Sabtu, 27 Juli 2024

De Havilland DH.110 Sea Vixen, Pesawat Tempur Yang Tak Pernah "Bertempur" (Bagian Kedua)


Pesawat Tempur De Havilland DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 27 Juli 2024

Pesawat tempur ini terbilang unik dan juga tidak biasa. Konfigurasi kokpitnya juga aneh dan tidak seperti kebanyakan pesawat tempur yang ada saat itu yang masih menerapkan konfigurasi yang konservatif. Walaupun sepintas terlihat "modern" untuk ukuran jamannya, kenyataannya pesawat tempur ini tak pernah sekalipun mencicipi pertempuran yang sebenarnya, sehingga performa serta kaunggulan pesawat ini hanya sebatas pada performa design tanpa pernah benar-benar teruji di medan tempur. Dan artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "De Havilland DH.110 Sea Vixen, Pesawat Tempur Yang Tak Pernah "Bertempur" (Bagian Pertama)", silahkan disimak:

Pesawat Tempur De Havilland DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Tragisnya, pesawat itu kemudian “terbelah” dan pecahannya pesawat terus melaju ke arah kerumunan orang, menewaskan 29 penonton dan melukai banyak lainnya. Selain itu, Test Pilot John Derry dan Flight Engineer Tony Richards sama-sama kehilangan nyawa akibat insiden tersebut. 

Investigasi yang dilakukan setelah insiden itu menemukan fakta bahwa penyebab kegagalan struktur pada sayap pesawat adalah desain bagian tepi depan sayap di depan badan utama. Walaupun rancangan seperti ini sesuai untuk pesawat Vampire dan Venom, tetapi ternyata rancangan ini tidak cocok apabila diterapkan untuk pesawat yang memiliki tingkat manuver dengan tekanan G yang tinggi. Struktur pada pangkal sayap Sea Vixen ternyata mengalami tekanan yang sangat tinggi yang disebabkan oleh manuver “pull out” atau mendongak ke atas setelah menukik pada kecepatan 650 mph (1.046 km/jam) seperti yang terjadi pada pesawat DH110 di Farnborough.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Medium Bomber Aircraft/Pesawat Pembom Medium Fairey Hendon)

Pesawat Tempur De Havilland DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Lapisan luar sayap tepi depan pada purwarupa ini, yang tidak dilengkapi dengan struktur penguat ekstra (yang nantinya akan ditambahkan) tertekuk, yang mengakibatkan bagian luar sayap lalu tertekuk tersapu ke belakang dan kemudian terkoyak (manuver seperti ini telah diuji coba pada purwarupa yang lain pada hari-hari sebelumnya. Purwarupa yang lain ini memiliki perkuatan aerodinamis pada sayap yang memberikan pengerasan eksternal pada kulit yang terletak tepat di area asal tekuk, sehingga tidak menimbulkan gagal struktur). 

Pesawat Tempur De Havilland DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Pergeseran berikutnya pada pusat tekanan DH 110 menyebabkan pesawat terangkat, bagian kokpit dan ekor terlepas dan mesin terlepas dari badan pesawat karena beban G yang besar. Salah satu mesin menghantam area yang dipenuhi penonton di ujung landasan, menyebabkan sebagian besar kematian. Enam puluh penonton lainnya terluka akibat pecahan dari kokpit yang mendarat di dekat tribun penonton utama di sepanjang landasan pacu. Insiden ini menyebabkan restrukturisasi peraturan keselamatan pertunjukan udara di Inggris, dan tidak ada anggota masyarakat yang meninggal akibat penerbangan pertunjukan udara Inggris selama lebih dari 62 tahun.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Serang Ringan OV-10 Bronco)

Pesawat Tempur De Havilland DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Setelah kecelakaan itu, sisa purwarupa De Havilland DH110 (WG240) yang masih ada diperkuat dan area tertentu didesain ulang dan hampir setahun sebelum uji coba penerbangan dimulai kembali. Meskipun demikian, RAF mengabaikan minatnya pada pesawat tersebut dan memilih Gloster Javelin sebagai gantinya.

Demikianlah artikel tentang De Havilland DH.110 Sea Vixen, Pesawat Tempur Yang Tak Pernah "Bertempur" (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “De Havilland DH.110 Sea Vixen, Pesawat Tempur Yang Tak Pernah "Bertempur" (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World Fighter Aircraft
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Inggris
#Pesawat_Tempur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar