Jumat, 05 Oktober 2018

Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Piaggio P.1 HH Hammerhead


Pesawat Tanpa Awak Piaggio P.1 HH Hammerhead
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 5 Oktober 2018

Pesawat Tanpa Awak/Unmanned Aerial Vehicle (UAV) sebagai bidang yang telah didominasi oleh Amerika Serikat dan Israel, meski kini banyak konsep baru yang diusung oleh negara Eropa dan negara lainnya (Seperti Turki), produksi system UAS semakin berkembang luas hingga daratan Italia dengan produknya Piaggio Aero P.1 HH Hammerhead, sebuah pesawat tanpa awak berukuran besar dengan kemampuan terbang di elevasi menengah dan memiliki durasi tahan terbang yang lama (MALE/Medium Altitude Long Endurance). 

Pesawat Tanpa Awak Piaggio P.1 HH Hammerhead
militerbanget.blogspot.com

Pesawat Tanpa Awak/Unmanned Aerial Vehicle (UAV)P.1HH merupakan pesawat unik yang mengadopsi rancangan pesawat penumpang garapan perusahaan Piaggio, Avanti, dengan mesin pusher kembar dan bentuk body yang rapi dan mulus. Dengan bantuan dari Selex Electronic System, Avanti dikembangkan selama dua tahun untuk kemudian disebut sebagai pesawat UAS Hammerhead (bentuk sayap depan mirip dengan species ikan hiu kepala martil atau “Hammerhead Shark”), dengan tambahan jangkauan operasi, kapasitas muatan, dan performa yang lebih baik.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Transport Medium / Medium Transport - Douglas DC-3) 

Pesawat Tanpa Awak Piaggio P.1 HH Hammerhead
militerbanget.blogspot.com

Uji terbang dijadwalkan terlaksana pada awal tahun 2013. Pesawat ini kemudian dipamerkan pada tahun 2013 dalam acara International Defence Exhibition an Conference (IDEX/Konferensi dan Pameran Pertahanan Internasional) di Abu Dhabi UEA. Hammerhead bisa dikatakan sebagai gebrakan berani dari pabrikan Piaggio yang merupakan “pemain lama” dalam dunia bisnis pesawat modern.

Hammerhead masih tetap mengusung sistem yang sama dengan seri Avanti yang pertama: 

kerangkanya sangat langsing, sangat streamline dengan moncong kerucut dan bagian belakang yang meruncing dimana terdapat sirip ekor vertical. 

Pesawat Tanpa Awak Piaggio P.1 HH Hammerhead
militerbanget.blogspot.com

Sebuah sayap horizontal ditempelkan di bagian rudder (kendali) dengan bentuk T. Bagian roda pendaratnya dapat dilipat masuk ke dalam badan, dan terdiri atas tiga kaki beroda dengan dua kaki utama dan kaki moncong beroda kembar. Tinggi antara mesin dengan tanah terbilang rendah meski sayap yang terpasang di bagian atas pesawat sudah lebih dari cukup untuk memberikan jarak yang aman dan sesuai antara bilah propeller dan muka tanah.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun - M3/M3A1) 

Sayap utama Hammerhead dirancang agar dapat dile[as sehingga memudahkan proses mobilisasi seluruh pesawat. Seperti Avanti, Hammerhead juga memiliki sepasang sayap kecil di bagian hidung yang membantu meningkatkan kemampuan aerodinamiknya.

Pesawat Tanpa Awak Piaggio P.1 HH Hammerhead
militerbanget.blogspot.com

Bagian kunci yang membedakan Hammerhead dengan pesawat Avanti yang asli adalah bagian dek yang berlapis dan bagian punggung yang menonjol dimana didalamnya terdapat system SATCOM, alat avionic, dan peralatan penunjang isi. Selain itu, ruang tambahan yang bervolume lebih besar di bagian internalpun memberikan persediaan bahan bakar yang lebih banyak sehingga UAV ini memiliki jarak operasi dan durasi daya tahan terbang yang lebih lama. 

Semua kualitas tersebut membuatnya menjadi salah satu penantang yang kuat dalam dunia UAS. Peralatan tambahan akan ditempatkan di bagian bawah sayap. Kapasitas beban muatan internal mencapai 4.000 pon.

Pesawat Tanpa Awak Piaggio P.1 HH Hammerhead
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Piaggio P.1 HH Hammerhead


Asal Negara: Italia
Tipe Pesawat: Pesawat Tanpa Awak
Bobot: 6.146 kg (MTOW)

Daya angkut 

Internal: 1.816 kg
Eksternal: - kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 14.408 m 
Bentangan sayap:  15.600 m
Tinggi: 3.980 m
Mesin:  2 × Pratt & Whitney Canada PT6A-66B 850 SHP (ISA, sea level)

Performa  

Kecepatan maksimum:  731,54 km/jam
Radius tempur: 8.148,8 km
Ketinggian maksimum: 13.725 m
Daya tahan terbang: 10.5 jam pada kecepatan jelajah ekonomis

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Piaggio P.1 HH Hammerhead, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

Pesawat Tanpa Awak 
Unmanned Aerial Vehicle (UAV)
Ferdinan Peys

-----------------------------------------
Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar