Rabu, 12 September 2018

Pesawat Tempur Jet / Fighter Jet - Yakovlev Yak-17 “Feather”


Pesawat Tempur Jet Yakovlev Yak-17 "Feather"
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 12 September 2018

Satu lagi artikel tentang pesawat jet "jadoel" karya Uni Soviet, dirancang berdasarkan pada rancangan pesawat sebelumnya, Yak-15, Yak-17 banyak mengambil pelajaran berharga dari versi sebelumnya. 

Dari studi singkat, didapat kesimpulan, bahwa perubahan yang relatif kecil dalam pesawat tipe berstruktur campuran ini akan memberikan keuntungan yang besar. Hasil penelitian tersebut adalah Yak-17, yang tampak jelas berbeda adalah tricycle landing gear untuk mengatasi beban tambahan di hidung. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Tempur Jet / Jet Fighter - Yakovlev Yak-15 “Feather”)

Pada Yak-15, konfigurasi roda pendaratnya masih mengikuti “style” lama, dengan kendali pada roda pendarat di ekor, untuk Yak-17, kendali berada pada roda pendarat di hidung (nose weell). Konfigurasi seperti ini sebenarnya sudah diterapkan pada Me-262, jadi bukanlah sesuatu hal yang murni hasil kerja para perancang Uni Soviet

Perubahan lain dari Yak-17 adalah ekor all-metal vertical yang lebih tinggi. Modifikasi lain meliputi mesin yang sudah diperbaiki dengan inlet duct yang lebih besar, penguatan pada struktur, terutama struktur sayap serta dudukan mesin, dan juga tambahan tangki lepas (drop tank) pada ujung sayap. Penambahan tangki lepas ini turut menambah performa pesawat, jarak jelajah maksimumnya terdongkrak dua kali lipat.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 1))

Pesawat Tempur Jet Yakovlev Yak-17 "Feather"
militerbanget.blogspot.com

Purwarupa pesawat Yak-17 terbang perdana pada awal 1947, dan lewat berbagai pengujian, baik statis maupun uji terbang, terbukti bahwa Yak-17 memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan "kakaknya" Yak-15.  Hasil ini mengakibatkan order pembuatan Yak-15 segera dialihkan untuk tipe baru ini. Total dibuat 480 unit Yak-17 yang diproduksi sejak terbang perdana sampai dengan akhir tahun 1948. 

Untuk versi latihnya, pabrikan Yakovlev juga memproduksi versi pesawat latihnya, dan diberi kode Yak-17UTI dengan konfigurasi tempat duduk ganda (tandem). Keberadaan pesawat latih ini, sangat membantu meyakinkan pilot akan kharakteristik pesawat mesin turbojet. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 2))

Sebelumnya, banyak pilot yang skeptic mengenai mesin turbojet, dan merasa, keberadaan mesin turbojet tak akan mampu mengalahkan mesin piston. Satu anggapan yang kemudian terbukti salah.

Pesawat Tempur Jet Yakovlev Yak-17 "Feather"
militerbanget.blogspot.com

Catatan Operasional

Yak-17 pertama kali “unjuk gigi” di depan umum pada Hari Penerbangan Uni Soviet tahun 1949, di Lapangan Terbang Tushino .

Dalam pengoperasiannya, Yak-17 masih mewarisi sebagian besar kekurangan yang sama seperti pendahulunya (Yakovlev Yak-15), termasuk kecepatan dan jarak jangkau yang relatif rendah, dan mesin yang tidak dapat diandalkan (mesinnya masih berdasarkan pada mesin Junkers Jumo 004 milik Me-262 Jerman) dengan prosedur start yang rumit. Di sisi lain, penanganannya sangat sederhana, dan mirip dengan pesawat tempur baling-baling populer seperti Yak-3 dan Yak-9. Ini membuatnya menjadi mesin transisi yang sangat baik untuk jet tempur. Akibatnya, versi pelatih Yak-17UTI menyumbang sebagian besar produksi, dan hampir semua Yak-17 yang dibuat seri adalah versi pelatih dua kontrol tandem ini, yang yang pada saat itu menjadi salah satu tulang punggung alutsista Uni Soviet.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 3))

Pesawat Yak-17 yang masih dalam kondisi utuh dapat dilihat di Museum Angkatan Udara Pusat di Monino, di luar Moskow dan Museum Penerbangan Praha di Bandara Kbely, dekat Praha, Republik Ceko. Yak-17UTI yang masih operasional termasuk salah satu contoh di Museum Penerbangan Polandia di Kraków dan Museum Penerbangan Cina, dekat Beijing.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 4))

Spesifikasi Pesawat Tempur Jet / Fighter Jet - Yakovlev Yak-17 “Feather”


Tipe Pesawat: Pesawat Tempur kursi tunggal (single seat fighter)
Terbang Perdana: Sekitar 1947
Kru: 1 Orang
Bobot: - kg (Kosong), MTOW: 3.323 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 8,78 m 
Bentangan sayap: 9,20 m
Tinggi : - m

Persenjataan 

Kanon 2 x 23mm
Mesin: 1 X RD- daya dorong 10.900 kg

Performa  

Kecepatan maksimum: 750 km/jam
Ketinggian maksimum: 8.150 m
Ketahanan terbang: 1 jam
Jarak maksimum: 750 km

Sumber: 

Teknologi Strategi Militer No. 63

Pesawat Tempur Jet Yakovlev Yak-17 "Feather"
militerbanget.blogspot.com

Versi Wikipedia


Karakteristik umum

Kru: 1
Panjang: 8,78 m (28 kaki 10 inci)
Rentang Sayap: 9,2 m (30 kaki 2 inci)
Luas sayap: 14,85 m 2 (159,8 kaki persegi)
Berat kosong: 2.081 kg (4.588 lb)
Berat kotor: 3.323 kg (7.326 lb)
Kapasitas bahan bakar: 553 kg (1.219 lb) (internal), 884 kg (1.949 lb) (dengan drop tank)
Dapur pacu: 1 × Klimov RD-10A turbojet aliran aksial, daya dorong 9,8 kN (2,200 lbf)

Performa

Kecepatan maksimum: 744 km/jam (462 mph, 402 kn) pada 4.250 m (13.940 kaki)
Jangkauan: 395 km (245 mil, 213 nmi)
Jangkauan feri: 710 km (440 mi, 380 nmi) dengan tangki jatuh di ketinggian 8.000 m (26.000 kaki)
Elevasi operasional maksimum: 11.900 m (39.000 kaki)
Kecepatan menanjak: 17,6 m/s (3.460 kaki/mnt) di permukaan laut
Waktu ke ketinggian: 5.000 m (16.000 kaki) dalam 6,5 menit
Beban sayap: 189 kg/m 2 (39 lb/sq ft)
Rasio daya dorong / berat: 0.31

Persenjataan

Senjata: 2 × 23 mm (0.91 in) Nudelman-Suranov NS-23 K autocannon dengan 105 putaran per gun

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar