Senin, 29 Juli 2024

De Havilland DH.110 Sea Vixen, Pesawat Tempur Yang Tak Pernah "Bertempur" (Bagian Keempat)


Pesawat Tempur De Havilland DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 29 Juli 2024

Pesawat tempur ini terbilang unik dan juga tidak biasa. Konfigurasi kokpitnya juga aneh dan tidak seperti kebanyakan pesawat tempur yang ada saat itu yang masih menerapkan konfigurasi yang konservatif. Walaupun sepintas terlihat "modern" untuk ukuran jamannya, kenyataannya pesawat tempur ini tak pernah sekalipun mencicipi pertempuran yang sebenarnya, sehingga performa serta kaunggulan pesawat ini hanya sebatas pada performa design tanpa pernah benar-benar teruji di medan tempur. Dan artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "De Havilland DH.110 Sea Vixen, Pesawat Tempur Yang Tak Pernah "Bertempur" (Bagian Ketiga)", silahkan disimak:

Pesawat Tempur De Havilland DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun yang sama, Sea Vixens dari HMS Centaur sekali lagi bertugas di Teluk Persia, termasuk peluncuran serangan udara terhadap pasukan pemberontak, kali ini Sea Vixen bertugas memberikan perlindungan pada pasukan Inggris yang berperang melawan penduduk setempat yang tidak puas dengan hilangnya korban jiwa di Radfan. Kemudian pada tahun 1964, Skuadron 892 Sea Vixens HMS Centaur juga ditempatkan di perairan Indonesiapada saat periode Ganyang Malaysia.

Pesawat Tempur De Havilland DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Secara umum, pesawat De Havilland DH110 Sea Vixen tidak pernah bertugas aktif dalam perang apa pun, meskipun pesawat ini memberikan tugas perlindungan berdasarkan dari berbagai operator di seluruh dunia.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Light Helicopter / Helikopter Ringan Hughes TH-55 Osage)

Pesawat Tempur De Havilland DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Sea Vixens bertugas lebih lanjut pada tahun 1960-an, menjalankan tugas di Patroli Beira, sebuah operasi Angkatan Laut Kerajaan yang dirancang untuk mencegah minyak mencapai Rhodesia yang terkurung daratan melalui koloni Portugis di Mozambik. Sea Vixen juga bertugas di Timur Jauh. Pada tahun 1967, sekali lagi di Teluk Persia, Sea Vixens membantu menutupi penarikan pasukan dari Aden. Ada sejumlah kapal perang Royal Navy yang terlibat, antara lain kapal induk HMS Albion, HMS Bulwark dan HMS Eagle (membawa Sea Vixens) serta LPD (Landing Platform Dock) HMS Fearless.

Sea Vixen juga rutin terbang dalam pertunjukkan aerobatic yang tampil dalam dua tim tampilan Angkatan Laut Kerajaan: Simon's Sircus dan Fred's Five.

Dari 145 unit Sea Vixen yang diproduksi, 55 unit hilang karena kecelakaan. Dua purwarupa pengembangan DH.110 juga hilang. Hilangnya 55 unit Sea Vixen mewakili tingkat kerugian yang sangat tinggi hampir 38%. 30 unit (54%) dari pesawat yang hilang itu di antaranya adalah insiden fatal, 21 unit diantaranya menyebabkan kematian pilot dan observer.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium/Medium Tank Strv 74)

Pesawat Tempur De Havilland DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Sejumlah kecil Sea Vixen dikirim ke FR Aviation di lapangan terbang Tarrant Rushton untuk diubah menjadi standar drone D.3, dengan beberapa menjalani pengujian di RAF Llanbedr sebelum program drone ditinggalkan. Diantaranya adalah XP924, sekarang G-CVIX, satu-satunya Sea Vixen yang siap dalam kondisi terbang, yang kini telah dikembalikan ke 899 NAS. Pesawat ini sebelumnya dimiliki dan dioperasikan oleh De Havilland Aviation, G-CVIX dapat dilihat di hanggar mereka di Bandara Bournemouth di Dorset, Inggris selatan, atau di pertunjukan udara di seluruh Inggris. Pada tanggal 16 September 2014, G-CVIX dipindahkan ke Naval Aviation Ltd., anak perusahaan Fly Navy Heritage Trust dan akan berbasis di Royal Naval Air Station Yeovilton di Somerset.

Demikianlah artikel tentang De Havilland DH.110 Sea Vixen, Pesawat Tempur Yang Tak Pernah "Bertempur" (Bagian Keempat). Artikel ini bersambung ke bagian kelima dengan judul “De Havilland DH.110 Sea Vixen, Pesawat Tempur Yang Tak Pernah "Bertempur" (Bagian Kelima)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World Fighter Aircraft
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Inggris
#Pesawat_Tempur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar