Minggu, 02 Februari 2020

Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber Convair B-36 Peacemaker (Bagian 1)


Pesawat Pembom Strategis/Strategic Bomber
Convair B-36 Peacemaker
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang, Banten, Minggu, 2 Februari 2020

Convair B-36 Peacemaker merupakan pesawat pembom terbesar yang pernah operasional sekaligus menjadi alutsista penggetar nuklir milik USAF (United States Air Force - Angkatan Udara Amerika Serikat) pada akhir 1940-an sampai dengan awal 1950-an. 

Walaupun pesawat pembom strategis ini tak pernah sekalipun mencicipi pertempuran yang sebenarnya, namun versi intai dari pesawat ini sering melakukan terbang patroli di dekat perbatasan Uni Soviet, pada saat Perang Dingin mencapai puncaknya pada peride pertengahan 1950-an.

Pesawat Pembom Strategis/Strategic Bomber
Convair B-36 Peacemaker
militerbanget.blogspot.com

Produksi dari pesawat B-36 mulai direncanakan pada awal Perang Dunia ke II, karena Amerika Serikat khawatir kalau-kalau negara sekutu terdekatnya, yaitu Inggris, akan diinvasi oleh Jerman (pada saat itu, memang Jerman berencana untuk menyerbu Inggris, dan rencana itu semakin memuncak ketika Prancis jatuh hanya dalam tempo yang singkat). Amerika Serikat menimbang, apabila Inggris diduduki oleh Jerman, maka misi pemboman terpaksa dilakukan dari daratan Amerika Serikat, dan pada saat itu, pesawat-pesawat pembom milik Sekutu tak ada yang dapat terbang dengan jarak jelajah sejauh itu.


Pesawat Pembom Strategis/Strategic Bomber
Convair B-36 Peacemaker
militerbanget.blogspot.com

Untuk menghadapi situasi tersebut, maka jalan satu-satunya adalah dengan merancang satu pesawat pembom yang mampu terbang dengan jarak jelajah yang jauh serta memiliki kapasitas angkut bom yang mumpuni. Untuk membuat pesawat pembom seperti itu, pada tanggal 11 April 1941, US Army Air Corps kemudian mengeluarkan proposal pengadaan pesawat pembom jarak jauh dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Pesawat itu harus memiliki kecepatan maksimum 724 km/jam, kecepatan jelajahnya di angka 442 km/jam, ketinggian jelajahnya di 45.000 kaki (sekitar 13.500 meter) dan memiliki jarak jelajah sekitar 19.300 kilometer. 

Pesawat Pembom Strategis/Strategic Bomber
Convair B-36 Peacemaker
militerbanget.blogspot.com

Pabrikan Consolidated lalu memberikan rancangan yang diberi kode Model 35. Design Model 35 memiliki konfigurasi dua sirip vertical dan memliki empat atau enam mesin (opsional) jika diperlukan. Agar mempercepat proyek pesawat pembom antar benua ini, spesifikasi tadi lalu sedikit “diperlunak” agar dapat mempersingkat waktu. Jarak terbang dikurangi menjadi 16.090 km, kecepatan jelajahnya dikurangi menjadi 386-483 km/jam, dan ketinggian jelajahnya menjadi 40.000 kaki (sekitar 12.000 meter).

Pada akhir tahun 1941, pabrikan Consolidated (nantinya berubah menjadi Convair) diminta untuk membuat dua unit purwarupa dengan konfigurasi bermesin enam buah. Purawarupa tersebut lalu diberi kode registrasi XB-36. Pesawat pembom ini segera menjadi “viral” karena dimensinya yang luar biasa untuk ukuran saat itu. Sayapnya berbentuk agak sayung ke belakang, membentang sepanjang 70,10 meter dengan luas sayap mencapai 443,32 m2. 

Pesawat Pembom Strategis/Strategic Bomber
Convair B-36 Peacemaker
militerbanget.blogspot.com

Pada tahap purwarupa ini, dapur pacu pesawat menggunakan mesin radial berpendingin udara 28 silinder Pratt & Whitney R-4360 Wasp Major sebanyak enam unit, masing-masing dari mesin memutar bilah propeller berdaun tiga tipe Curtis yang memiliki diameter 5.8 m. keunikan dari mesin B-36 ini adalah, baling-balingnya berkonfigurasi pusher (berada di bagian belakang mesin dan menjadi pendorong), bukannya tractor seperti kebanyakan pesawat pada saat itu. 

Pesawat Pembom Strategis/Strategic Bomber
Convair B-36 Peacemaker
militerbanget.blogspot.com

Setiap mesin dapat diakses dengan mudah, karena mesin-mesin tersebut dipasang pada sayap yang memiliki ketebalan mencapai 2.9 m. empat compartment bom (ruang bom) yang dimiliki pesawat ini mampu membawa bom sampai dengan berat maksimum 21 ton, jauh lebih tinggi ketimbang pembom B-29 Superfortress yang hanya mampu mengangkut 9 ton bom (baca juga artikel tentang B-29 Superfortress di sini). Panjang badan pesawat B-36 adalah 49.4 m. Akses untuk mobilisasi kru dari bagian depan ke belakang pesawat berupa terowongan bertekanan udara dengan diameter 0.64 m dan panjang 24.4 m. kru bergerak melalui terowongan ini dengan sarana troli beroda.
Pada awal tahun 1943, Amerika Serikat kehilangan pangkalan udaranya di Tiongkok (RRC) akibat invasi bala tentara Jepang, sehingga pesawat pembom  Convair yang hebat ini dengan kemampuan terbang jarak jauhnya, menjadi proyek yang semakin penting. Karena itulah, pada bulan Juni tahun 1943, militer Amerika Serikat memesan 100 unit B-36.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Fighter Aircraft JET MiG-21 (Fishbed) Bagian 1) 

Pesawat Pembom Strategis/Strategic Bomber
Convair B-36 Peacemaker
militerbanget.blogspot.com

Pada bulan September 1944, purwarupa B-36 telah selesai, dan pengiriman dimulai pada tahun berikutnya. Pengembangan pesawat ini terhambat karena mesin dan dan beberapa kendala teknis lainnya, bahkan kendala tersebut nyaris menghentikan kelangsungan proyek ini. Ditambah lagi dengan berubahnya peta kekuatan di front Pasifik

Militer Jepang yang di awal perang kekuatan militernya sangat superior, pada saat akhir tahun 1944, kekuatannya semakin berkurang, dan Sekutu mulai mendominasi pertempuran di Pasifik. Efeknya adalah, status proyek pembuatan pesawat B-36 ini tak lagi menjadi prioritas. Walaupun demikian, pada saat pertempuran di Front Eropa telah usai, dan Jerman telah kalah, proyek B-36 masih dipertahankan karena Amerika Serikat tetap membutuhkan  pesawat pembom yang dapat menjatuhkan bom atom terhadap target yang potensial di seluruh dunia.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber Convair B-36 Peacemaker (Bagian 1), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul artikel: "Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber Convair B-36 Peacemaker (Bagian 2).

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Beberapa Sumber Lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar