Rabu, 24 Juli 2024

De Havilland DH.110 Sea Vixen, Pesawat Tempur Yang Tak Pernah "Bertempur" (Bagian Pertama)


Pesawat Tempur DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Rabu, 24 Juli 2024

De Havilland DH.110 Sea Vixen adalah pesawat tempur pertahanan udara armada yang berbasis kapal induk. Pesawat dengan tata letak kokpit yang unik ini memiliki konfigurasi mesin ganda, berekor ganda, dua kursi, yang diterbangkan oleh Armada Udara Angkatan Laut Kerajaan Inggris dari tahun 1950-an hingga awal 1970-an. Sea Vixen dirancang oleh de Havilland Aircraft Company pada akhir tahun 1940-an di pabrik pesawat Hatfield di Hertfordshire, dikembangkan dari jet tempur generasi pertama milik perusahaan tersebut, pesawat ini kemudian disebut Hawker Siddeley Sea Vixen setelah de Havilland diserap oleh Hawker Siddeley Corporation pada tahun 1960.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank Type 74)

Pesawat Tempur DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

De Havilland DH110 Sea Vixen awalnya dirancang sebagai pesawat tempur berkonfigurasi dua kursi, twin-boom (ekor ganda) dan dilengkapi radar dengan spesifikasi F.4/48 yang rencananya akan bersaing langsung dengan Gloster Javelin.

Pesawat Tempur DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Walaupun pada akhirnya pesawat ini kalah dalam kompetisi tersebut, Angkatan Laut Kerajaan Inggris merasa bahwa De Havilland DH110 adalah pesawat tempur yang potensial untuk dijadikan pesawat tempur pertahanan armada yang berpangkalan di kapal induk. Hal ini menyebabkan dirilisnya spesifikasi baru N.131T, yang ditulis khusus dengan mempertimbangkan De Havilland DH110.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Medium Bomber Aircraft/Pesawat Pembom Medium Fairey Hendon)

Pesawat Tempur DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

De Havilland Aircraft Company memang sudah sangat terkenal karena produk pesawatnya yang menerapkan konfigurasi twin-boom, seperti yang terlihat pada pesawat Vampire dan Venom, dengan badan pesawat yang seluruhnya terbuat dari logam dan bentuk sayap yang menyapu (dan khusus untuk memenuhi permintaan Angkatan Laut Inggris, pabrikan ini lalu merancang pesawat yang pesawatnya dapat dilipat untuk hangar di kapal induk).

Pesawat Tempur DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Mengandalkan dapur pacu mesin turbojet Rolls-Royce Avon 208, purwarupa pertama (dikenal dengan kode identifikasi WG326) berhasil terbang pertama kali di Hatfield pada 26 September 1951, dipiloti oleh John 'Cats Eyes' Cunningham. Penerbangan uji awal ini ternyata melebihi ekspektasi dalam hal kecepatan dan kinerja, serta mampu melampaui kecepatan suara.

Pesawat Tempur DH.110 Sea Vixen
militerbanget.blogspot.com

Walaupun terkesan memiliki performa yang tinggi, ada insiden yang sangat menyedihkan dimana De Havilland DH110 Sea Vixen mengalami tragedi besar pada saat Farnborough Air Show pada tahun 1952. Insiden ini terjadi ketika purwarupa tersebut mencoba mempertontonkan performanya kepada orang banyak dengan terbang melebihi kecepatan suara dan menciptakan ledakan sonik. Setelah membawa pesawat ke kecepatan supersonik saat menukik, pesawat tersebut ternyata mengalami kerusakan struktural secara tiba-tiba selama melakukan manuver dengan tingkat G yang tinggi.

Demikianlah artikel tentang De Havilland DH.110 Sea Vixen, Pesawat Tempur Yang Tak Pernah "Bertempur" (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “De Havilland DH.110 Sea Vixen, Pesawat Tempur Yang Tak Pernah "Bertempur" (Bagian Kedua)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World Fighter Aircraft
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Inggris
#Pesawat_Tempur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar