Kamis, 18 Januari 2024

Pesawat Pembom Tempur F7F Tigercat – Si “Kucing” Ganas dan Mematikan (Bagian Ketiga)


Pesawat Pembom Tempur F7F Tigercat
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Rabu 17 Januari 2024

Artikel ini adalah meneruskan artikel sebelumnya yang mengulas tentang pesawat pembom tempur era lawas racikan dari Amerika Serikat. Pesawat ini sebenarnya memiliki seabreg kelebihan, mulai dari persenjataan, kecepatan, daya jelajah dan lain sebagainya. Sayangnya, pesawat ini muncul terlambat dan pada waktu yang salah. Di era itu, trend yang berkembang adalah pesawat dengan dapur pacu mesin jet dan bukan propeller, alhasil, pesawat ini seakan "tua" sebelum waktunya. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca artikel bagian kedua dengan judul: "Pesawat Pembom Tempur F7F Tigercat – Si “Kucing” Ganas dan Mematikan (Bagian Kedua)", dan ini adalah artikelnya:

Pesawat Pembom Tempur F7F Tigercat
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini terbang perdana pada bulan Desember 1943, dan setelah itu XF7F-1 segera  masuk jalur produksi untuk memenuhi permintaan Korps Marinir yang mengajukan pengadaan sekitar 500 unit pesawat untuk diterjunkan pada palagan Pasifik, yang pada saat itu sedang dalam intensitas yang tinggi. Pengiriman pertama pesawat ini dimulai pada bulan April 1944, namun perubahan persyaratan operasional menyebabkan penundaan produksi. Dengan 34 model kursi tunggal yang dikirimkan, produksi dialihkan ke pesawat tempur malam dua kursi, yang diberi nama F7F-2N, dengan total 65 model di antaranya dibuat. Grumman kemudian membuat 189 F7F-3, yang mirip dengan F7F-1, tetapi dimodifikasi dengan mesin Pratt & Whitney R-2800-34W yang memiliki performa yang lebih tinggi.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Mikoyan Skat)

Pesawat Pembom Tempur F7F Tigercat
militerbanget.blogspot.com

Produksi lebih lanjut berdasarkan kontrak awal dibatalkan ketika akhir perang semakin dekat, tetapi Grumman beruntung karena ada kontrak terpisah dari Angkatan Laut Dimana Grumman diminta untuk memproduksi 60 unit F7F-3N lagi dan 13 F7F-4N. Kontrak tersebut berhasil direalisasikan dan berakhir pada akhir tahun 1946. Kedua model tersebut dikonfigurasikan sebagai pesawat tempur malam, dilengkapi dengan radar dalam bentuk yang memanjang, hidung, dan sirip yang lebih besar. F7F-4N dilengkapi dengan kait penahan (aresster hook) untuk pengoperasian kapal induk, satu-satunya model dalam seri yang dikonfigurasikan demikian. Modifikasi selanjutnya menghasilkan F7F-3E dan F7F-3P yang dilengkapi peralatan khusus untuk pengintaian elektronik dan pengintaian foto.

Pesawat Pembom Tempur F7F Tigercat
militerbanget.blogspot.com

Terlambat untuk bertugas dalam Perang Dunia II, Tigercat bertugas di beberapa skuadron Korps Marinir setelah perang dan kemudian melakukan misi dukungan udara jarak dekat, pesawat tempur malam, pesawat pengintai dan pesawat tempur multiperan selama Perang Korea. Dirancang dengan baik, F7F adalah salah satu pesawat tempur tercepat di era Perang Dunia II. Sayangnya, masa operasionalnya bertepatan dengan munculnya pesawat dengan dapur pacu jet yang lebih bertenaga dan lebih cepat, sehingga menjadikan pesawat ini tersingkirkan hanya dalam beberapa tahun saja.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Berat / Heavy Tank A7V Sturmpanzerwagen)

Pesawat Pembom Tempur F7F Tigercat
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Tempur F7F Tigercat


Pabrikan: Perusahaan Teknik Pesawat Grumman
Jenis: Pesawat Pembom Tempur Berbasis Darat atau Kapal Induk
Awak: 1 orang (Pilot) 
Dapur Pacu: 2 x Mesin R-2800-34W Pratt & Whitney 2.100 hp.

Dimensi

Panjang: 45 kaki, 4 inci (13,82 meter)
Tinggi: 16 kaki, 7 inci.  (5,05 meter)
Rentang Sayap: 51 kaki, 6 inci (15,7 meter)
Luas Sayap: 435 kaki persegi (132.6 m2)

Berat 

Kosong: 16.270 pon (7.380 kg)
Dengan muatan penuh: 25.720 pon (11.667 kg)

Performa

Kecepatan Maksimum: 435 mph (700 km/jam) pada ketinggian 22.000 kaki (6.700 meter)
Kecepatan Jelajah: 222 mph (360 km/jam)
Kecepatan Menanjak: 4.530 kaki/menit (1.380 m/menit)
Elevasi operasional: 40,700 kaki (12.405 meter)
Jarak jelajah maksimum: 1,200 mil (1.930 km)

Persenjataan

Empat senapan mesin kaliber 20 mm dan empat kaliber .50; dua bom seberat 1.000 pon atau satu torpedo

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Tempur F7F Tigercat – Si “Kucing” Ganas dan Mematikan (Bagian Ketiga), semoga rekan-rekan dapat terhibur.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar