Senin, 15 Mei 2023

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Keenam)


Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antigerilya)
FMA IA 58 Pucara 
militerbanget.blogspot.com

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, Senin, 15 Mei 2023

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya yang mengulas tentang tentang satu jenis pesawat serang darat, sekaligus berfungsi sebagai pesawat anti perang gerilya. Pesawat lansiran Argentina ini boleh dibilang "battle proven", alias sudah teruji dalam perang. Walaupun prestasi pesawat ini kurang begitu membanggakan, tetapi kehadiran pesawat ini cukup menjadi batu sandungan bagi pihak lawan. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian kelima dengan judul: "Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Kelima)", dan inilah artikelnya:

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antigerilya)
FMA IA 58 Pucara 
militerbanget.blogspot.com

Peningkatan / Modernisasi

Pada Mei 1982, di puncak Perang Falklands, Angkatan Udara Argentina, berkolaborasi dengan Angkatan Laut, memodifikasi pesawat purwarupa, AX-04, dengan pylon untuk memasang torpedo Mark 13. Tujuannya supaya pesawat ini juga bisa berperan sebagai pesawat pembawa torpedo untuk meningkatkan kemampuan anti-kapal angkatan udara Argentina. Beberapa percobaan dilakukan di Puerto Madryn, di atas Golfo Nuevo, tetapi perang keburu berakhir sebelum teknisi dapat mengevaluasi kelayakan proyek ini. 

Beberapa upaya dilakukan untuk meningkatkan pesawat Pucara ini, termasuk konversi Pucará Charlie, Pucará 2000 dan Pucará Bravo (modernisasi 40 unit dipesan dan kemudian dibatalkan oleh FAA, hanya satu unit yang dikonversi). Proyek ini dibatalkan selama 1980-an karena kekurangan dana.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Aircraft Douglas A-26/B-26 Invader)

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antigerilya)
FMA IA 58 Pucara 
militerbanget.blogspot.com

Angkatan Udara Uruguay memperbarui armadanya dengan penggabungan sistem navigasi Litton LTN-211 dan GPS omega. Modifikasi struktur kecil dibuat supaya pesawat ini mampu membawa bom Mk. 82 Snakeye dan tangka bahan bakar berkapasitas 1000 liter. Avionik lain yang dipasangkan pada pesawat ini adalah WX-500 Stormscope oleh L3 Communications dan navigasi layar backlit LED Sandel SN3500. 

Pada tahun 2007, IA-58 Angkatan Udara Argentina dikonversi dan menggunakan mesin yang menggunakan  bahan bakar bio-jet yang dihasilkan dari proses kacang kedelai. Proyek tersebut, yang dibiayai dan diarahkan oleh Pemerintah Argentina (Secretaría de Ciencia Tecnología e Innovación Productiva de la Nación), menjadikan Argentina negara kedua di dunia yang mengoperasikan sebuah pesawat dengan mesin yang berbahan bakar biojet.  

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antigerilya)
FMA IA 58 Pucara 
militerbanget.blogspot.com

Sejak 2009, peningkatan ekstensif avionik dan perbaikan besar badan pesawat telah dilakukan oleh FAA dan FAdeA, menciptakan Delta Pucará IA-58D. Avionik untuk kokpit dibuat seidentik mungkin dengan FMA IA-63 Pampa Phase II. Beberapa komponen yang diperbarui akan mencakup perangkat keras komunikasi baru, DME, ELT, IFF, GPS, EADI, EHSI, RWR, HUD, meriam DEFA 554 dan mesin PT6A-62 950shp baru, bukan Turbomeca Astazou asli. Perombakan akan membuat Argentina Pucarás akan mampu terus operasional hingga tahun 2045. Masalah birokrasi dan ekonomi menunda konversi seluruh armada. Angkatan Udara Uruguay juga menunjukkan minat pada program pemeliharaan, perbaikan, dan perombakan (MRO) dan pemasangan mesin baru yang ditawarkan oleh FAdeA.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun Fabricas y Maestranzas del Ejercito (FAMAE) SAF)

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antigerilya)
FMA IA 58 Pucara 
militerbanget.blogspot.com

Pada April 2016, Fábrica Militar de Aviones sedang dalam proses memodernisasi dua puluh pesawat milik  angkatan udara Argentina di Pucaras. Purwarupa pertama terbang pada November 2015.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Keenam), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Artikel ini bersambung ke bagian ketujuh, dengan judul artikel: "Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Ketujuh)".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber  

1. Wikipedia
2. PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar