Selasa, 22 Januari 2019

Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Mikoyan Skat



Kemayoran, Jakarta, Selasa, 22 Januari 2019

Mikoyan Skat merupakan pesawat UCAV yang sampai dengan artikel ini disusun, masih dalam tahap pengembangan, dan UAV ini sebelumnya merupakan pesawat UAV pengintai buatan kementrian pertahanan Rusia. 

UAV ini pertama kali diperkenalkan kepada publik pada acara MAKS 2007 dan sejak itu terus mengalami peningkatan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Udara Rusia yang terus berkembang, terutama untuk tetap memiliki kemampuan menghadapi perkembangan tekonologi serupa dari negara-negara lain, terutama NATO dan Cina.


UAV Skat dirancang agar dapat membawa berbagai persenjataan terutama senjata kendali akurat yang ditanam di dalamnya. UAV ini mengadopsi konfigurasi rancang bangun tanpa sirip ekor, dan menerapkan sistem Stealth untuk dapat menembus pertahanan musuh. 

Menilik dari profil dan bentuk seperti ini, dapat diterka, misi yang dapat diemban oleh UAV ini selain untuk misi pengintaian, juga dapat mengemban misi serangan pendadakan pertama untuk melumpuhkan instalasi radar musuh.


UCAV Skat mengandalkan dapur pacu yang dihasilkan dari satu unit mesin turbofan seri RD-5000B yang memiliki daya dorong sebesar 11.200 pon dan dipasang di bagian tengah UAV ini (mesin ini sama dengan mesin yang digunakan oleh pesawat Mig-29 Fulcrum seri Fighter). Alat avionik, persediaan bahan bakar, serta komponen vital penerbangan juga ditempatkan pada bagian tersebut. 

Rancangan pesawat UAV ini mengadopsi konsep tanpa ekor, sehingga tidak memiliki sirip ekor vertikal. Bentuk rancangan seperti ini mirip dengan pesawat bomber siluman Northrop Grumman B-2 Spirit buatan Amerika Serikat yang memiliki bentuk profil ujung lancip dan kepala berbentuk wajik. 


Untuk roda pendaratannya yang terdiri dari tiga unit dapat dilipat ke dalam badan (dengan konfigurasi konvensional, satu roda menopang moncong dan dua roda utama menopang badan). Ruang muatan terpisah dalam dua kompartment yang berbeda dan berada di bagian tengah pesawat. 

Mesin pesawat mendapatkan asupan udara dari lubang saluran (inlet) yang berada di depan dengan konfigurasi standar Stealth dan ditempatkan di depan badan. Semua fitur fisik ditempatkan di atas bagian sayap untuk membentuk profil yang sedatar mungkin dan minim tonjolan agar semakin meminimalkan pantulan radar.


UAV ini memiliki kecepatan maksimum hingga 500/jam (lebih dari 800 km/jam) dengan batas ketinggian lebih dari 40.000 kaki (12.200 meter) dengan jarak jelajah maksimum mencapai  2.500 mil (lebih dari 4.000 kilometer)


Spesifikasi Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Mikoyan Skat

Asal Negara: Rusia
Tipe Pesawat: Pesawat Tanpa Awak
Bobot: - kg

Daya angkut  
Internal : - kg
Eksternal : - kg


General characteristics

Crew: none
Length: 10.25 m (33.6 ft in)
Wingspan: 11.5 m (37.7 ft in)
Powerplant: 1 × Klimov RD-5000B, 50.4 kN (11,340 lbf) thrust

Performance
Maximum speed: 850 km/h (497 mph)
Service ceiling: 15,000 m (39,370 ft)Armament
Up to 2 tons of weapons in internal bays

Daya tahan terbang : 24 jam lebih pada kecepatan jelajah ekonomis


Sumber : 
Pesawat Tanpa Awak 
Unmanned Aerial Vehicle (UAV)
Ferdinan Peys
-----------------------------------------
tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar