Selasa, 27 November 2018

Tank Tempur Ringan-Amfibi / Amphibious Light Tank PT-76


Tank Amfibi PT-76
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 27 November 2018

Uni Soviet sempat menghentikan produksi tank ringan pasca Perang Dunia ke II. Dipengaruhi oleh hasil dari Perang Dunia ke II, dimana Uni Soviet percaya, bahwa pergelaran MBT secara masif akan mampu mengendalikan peperangan, dan posisi dari tank ringan akan sangat minor, sehingga dapat dinihilkan. Namun, seiring waktu, para petinggi militer Uni Soviet mulai berubah pikiran, dan mulai memberikan perintah untuk merancang kembali tank ringan, dengan kecepatan jelajah yang tinggi, memiliki kemampuan di segala kondisi medan, dan mampu mengemban tugas sebagai tank pengintai atau observer. 

Tank Amfibi PT-76
militerbanget.blogspot.com

Hasilnya adalah PT-76, dibuat pada tahun 1952. Tank ringan berbobot 13,8 ton ini memiliki kemampuan tambahan yang sekaligus menjadi keunggulan utamanya, tank ini memiliki kemampuan amfibi, alias mampu “berenang” di air. Saat melaju di air, tank ini mengandalkan mesin sistem double hydro jet sebagai tenaga pendorongnya. Mesin ini menggunakan sistem menyedot air dari bagian depan tank, lalu dipompa dan disemprotkan ke belakang dengan tekanan tinggi. Mirip dengan prinsip mesin jet pada pesawat udara. 

Tank Amfibi PT-76
militerbanget.blogspot.com

Tank ini dibangun berbasis pada chasis traktor kutub dengan sistem suspensi torsion bar dan bermesin diesel 6 silinder V6, PT-76 memiliki kecepatan maksimal 45 km/jam dan mampu menempuh jarak maksimum 280 kilometer. Tank kecil nan tangguh ini dikenal serba bisa, sangat populer di kalangan awaknya, walaupun proteksinya terbilang amat ringan (setara dengan Armor Vehicle yang ada saat ini).

(Baca juga artikel yang sangat menarik berjudul: Pesawat Tempur Propeller / Fighter Aircraft - FOCKE WULF Ta-152

Tank Amfibi PT-76
militerbanget.blogspot.com

Senjata utama dari tank PT-76 adalah rifled gun kaliber 76,2mm yang dipasang pada turret berbentuk kepala jamur atau melingkar yang sangat “khas” Uni Soviet. Turret ini bersiluet rendah, dengan silinder kecil di bagian atas dan memiliki kupola elips lebar, yang cukup untuk mengakomodir dua orang kru. Senjata sekunder tank PT-76 adalah sepasang senapan mesin, satu kaliber 7,62mm dan yang satu lagi memiliki kaliber 12,7mm.

Tank Amfibi PT-76
militerbanget.blogspot.com

PT-76 adalah tank ringan yang dapat dikatakan sangat sukses di pasaran, lebih dari 7.000 unit diproduksi, dan diekspor ke negara-negara satelit Uni Soviet dan negara-negara sahabat saat Perang Dingin berkecamuk. Belum lagi, tank ini diproduksi secara lisensi di RRC (sudah menjadi rahasia umum, apabila RRC melisensi suatu produk, maka angka produksi riilnya jauh lebih besar dibandingkan dengan angka produksi yang dilaporkan), tank ini turut terlibat saat pertempuran di Perang Vietnam dan Perang India-Pakistan serta berbagai konflik di Afrika. Produksinya secara resmi dihentikan pada tahun 1967, namun, di RRC, produksinya masih terus berlanjut dengan berbagai peningkatan.

Tank Amfibi PT-76
militerbanget.blogspot.com

Peningkatan PT-76


NIMDA, perusahaan asal Israel, menawarkan paket lengkap peningkatan untuk tank PT-76, meliputi: Pemasangan mesin baru yang lebih bertenaga, Detroit Diesel 6V-92T 223,7 kW/300hp pada 2.100 rpm, dipasang pada transmisi orisinilnya dengan tambahan kopling baru. Dipasang juga sistem alternator baru, sistem pendingin dan elektrik yang baru dan berbagai modifikasi lainnya pada knalpot, lubang pemasukan udara, badan, dan dek atas tank.

Tank Amfibi PT-76
militerbanget.blogspot.com

Senjata utamanya, yang semula adalah meriam berkaliber 76,2mm diganti dengan meriam Cockeril Mark II kaliber 90mm yang dapat menembakkan berbagai tipe amunisi, termasuk APDS fin stabilized. 

Senjata sekundernya juga kebagian sentuhan peremajaan. Senapan mesin koaksial buatan Uni Soviet digantikan dengan senapan mesin buatan barat, plus masih ditambah lagi dengan satu senapan mesin kaliber 12,7mm yang dapat difungsikan sebagai penangkis serangan udara ringan. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Lysaght Owen)

Bagian lain dari peremajaan meliputi pemasangan stabilization dan sistem kontrol mesin yang baru dan lebih kokoh, ditambah pula dengan sistem kontrol penembakan yang dibantu dengan alat penglihatan siang/malam dan juga laser penentu jarak sasaran. Sebagian dari PT-76 yang dimiliki oleh TNI juga telah ditingkatkan kemampuannya melalui paket ini.

Tank Amfibi PT-76
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Amphibious Light Tank/Tank Ringan Amfibi PT-76 


Asal Negara: Uni Soviet (Rusia)
Mulai bertugas: 1952 (purwarupa)
Kru: 3 Orang
Bobot: 13.800 kg/13,8 ton

Dimensi  

Panjang: 6,91 m 
Tinggi: (over turret hutch) 2,26 m 
Lebar: 3,14 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Kaliber 76.2mm rifle gun
Senjata sekunder: 
1 x 7.62 mm /0.30 in machine gun
1 x 12.7 mm /0.50 in machine gun

Armor: Maximum 17mm
Mesin:  V6 6 cylinder diesel  179 kW/240 hp

Performa  

Kecepatan maksimum: 45 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 280km 

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Ringan-Amfibi / Amphibious Light Tank PT-76, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar