Minggu, 01 September 2024

Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Kedelapan)


Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 1 September 2024

Tank perusak atau tank destroyer milik Jerman ini memang tidak terlalu terkenal kiprahnya, tidak seperti PzKpfw V (Panther) atau PzKpfw VI (Tiger) yang memang sangat kesohor pada masa itu. Tetapi tidak bisa dipungkiri, kehadiran tank destroyer ini cukup untuk membuat barisan lapis baja pihak lawan pusing tujuh keliling karena keganasannya. Supaya artikel ini dapat dipahami dengan baik, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Ketujuh)", silahkan disimak:

Stuktur Organisasi dalam Kemiliteran

Jagdpanzer IV digunakan untuk melengkapi Panzerjäger Abteilungen (batalion antitank) dari divisi Panzer atau Panzer Grenadier. Batalion antitank yang ditugaskan ke divisi Panzer biasanya dibagi menjadi dua kompi, masing-masing berkekuatan 10 unit. Satu unit lagi akan ditugaskan untuk komandan batalion, sehingga total kekuatan menjadi 21 unit.

Batalyon antitank Panzer Grenadier memiliki kekuatan dua kompi, dengan masing-masing 14 unit. Tiga unit lagi digunakan untuk peleton komandan batalion. Secara total, kekuatannya adalah 31 unit. Dalam kedua kasus, kompi ketiga terdiri dari senjata antitank yang ditarik. Bergantung pada ketersediaan dan situasi pertempuran, jumlah kendaraan per Panzerjäger Abteilung bervariasi tergantung pada banyak faktor, seperti kerugian atau ketersediaan kendaraan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Ringan Brequet Bre. 19)

Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Pada akhir tahun 1943, atas desakan Guderian dan dengan persetujuan Hitler, Divisi Panzer Lehr akan dibentuk, yang akan berfungsi sebagai titik pelatihan untuk formasi lapis baja. Divisi ini akan mencakup personel berpengalaman dari berbagai unit lainnya. Unit ini sebenarnya adalah divisi Jerman pertama yang diperkuat dengan Jagdpanzer IV. Pada tanggal 1 Juni 1944, Panzerjäger Lehr Abteilung 130 dilengkapi dengan 31 unit Jagdpanzer IV. Strukturnya agak tidak biasa, dengan masing-masing dari tiga kompi anti-tank dilengkapi dengan 9 unit Jagdpanzer IV. Empat kendaraan yang tersisa melekat pada komando Batalyon. Alasan untuk struktur organisasi yang tidak biasa ini terletak pada kenyataan bahwa unit ini awalnya dimaksudkan untuk dilengkapi dengan 14 unit Jagdpanzer IV dan 14 unit Jagdtiger. Karena tidak ada Jagdtiger yang tersedia pada saat divisi ini dibentuk, Jagdpanzer IV tambahan disediakan sebagai gantinya. Unit lain dengan Jagdpanzer IV adalah Divisi Panzer Hermann Goering .

Catatan Pertempuran


Prancis 1944

Selama invasi Sekutu ke Normandia pada bulan Juni 1944, berbagai unit Jerman direncanakan untuk diperkuat dengan Jagdpanzer IV yang baru. Beberapa divisi sudah dilengkapi, termasuk Divisi Panzer ke-2, Divisi Panzer ke-116, dan Divisi Panzer SS ke-12, yang masing-masing memiliki 21 unit, sementara Divisi Panzer Lehr dan Divisi Panzergrenadier ke-17 memiliki 31 unit. Dalam kasus Divisi Panzergrenadier ke-17, Jagdpanzer IV-nya tiba di Prancis pada bulan Agustus karena penundaan. Divisi Panzer ke-9 dimaksudkan untuk menerima Jagdpanzer IV untuk menggantikan kendaraan anti-tank Marder II -nya , tetapi ini tidak tersedia pada saat invasi Sekutu ke Barat pada bulan Juni 1944. Divisi lain yang akan dimasukkan dalam kampanye ini yang memiliki Jagdpanzer IV adalah Divisi Panzer SS ke-9, ke-11, ke-116, dan ke-10.

Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Pada hari-hari setelah pendaratan Sekutu di Normandia, pertempuran sengit terjadi saat Sekutu mencoba memperluas pangkalan pantai mereka dan Jerman berusaha memukul mundur mereka. Di daerah antara Caen dan Bayeux, elemen Divisi Panzer SS ke-12 cukup aktif. Pada tanggal 9 Juni, Panzergrenadier Lehr Regiment 901 dan Panzerjäger Lehr Abteilung 130 bergerak menuju Bayeux dalam upaya untuk merebut kembali kota ini dan mencegah kemajuan Sekutu di periode selanjutnya. Selama gerakan ini, sekitar enam unit Jagdpanzer IV tertinggal di belakang garis, karena bidikan senjata mereka salah. Mengingat bahwa Jerman tidak yakin apa tujuan utama Sekutu berikutnya, (dalam berbagai laporan disebutkan bahwa Jerman mengira akan ada pendaratan kedua di Belgia, sehingga Jerman memecah konsentrasi kekuatan panzer mereka), pengorganisasian operasi ofensif yang efektif tidak dapat dicapai dengan mudah. Kekuatan udara Sekutu yang unggul dan jalur pasokan yang panjang sangat memengaruhi kinerja tempur Jerman secara keseluruhan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank, Vickers Mk I)

Pada tanggal 10, pertempuran hebat terjadi, karena kedua belah pihak mencoba untuk saling menyerang. Pertempuran di daerah ini, karena medan bocage di bagian Prancis ini, tidak mudah atau kurang ideal untuk manuver formasi lapis baja yang lebih besar. Pada malam hari itu, sekitar 5 tank Cromwell Sekutu berhasil masuk di belakang garis pertahanan Jerman dan bahkan mengancam markas besar Panzergrenadier Lehr Regiment 902. Sayangnya bagi mereka, beberapa Jagdpanzer IV, dengan komandan unit mereka, Oberleutnant Werner Wagner, berada di dekatnya dan bersiap untuk menyerang musuh. Setelah memposisikan kendaraan untuk memiliki jarak tembak terbaik, mereka menyerang tank musuh. Segera, satu Cromwell terkena dan terbakar. Cromwell kedua dilumpuhkan oleh dua serangan sebelum yang ketiga menghancurkannya. Cromwell ketiga juga dilaporkan hancur. Tank-tank Sekutu yang tersisa mencoba mundur tetapi berhasil digagalkan sehingga memaksa awak tank sekutu itu menyerah.

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Kedelapan). Artikel ini bersambung ke bagian kesembilan dengan judul “Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Kesembilan)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Perang_Dunia_II
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar