Jumat, 23 Juni 2023

Senapan Semi Otomatis SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova), Handal, Akurat, Tapi Tersingkirkan oleh AK-47 (Bagian Kelima)


Senapan Semi Otomatis
SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova)
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Jum'at, 23 Juni 2023

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya tentang satu jenis senapan semi otomatis dari Uni Soviet yang muncul saat masa-masa akhir Perang Dunia II. Sayangnya, senapan ini muncul pada saat trend senapan di dunia sudah beralih ke arah senapan otomatis, alhasil, senapan ini tidak bisa mencapai angka produksi maksimal. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian keempat dengan judul: "Senapan Semi Otomatis SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova), Handal, Akurat, Tapi Tersingkirkan oleh AK-47 (Bagian Keempat)", dan ini adalah artikelnya:

Melepaskan bayonet dilakukan dengan menarik gagang ke arah mata pisau sekali lagi, lalu memutarnya 180 derajat kembali ke posisi terlipat. Operator atau pengguna harus berhati-hati untuk tidak memegang bagian depan senjata sambil melipat bayonet, karena mata pisau dapat menyebabkan cedera saat dipasang kembali ke posisi terlipat. Dudukan bayonet terkadang dihapus dari senapan yang merupakan ciri khas bahwa senjata itu akan dilepas pasar sipil. Sayangnya, langkah menghapus bayonet dari fitur standar ternyata merupakan kesalahan. Pengoperasian senapan ini sangat sensitif terhadap keseimbangan longitudinal keseluruhannya, dan melepas bayonet mempengaruhi akurasi.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Piaggio P.1 HH Hammerhead)

Senapan Semi Otomatis
SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova)
militerbanget.blogspot.com

Varian Yugoslav M59/66 memiliki kemampuan untuk melontarkan granat senapan. Untuk itu, varian ini dilengkapi dengan fitur khusus berupa selongsong pelontar granat pada moncong laras, system pembidik granat tipe tangga, dan katup penutup tabung gas (untuk mengaktifkan tekanan penuh dari peluru hampa untuk menembakkan granat). Knop yang melepaskan pembidik granat juga menutup katup penutup. Tidak jelas apakah M59/66 dapat dengan aman melontarkan granat "perangkap peluru", yang menggunakan peluru standar sebagai pengganti peluru kosong.

Seperti banyak senapan yang sudah sangat masyur seperti FN-FAL, AK-47, M14, dan CETME, SKS mencatatkan performa yang sangat baik dan mampu terus bekerja pada kondisi yang sangat ekstrem, dimana banyak senjata lain yang mengalami malfungsi atau macet. Bahkan apabila ada partikel tanah, pasir, lumpur, atau air masuk ke dalam mekanisme, atau jika senjata menjadi sangat kotor setelah digunakan secara ekstensif, senjata tersebut masih terus dapat menembak secara normal. SKS memang membutuhkan perawatan dan pembersihan rutin saat ditembakkan.

Beberapa catatan “minus” dari operator atau pengguna senapan SKS adalah pada sifat korosif bubuk dan primer yang tidak terkendali dalam amunisi surplus militer 7,62x39 mm, yang terbukti dapat merusak mekanisme, jika senjata dibiarkan tidak dibersihkan bahkan selama beberapa minggu.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Colt 9 mm SMG (M635))

Senapan Semi Otomatis
SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova)
militerbanget.blogspot.com

Senapan SKS juga terbukti memiliki kekurangan. Terutama, senapan ini memiliki kecenderungan untuk "terus menembak", artinya senapan dapat secara tidak sengaja menembak dalam mode otomatis penuh dan tidak dapat dihentikan, hingga magasin habis. Malfungsi ini tidak terjadi pada senapan SKS yang dirawat dengan benar. Hal ini terjadi akibat pin tembak yang dipasang terbalik (pin dan salurannya memiliki penampang segitiga) atau terlalu kotor sehingga pin tersangkut di posisi depan.

Demikianlah artikel yang berjudul "Senapan Semi Otomatis SKS (Samozaryadnyj Karabin Simonova), Handal, Akurat, Tapi Tersingkirkan oleh AK-47 (Bagian Kelima)", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar