, hanya sebagian kecil dari tank ini yang memperoleh modifikasi ini, karena modifikasi ini ternyata mempercepat keausan laras, yang berujung pada singkatnya masa pakai senjata utama. Pada musim semi 1940, diascope asli tipe Chrétien berangsur-angsur diganti dengan episkop, menawarkan perlindungan lebih.

Karena Kavaleri menginginkan kecepatan tertinggi yang lebih baik, diputuskan untuk membawa hasil eksperimen yang sudah dilakukan dari Oktober 1936 untuk memasang mesin yang lebih kuat. Purwarupa baru dibuat pada tahun 1937, dengan 120 hp bukan mesin 78 hp. Lambung diperbesar untuk menampungnya dan lebar track serta elemen suspensi ditingkatkan, menaikkan bobot menjadi 12,1 ton. 

Tipe yang ditingkatkan ini lebih cepat, dengan kecepatan tertinggi 36,5 km / jam (22,6 mph), tetapi juga lebih mudah dikendarai. Oleh karena itu pertama kali disampaikan kepada Komisi d'Expérimentations de l'Infanterie pada tanggal 31 Januari 1939 untuk melihat apakah keputusan negatif yang asli dapat diubah. 

Komisi memang menerima tipe itu, Char léger modèle 1935 H modifié 39; dan diputuskan pada tanggal 18 Februari untuk membiarkannya berhasil versi asli dari kendaraan 401 dan seterusnya, yang sama baiknya pada tahun 1937 dan 1938 pesanan telah dibuat dari 200 kendaraan dan produksi sudah dimulai, total pesanan dari tipe yang diperbaiki kemudian diperluas menjadi 900. 

Namun pengidentifikasi pabrik adalah Char léger Hotchkiss modèle 38 série D, pendahulunya adalah série B. Penunjukan tersebut telah menyebabkan banyak kebingungan; ini masih secara resmi tank yang sama dengan "H 35", hanya dalam varian selanjutnya. Namun bahkan pada saat itu, banyak yang mulai menyebutnya sebagai 38 H atau 39 H.

Subtipe baru berbeda dari yang asli dalam memiliki dek mesin dinaikkan dan lebih sudut (dalam kendaraan produksi kemudian dengan melintang bukan celah ventilasi memanjang di sisi kanan); jarak jelajah operasional menurun hingga 120 km; roda idler tertutup; dimensi track lebih lebar 2cm menjadi 27cm; track menggunakan logam sepenuhnya dan bukan lagi menggunakan tapak karet; peredam diarahkan ke belakang dan ventilator yang lebih besar, lebih dapat diandalkan dan efektif.

Awal 1940 sebuah program modernisasi dimulai. Ini termasuk selain pemasangan episkop, ekor, dan beberapa set radio, pengenalan bertahap senjata SA38 L / 35 37 mm yang lebih lama dengan kapasitas anti-tank yang jauh lebih baik (penetrasi 30 mm pada 1000 m); sekitar 350 kendaraan (kembali) dibangun dengan senjata yang lebih baik, di antaranya sekitar lima puluh "H 35". 

Meriam tipe baru tersebut menjadi fitur standar di jalur produksi pada bulan April. Sebelum perubahan itu, meriam-meriam yang baru yang tersedia mulai Januari 1940 secara bertahap dipasang ke tank-tank komandan pleton, kompi dan batalion; sekitar setengah dari kendaraan komandan di unit Hotchkiss dimodifikasi. Modifikasi baru dimaksudkan agar sesuai dengan senjata utama (meriam) yang memliki laras yang lebih panjang untuk semua tank selama paruh kedua 1940. Setelah perang itu untuk sementara waktu dengan keliru menganggap bahwa "H 38" adalah nama resmi tank dengan mesin baru, tetapi tanpa yang baru pistol dan "H 39" nama jenis yang memiliki peningkatan besar. 

Kesalahan-kesalahan ini masih umum dalam banyak literatur sekunder. "H 38" sebenarnya identik dengan "H 39" dan itu hanya benar untuk merujuk yang terakhir dalam pengertian informal. Sejalan dengan pengembangan R 40 untuk sementara waktu dianggap membuat "H 40" dengan mengadopsi suspensi AMX ditingkatkan dari kendaraan lain; pada akhirnya opsi ini ditolak.

Catatan Operasional

Tiga tank Hotchkiss versi "H 39" telah diekspor ke Polandia pada bulan Juli 1939 untuk diuji oleh Biro Studi Teknis Polandia dari Armored Weapons (pl. Biuro Badań Technicznych Broni Pancernych). Selama Invasi Polandia pada tahun 1939, tank-tank Hotchkiss bersama dengan tiga tank Renault R 35 dimasukkan ke dalam unit "setengah kompi" ad hoc dari letnan J. Jakubowicz yang dibentuk pada 14 September 1939 di Kiwerce, Polandia. Unit ini bergabung dengan satuan tugas "Dubno" dan kehilangan semua tanknya selama kampanye dan pertempuran dengan tentara Jerman dan Soviet dan pemberontak Ukraina

Pada April 1940, CACC 342 dikirim ke Norwegia setelah invasi Jerman ke negara itu, yang pertama kali dimaksudkan untuk membentuk bagian dari pasukan ekspedisi untuk membantu Finlandia dalam Perang Musim Dingin. Perusahaan otonom ini, dilengkapi dengan lima belas "H 39", semua dengan meriam laras pendek, bertempur di Narvik, setelah mendarat pada 7 Mei. Setelah pembebasan sementara kota itu, dua belas kendaraan yang tersisa ditarik ke Inggris pada 8 Juni, di mana mereka bergabung dengan pasukan pembebasan perancis, membentuk 1e Compagnie de Chars de Combat de la France Libre. Pada tahun 1940 dan 1941 CCC 1e ini berperang melawan pasukan Vichy di Gabon dan kemudian di Suriah.

Ketika Perang Dunia II dimulai, 640 tank Hotchkiss telah dikirimkan sesuai dengan daftar penerimaan. Persediaan sedikit menyimpang: dari 300 "H 35" yang dialokasikan untuk Kavaleri, 232 diturunkan oleh sepuluh skuadron kavaleri, 44 di depot, delapan di perombakan pabrik dan enam belas di Afrika Utara. Dari ratusan unit yang digunakan oleh Infanteri, sembilan puluh dikerahkan oleh dua batalion tank yang dilengkapi dengan jenis itu, enam di cadangan matériel dan dua digunakan untuk pelatihan mengemudi. 

Dari "H 39", enam belas digunakan oleh Kavaleri di Afrika Utara dan enam di depot; 180 diterjunkan oleh empat batalion tank Infanteri dan empat belas berada di cadangan matriri Infanteri. Diputuskan untuk memusatkan sebagian besar kapasitas produksi Sekutu untuk tank ringan ke dalam pembuatan tipe tunggal, dan tank Hotchkiss dipilih karena memiliki mobilitas yang diperlukan untuk digunakan dalam banyak divisi lapis baja yang direncanakan Entente untuk meningkatkan untuk menentukan yang diharapkan. serangan musim panas tahun 1941. 

Untuk tujuan ini industri berat Inggris dan Portugis harus membantu dalam memproduksi bagian baja tuang. Diharapkan untuk meningkatkan produksi menjadi 300 sebulan pada Oktober 1940, dan bahkan 500 sebulan dari Maret 1941, bagian dari 75 unit yang akan disediakan oleh Inggris dengan imbalan pengiriman bulanan sembilan Char B1's. Ini dapat dibandingkan dengan rencana produksi R 40: 120 per bulan, yang mencerminkan sedikit pentingnya yang sekarang melekat pada dukungan infantri.

Rencana ini terganggu oleh Pertempuran Prancis. Pada bulan Mei 1940 tipe yang dilengkapi dalam unit Kavaleri dua resimen tank (masing-masing memiliki kekuatan 47 unit) di masing-masing dari tiga Divisi Mekanis ringan dan berfungsi sebagai AMR di Divisi Infanteri Mekanik ke-9 dan ke-25 (masing-masing enam belas kendaraan), DLM ke-3 (22 "H35) "s dan 47" H 39 "s) dan di lima Divisi Kavaleri Ringan (masing-masing enam belas kendaraan). 

Dalam Infanteri itu melengkapi dua batalion otonom yang disebutkan di atas dan dua batalyon 45 di masing-masing dari tiga Divisi Cuirassées, yang terakhir dengan varian "H 39". Sebagian besar tank Hotchkiss terkonsentrasi di unit bermotor yang lebih besar, di divisi lapis baja yang melengkapi inti dari tank yang lebih berat, meskipun mereka tidak cocok: pertempuran "H 35" yang lebih lambat terjadi bersamaan dengan SOMUA S35 yang lebih cepat, sedangkan "H 39" yang lebih cepat bergabung B1 Char yang lebih lambat. 

Sebagian besar kendaraan ini masih menggunakan meriam dengan laras pendek. Beberapa unit ad hoc dan dibentuk kembali dengan tipe setelah invasi. Ini termasuk 4e DCR (empat puluh kendaraan) dan 7e DLM (47). Sebagian besar dari unit-unit ini dilengkapi dengan kendaraan baru yang dibuat dengan meriam laras panjang. Pada bulan Mei pengiriman mencapai puncaknya pada 122; gambar tank Hotchkiss dengan nomor seri 41200 menunjukkan bahwa pada bulan Juni setidaknya 121 unit diproduksi untuk total setidaknya 1.200 kendaraan, tidak termasuk purwarupa.

Sekitar 550 unit berhasil dirampas Jerman dan digunakan oleh Jerman sebagai Panzerkampfwagen 35H 734 (f) atau Panzerkampfwagen 38H 735 (f); sebagian besar untuk tugas pendudukan, tetapi Panzerabteilung 211e independen dikerahkan di Finlandia selama Operasi Barbarossa. 

Seperti Prancis sendiri, Jerman tidak membuat perbedaan yang jelas antara "H 38" dan "H 39". Beberapa kendaraan dimodifikasi menjadi pembawa amunisi atau traktor artileri (Artillerieschlepper 38H (f)) atau peluncur roket (Panzerkampfwagen 35H (f) mit Wurfrahmen 28/32 cm). Pada tahun 1942, 24 unit dikonversi menjadi Marder I Panzerjäger atau penghancur tank, 7,5 cm PaK40 (Sf) auf Geschützwagen 39H (f) dan 48 menjadi artileri mekanik, 10,5 cm leFH18 (Sf) auf Geschützwagen 39H (f) , semua akan digunakan oleh unit di Perancis. Sebuah kendaraan pengamatan artileri khusus telah dibuat: Panzerbeobachtungswagen 38H (f). Pada Juni 1943, 361 tank Hotchkiss masih terdaftar dalam inventaris Angkatan Darat Jerman sebagai tank gun 37 mm; jumlah ini menurun menjadi enam puluh pada Desember 1944.

Pada tahun 1943, pihak Jerman (walaupun diwarnai dengan protes), mengirim sembilan belas "H 39" ke Bulgaria untuk tujuan pelatihan, ketika terbukti tidak mungkin menemukan 25 Panzerkampfwagen Is yang tidak dimodifikasi, jenis yang benar-benar diinginkan oleh orang Bulgaria. Setelah perang, kendaraan ini digunakan oleh unit polisi. Jerman pada tahun 1944 mengirim lima belas unit ke Hongaria dan sejumlah kecil ke Kroasia.

Di Afrika Utara, 27 kendaraan (tiga belas H 35 dan empat belas "H 39") secara resmi bertugas di 1e Régiment de Chasseurs d'Afrique dan diizinkan untuk tetap di sana oleh kondisi gencatan senjata; lima lainnya disembunyikan di Maroko. Mereka bertempur melawan Sekutu selama fase awal Operation Torch dekat Casablanca pada bulan November 1942, menghancurkan empat M3 Stuarts. Di akhir perang, resimen ini kemudian bergabung dengan pasukan sekutu dan dioperasikan bersama dengan M4 Shermans pada musim panas 1943.

Setelah perang beberapa tank Hotchkiss digunakan oleh pasukan keamanan Prancis di koloni dan pasukan pendudukan di Jerman. Sepuluh "H 39" secara rahasia dijual ke Israel dan dikirim dari Marseilles ke Haifa pada tahun 1948. Setidaknya satu tetap beroperasi dengan IDF sampai 1952.

Kendaraan yang selamat

Delapan Hotchkiss H35 telah selamat, semua dari 39 subtipe modifikasi dan dimodifikasi oleh Jerman. Satu tank Hotchkiss dipajang di alun-alun kota di Narvik sebagai peringatan Pertempuran Narvik pada tahun 1940. Kendaraan kedua di Norwegia adalah bagian dari koleksi Pansarparken di Rena Leir. 

Di Inggris, koleksi pribadi Kevin Wheatcroft telah membeli contoh dari Museum Norwegia Arquebus Krigshistoriske di Rogaland. Di Prancis sendiri Musée des Blindés di Saumur memiliki kendaraan dalam kondisi berjalan; di dasar 501 / 503e RCC di Mourmelon-le-Grand a Hotchkiss berfungsi sebagai monumen yang dipulihkan dengan menara Renault R35, yang dilengkapi dengan senjata dummy. 

Museum Nasional Sejarah Militer Bulgaria menampilkan salah satu kendaraan yang digunakan oleh pasukan polisi Bulgaria. Di Latrun di Israel, Yad la-Shiryon Museum menunjukkan salah satu tank yang digunakan oleh IDF. Di Rusia, museum tank Kubinka memiliki tank Hotchkiss dalam kondisi berjalan, ditangkap dari 211. Panzerabteilung pada musim panas 1944.

Spesifikasi Tank Tempur Ringan / Light Tank Hotchkiss H-35


Asal Negara: Perancis
Operasional aktif: 1936
Kru: 2 Orang
Bobot: 10.600 kg/10,6 ton

Dimensi  

Panjang: 4.22 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,62 m 
Lebar: 1,96 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Meriam kaliber 37mm rifle gun
Senjata sekunder: 
1 x 7.5mm machine gun 

Armor: Maksimum 40mm

Mesin:  hotchkiss 1935 6-cylinder 55,91 kW/75 hp 

Performa  

Kecepatan maksimum: 27 km/jam 
Jarak maksimum: 150 km

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Ringan / Light Tank Hotchkiss H-35, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com
Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar