Rabu, 23 Januari 2019

Tank Tempur Berat / Heavy Tank A7V Sturmpanzerwagen


Tank Tempur Berat (Jadul)
A7V Sturmpanzerwagen
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 23 Januari 2019

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang satu jenis tank "Tempo Doeloe" milik Jerman, yang pernah berkiprah pada saat Perang Dunia ke I berkobar di Eropa. Mungkin, kalau kita menengok tank ini, kita akan sulit percaya, bahwa di Perang Dunia ke II, Jerman banyak menghasilkan monster-monster baja yang legendaris seperti PzKpfw IV, PzKpfw V "Panther", Tank "Tiger", dan seterusnya. Penyebabnya sederhana, karena wujud tank A7V ini sangatlah berbeda dengan barisan tank yang baru saja saya sebutkan tadi. 

Tank Tempur Berat (Jadul)
A7V Sturmpanzerwagen
militerbanget.blogspot.com

Secara umum, tank A7V masih mengadopsi filosofi perang parit dan fungsi tank hanya sebatas penunjang manuver pasukan infantry. Dan seperti kita ketahui bersama, filosofi ini akhirnya ditinggalkan Jerman, dan angkatan bersenjata Jerman menerapkan filosofi yang sama sekali berbeda pada saat Perang Dunia ke II, dimana tank bukan lagi menjadi pendukung bagi pasukan infantri, melainkan menjadi satu kesatuan yang mandiri sebagai ujung tombak pasukan utama sekaligus sebagai pendobrak garis pertahanan lawan.

Tank Tempur Berat (Jadul)
A7V Sturmpanzerwagen
militerbanget.blogspot.com

Pada saat awal Perang Dunia ke I, Jerman ternyata tidak memiliki staff di tingkat kementrian yang mempersiapkan proyek pembangunan tank, dan juga dipengaruhi oleh pola pikir dan mental dari petinggi-petinggi militer di tubuh angkatan bersenjatanya yang masih sangat konservatif, efeknya, tidak ada usaha yang dilakukan sampai dengan kemunculan tank Inggris dalam kancah peperangan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: S-BOOTE / SCHNELLBOOTE – KAPAL CEPAT KRIEGSMARINE NAZI JERMAN, BAGIAN 1

Tank Tempur Berat (Jadul)
A7V Sturmpanzerwagen
militerbanget.blogspot.com

Usaha yang terburu-buru dari Jerman untuk memproduksi tank menghasilkan hanya satu tipe tank Jerman yang berkiprah dalam pertempuran yaitu A7V. Tank ini direncanakan untuk direalisasikan sebanyak 100 unit, namun hanya sempat diproduksi tak sampai seperempatnya. Memiliki bobot tempur 30 ton, tank ini memiliki bentuk yang sangat sederhana, kotak baja masif, dan dipadukan dengan casis traktor.

Tank Tempur Berat (Jadul)
A7V Sturmpanzerwagen
militerbanget.blogspot.com

Memiliki jumlah awak yang luar biasa, yaitu 18 orang dengan konfigurasi, 12 personil mengawaki senapan mesin, dengan setiap senapan mesin diawaki dua orang, satu tim berada di sisi belakang, sisanya di samping tank. Senjata utamanya, meriam kaliber 57mm ditempatkan di bagian depan atau di hidung. 

Performanya dalam hal manuver sangat buruk, walaupun tank ini bisa dipacu sampai dengan kecepatan 14 km/jam, tetapi tank ini sangat mudah terguling, dan terhenti saat menghadapi medan berundak. Memang tank ini terlihat menakutkan, tetapi ternyata performanya payah, sangat rentan dan sering sekali mengalami kerusakan teknis.

Tank Tempur Berat (Jadul)
A7V Sturmpanzerwagen
militerbanget.blogspot.com

Tank ini juga terlibat dalam perang antar tank yang terjadi di Villers Bretonneux, Prancis, pada tanggal 24 April 1918. Pada saat itu, tiga tank Inggris (dua Female dan satu Male) berhadapan dengan tiga tank A7V. Dua tank masih terlalu jauh jaraknya, tetapi Mark IV (Male) melepaskan tembakan ke arah A7V yang ada di depan. Kru tank Inggris ini terkena serangan gas pada hari sebelumnya, dua dari kru Mark IV dievakuasi dan sisanya masih merasakan efek gas mustard itu. Hal ini menyebabkan penembak di tank sulit menembak secara tepat ke arah tank musuh.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: S-BOOTE / SCHNELLBOOTE – KAPAL CEPAT KRIEGSMARINE NAZI JERMAN, BAGIAN 2)

Tank Tempur Berat (Jadul)
A7V Sturmpanzerwagen
militerbanget.blogspot.com

Satu peluru meleset, A7V segera membalas dengan menembakkan senapan mesin, tank Inggris yang kena tembak dan menyebabkan percikan api di dalamnya. Tank Jerman itu lalu menyerang dua tank Female, merusak keduanya dan memaksa kedua tank tersebut meninggalkan front pertempuran. Komandan tank male lalu menghentikan tank agar kru penembak bisa berkonsentrasi membidik sasaran. Satu A7V berhasil terkena tembakan, lalu terbalik. Peristiwa ini dapat dianggap sebagai first tank kill.

Spesifikasi Tank Tempur Berat / Heavy Tank A7V Sturmpanzerwagen


Asal Negara: Jerman
Mulai bertugas: 1917
Kru: 18 Orang
Bobot: 30.480 kg/30.48 ton

Dimensi  

Panjang: 8,0 m  
Tinggi: (over turret hutch) 3,4 m 
Lebar: 3,2 m

Tank Tempur Berat (Jadul)
A7V Sturmpanzerwagen
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan  

Senjata utama: 
1 x Meriam kaliber 57mm sistem Rifle
6 x Kaliber 7.92mm Maxim Spandau machine gun

Armor: Maksimum 30mm
Mesin:  2 x Daimler Benz 4 cylinder petrol, generating 74.5 kW/100 bhp 

Performa  

Kecepatan maksimum: 15 km/jam 
Jarak tempuh maksimum: 60 sampai 70 kilometer  

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Berat / Heavy Tank A7V Sturmpanzerwagen, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:  

1. Wikipedia
2. ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac

Tidak ada komentar:

Posting Komentar