Kamis, 25 Mei 2023

Senapan Serbu Beretta BM-59, Senjata "Italia" Penantang Kedigdayaan M-14 (Bagian Kelima)


Senapan Serbu (Otomatis) Berreta BM-59
militerbanget.blogspot.com

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, Kamis, 25 Mei 2023

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya yang mengulas tentang tentang satu jenis alutsista dari jenis senapan serbu lansiran dari Italia. Senapan serbu ini diciptakan untuk mengeliminir kelemahan dari senapan M1 Garand yang sudah sangat kesohor. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian keempat dengan judul: "Senapan Serbu Beretta BM-59, Senjata "Italia" Penantang Kedigdayaan M-14 (Bagian Keempat)", dan inilah artikelnya:

Senapan Serbu (Otomatis) Berreta BM-59
militerbanget.blogspot.com

Tetapi, seiring berjalannya waktu, kalangan kolektor senjata mulai melirik seri BM-59. Hal ini karena kinerja senapan ini yang sangat baik serta komponennya yang memang terbuat dari material kelas tinggi sehingga kekuatan serta keawetannya sangat terjaga. Akibatnya, senapan ini sekarang menjadi sangat langka, mahal, dan menjadi barang koleksi sekaligus investasi yang sangat menggiurkan. Efek dari kelangkaan tersebut, banyak bermunculan tiruan BM-59 produksi “rumahan” alias non resmi.  Kebanyakan dari tiruan ini merupakan modifikasi dari M1 Garand. Tiruan ini dapat dibedakan dari BM-59 asli dengan kualitas material, bentuk potongan komponen dan las berkualitas rendah, dan tidak adanya cap Beretta atau Springfield Armory. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur Jet Multi Peran / Multirole Fighter Jet - Dassault Rafale)

Senapan Serbu (Otomatis) Berreta BM-59
militerbanget.blogspot.com

Selain itu, karena BM-59 dipasarkan dengan ketentuan hanya satu magasen yang diperlukan untuk setiap senapan (warga sipil juga diharapkan untuk mengisi ulang hanya menggunakan klip peluru, dan magazen cadangan dengan demikian efektif menggantikan suku cadang untuk senjata itu sendiri), magasin cadangan menjadi komponen yang sangat langka, dan biasanya dijual dengan harga tinggi (lebih dari $200 masing-masing, dan ironisnya, harga magasen ini hanya terpaut sedikit dengan harga  satu senapan semi otomatis SKS).

Senapan Serbu (Otomatis) Berreta BM-59
militerbanget.blogspot.com

Meskipun tidak lagi digunakan secara aktif oleh negara-negara Blok Barat mana pun, BM-59 terus digunakan di beberapa negara berkembang, dan bukan hal yang tidak mungkin kalau senjata ini juga digunakan oleh kelompok-kelompok bersenjata non negara. Hal ini didukung dengan kenyataan bahwa BM-59 diproduksi menggunakan material-material yang kuat dan tahan lama.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur Jet / Fighter Jet - Yakovlev Yak-17 “Feather”)

Seri BM-59 sudah tidak diproduksi selama beberapa dekade, dan sepertinya tidak akan dilanjutkan, bahkan untuk pasar sipil. Senapan sipil bekas sering dijual seharga lebih dari $3.000, meskipun kelebihan BM-59 militer tidak diragukan lagi jauh lebih murah.

Demikianlah artikel tentang Senapan Serbu Beretta BM-59, Senjata "Italia" Penantang Kedigdayaan M-14 (Bagian Kelima), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Artikel ini bersambung ke bagian keenam, dengan judul artikel: "Senapan Serbu Beretta BM-59, Senjata "Italia" Penantang Kedigdayaan M-14 (Bagian Keenam)".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber  
1. Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar