Sabtu, 12 Agustus 2023

Sang Pelopor Senapan Serbu Modern dari Jerman, Stg 44 (Sturmgewehr 44) - Bagian Ketiga


Senapan Serbu/Assault Rifle
Sturgewehr 44 (Stg 44)
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 12 Agustus 2023

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya tentang satu jenis alutsista dari jenis senapan serbu (assault rifle) racikan dari Jerman yang muncul pada saat Perang Dunia II menjelang berakhir. Senapan serbu ini boleh dikatakan sebagai sang pionir atau pelopor dalam dunia senapan serbu modern. Walaupun senjata ini punya segudang kelebihan dan memiliki potensi yang sangat tinggi, sayangnya, kehadirannya begitu terlambat sehingga tak dapat menghindarkan Jerman dari kekalahan. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian kedua dengan judul: "Sang Pelopor Senapan Serbu Modern dari Jerman, Stg 44 (Sturmgewehr 44) - Bagian Kedua", dan ini adalah artikelnya:

Senapan Serbu/Assault Rifle
Sturgewehr 44 (Stg 44)
militerbanget.blogspot.com

Tak bisa dipungkiri, keberadaan senapan serbu StG 44 sedikit banyak memberikan pengaruh pada senapan serbu modern yang muncul di waktu kemudian. Pengaruhnya dapat terlihat pada senapan serbu AK-47 (pada perakitan laras, system pembidik depan dan belakang, magasen), FN FAL (versi awal dari FN menggunakan peluru “Kurz”), M16 (breach dan receiver bagian bawah), dan Heckler & Koch G3 (popor, receiver atas dan bawah, dan pistol grip meskipun purwarupa StG 45 memiliki lebih banyak kesamaan dengan G3).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Serang / Pembom Ringan - Grumman A-6 Intruder/EA-6 Prowler)

Senapan Serbu/Assault Rifle
Sturgewehr 44 (Stg 44)
militerbanget.blogspot.com

Walaupun tergolong sebagai senapan serbu generasi pertama, StG 44 ternyata memiliki waktu operasional yang panjang. Mengingat produksinya mendekati setengah juta pucuk senjata (425.977 termasuk Mkb 42 dan MP-43). Selain Nazi Jerman, StG-44 juga digunakan oleh Sebagian pasukan Uni Soviet (yang berhasil merampas sebagian besar dari senjata ini) selama Perang Dunia II. 

Senapan Serbu/Assault Rifle
Sturgewehr 44 (Stg 44)
militerbanget.blogspot.com

Stg 44 tercatat juga digunakan oleh beberapa negara di Blok Timur selama Perang Dingin, dengan operator termasuk Cekoslowakia, Jerman Timur, Hongaria, Israel, Polandia, dan Yugoslavia. Bahkan, senapan serbu ini ternyata digunakan untuk rentang waktu yang lama di beberapa negara tersebut. StG 44 menjadi senjata pilihan unit lintas udara Yugoslavia hingga tahun 1980-an dan rekor tempurnya benar-benar bertambah selama bertahun-tahun. Yang mencengangkan adalah, senapan serbu ini terdeteksi masih digunakan saat konflik di Balkan selama tahun 1990-an.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan-Amfibi / Amphibious Light Tank PT-76)

Senapan Serbu/Assault Rifle
Sturgewehr 44 (Stg 44)
militerbanget.blogspot.com

Sejumlah besar StG 44 juga terdeteksi digunakan di beberapa negara yang terbilang sangat jauh dari Jerman, seperti zona perang di Asia dan Afrika. Diyakini bahwa StG 44 dalam konfigurasi asli (menggunakan amunisi “Kurz”) diproduksi di Argentina selama tahun 1950-an. StG 44 masuk ke Amerika Serikat sebagai “cinderamata” dari perang yang dibawa pulang oleh tentara AS. Pada bulan Desember 2012, seorang wanita dari Hartford, Connecticut, mencoba menyerahkan StG 44 kepada polisi dengan imbalan sertifikat hadiah, tetapi kemudian dia mengurungkan niatnya ketika mengetahui harga dari senjata ini yang sangat tinggi di pasar kolektor.

Demikianlah artikel yang berjudul "Sang Pelopor Senapan Serbu Modern dari Jerman, Stg 44 (Sturmgewehr 44) - Bagian Ketiga", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul: "Sang Pelopor Senapan Serbu Modern dari Jerman, Stg 44 (Sturmgewehr 44) - Bagian Keempat".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar