Rabu, 27 November 2019

“Si Anak Tampan Penjaga Lautan” Pesawat Patroli Maritim / Maritime Patrol Airplane Lockheed P-3 Orion (Bagian Pertama)


Pesawat Patroli Maritim
Lockheed P-3 Orion
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 27 November 2019

Pesawat ini memang memiliki jalan hidup yang unik. Semula dirancang untuk menjadi pesawat komersil, sebagai pesawat pengangkut penumpang atau angkut barang (kargo). Tetapi, karirnya dalam wilayah non militer itu ternyata tak seindah yang dibayangkan. Tak banyak maskapai yang mau membeli pesawat ini untuk operasionalnya. Alhasil, angka penjualan pesawat ini juga tak menggembirakan. 

Pesawat Patroli Maritim
Lockheed P-3 Orion
militerbanget.blogspot.com

Tetapi, ternyata suratan takdir berkata lain. Ketika militer melihat potensi pesawat ini, dan pesawat ini dirubah untuk keperluan militer, karirnya langsung cemerlang. Bahkan, umur pemakaian pesawat ini juga terbilang sangat Panjang, menjadikan pesawat ini salah satu dari sederetan pesawat militer yang penting yang pernah dimiliki militer Amerika Serikat dan NATO.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun Fabricas y Maestranzas del Ejercito (PAMAE) SAF)

Pesawat Patroli Maritim
Lockheed P-3 Orion
militerbanget.blogspot.com

P-3C Orion adalah pesawat militer yang bisa dikatakan cocok untuk segala jaman/era. Pesawat ini dikembangkan dengan cepat untuk mampu memenuhi kebutuhan mendesak pada era Perang Dingin. Dikembangkan dengan berbasis pada pesawat komersial Locheed Electra, Orion menjadi pesawat penjaga maritim untuk wilayah perairan Amerika Serikat serta beberapa negara anggota NATO (juga negara-negara lain diluar NATO) selama lebih dari 4 dekade dan tetap menjadi pesawat anti kapal selam yang potensial dan penting.

Pesawat Patroli Maritim
Lockheed P-3 Orion
militerbanget.blogspot.com

Berawal pada tahun 1957, dimana US Navy mengeluarkan proposal untuk pengadaan pesawat pengintai maritime jarak jauh dan pesawat Anti Submarine Warfare (ASW) untuk menggantikan posisi pesawat P2V Neptune yang sudah menua dan mulai “ketinggalan jaman”. Pabrikan Locheed menjawab proposal ini dengan memodifikasi pesawat komersial Electra dan terbang pertama kali pada bulan November tahun 1959. Kalau ditilik dari sisi bentuk, pesawat ini berbeda dengan versi awalnya (versi komersial) karena dimensinya lebih pendek 2.24 meter, selain itu, pesawat ini memiliki ruang bom yang dapat memuat ranjau laut, torpedo, depth charge, dan bahkan persenjataan nuklir.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Perusak / Tank Destroyer - M56 Scorpion)

Pesawat Patroli Maritim
Lockheed P-3 Orion
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini mulai memasuki operasional aktif di US Navy pada bulan Juli 1962 dan telah lebih dari 30 tahun menjadi pesawat anti kapal selam US Navy satu-satunya yang berpangkalan di darat. Pesawat ini telah mengalami perubahan registrasi (P3V menjadi P-3) dan dibuat menjadi tiga varian, yatu P-3A, P-3B, dan P-3C. 

Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan “Si Anak Tampan Penjaga Lautan” Pesawat Patroli Maritim / Maritime Patrol Airplane  Lockheed P-3 Orion (Bagian Kedua)

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu 

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Berbagai sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar