Kamis, 08 Agustus 2019

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber Short Sunderland


Pesawat Pembom Amfibi
Short Sunderland
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019

Sunderland adalah pesawat terbang militer yang terbilang unik. Berbeda dengan pesawat militer lain yang dibuat khusus sesuai dengan kebutuhan atau permintaan militer, pesawat Sunderland ini malah kebalikannya, merupakan pesawat sipil yang dikonversikan menjadi pesawat militer. 

Pesawat Pembom Amfibi
Short Sunderland
militerbanget.blogspot.com

Mengambil dasar rancangan dari flying boat Short C Class “Empire” yang dimiliki oleh Imperial Airways pada tahun 1930-an, Short “Sunderland” menjadi salah satu pesawat milik RAF yang dioperasikan dalam waktu yang lama (dioperasikan selama dua dekade). Salah satu flying boat terbaik di dunia dan pada Perang Dunia ke II, pesawat Sunderland ini menjadi senjata penting untuk mengalahkan U-boat Jerman pada saat Battle of Atlantic.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Perusak / Tank Destroyer - SdKfz 173 JAGDPANTHER)

Pesawat Pembom Amfibi
Short Sunderland
militerbanget.blogspot.com

Walaupun penerbangan pertama purwarupa pesawat Sunderland dilaksanakan pada tahun 1937, Air Ministry sudah mengenal lama pesawat ini sebagai pesawat komersial yang sukses, sehingga telah memesan pesawat ini pada bulan Maret tahun 1936.

Pesawat Pembom Amfibi
Short Sunderland
militerbanget.blogspot.com

Awal bulan Juni tahun 1938, pesanan pertama Sunderland Mk I diserahkan kepada Squdron No. 230 yang berbasis di Singapura. Sunderland menggantikan armada flying boat bersayap ganda milik RAF sekaligus loncatan jauh dalam pengoperasian pesawat dari sebelumnya.

Pesawat Pembom Amfibi
Short Sunderland
militerbanget.blogspot.com

Saat pecah Perang Dunia ke II pada bulan September 1939, tiga squadron milik Coastal Command resmi operasional dan siap mencari dan menenggelamkan U-boat Jerman. Selain itu Sunderland menjadi pesawat penyelamat bagi kru kapal yang tenggelam atau kru yang pesawatnya harus mendarat darurat di laut. Ketika kapal dagang Inggris Kensington Court ditorpedo sejauh 113 kilometer dan Sisilia pada 18 September 1939, dua unit pesawat Sunderland yang sedang berpatroli berhasil menyelamatkan seluruh kru sebanyak 34 orang ke daratan hanya satu jam setelah kapal itu tenggelam.

Pesawat Pembom Amfibi
Short Sunderland
militerbanget.blogspot.com

Short Sunderland yang diawaki oleh 10 kru, memiliki persenjataan perlindungan diri yang tergolong "mematikan" sehingga pesawat ini dijuluki Flying Porcupine (landak terbang) oleh penerbang Luftwaffe. Seringkali Sunderland yang sendirian bertempur dan mampu mengalahkan keroyokan pesawat tempur musuh.

Pesawat Pembom Amfibi
Short Sunderland
militerbanget.blogspot.com

Walaupun Sunderland sering menenggelamkan kapal Jerman, tapi hanya dengan melihat sosoknya saja cukup untuk membuat kru kapal kabur meninggalkan kapalnya, seperti pada kasus yang terjadi tanggal 31 Januari 1940, kehadiran pesawat milik No. 228 Squadron membuat kru U-55 melakukan hal itu, alias meninggalkan kapal.

Pesawat Pembom Amfibi
Short Sunderland
militerbanget.blogspot.com

Akhir 1940 Mk II hadir, dipasang empat mesin two stage supercharger tipe pegasus XVIII, turet atas bersenjata sepasang senapan mesin, perbaikan pada turet ekor, dan radar Air to Surface Vessel (ASV) Mk II. Versi yang banyak diproduksi, Mark III terbang pertama kali pada bulan Desember 1941. Pada versi ini, ada perubahan pada rancangan bentuk lambungnya untuk meningkatkan performa pesawat ini saat lepas landas dari air. Mark III diikuti versi yang lebih besar dan lebih berat, Mark IV/Seaford. Setelah pesawat ini dievaluasi oleh RAF, versi ini dibatalkan produksinya.

Pesawat Pembom Amfibi
Short Sunderland
militerbanget.blogspot.com

Sunderland Mk V merupakan versi terakhir yang muncul pada akhir tahun 1943, bermesin Pratt & Whitney R-1830-90 Twin Wasp 1.200hp dan dipasang radar ASV Mk VI. Saat produksi diakhiri pada tahun 1945 telah dibuat 739 unit Sunderland, pasca perang terus digunakan oleh Inggris, Prancis, Australia, Afrika Selatan, dan Selandia Baru.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helicopter Serang - Tempur / Attack Helicopter A-129 Mangusta Bagian 1)

Pasca perang, Sunderland milik RAF membawa hampir 5.000 ton bahan pangan untuk misi Berlin Airlift, dan saat Perang Korea, tipe ini menjadi satu-satunya pesawat buatan Inggris yang dioperasikan selama konflik berlangsung. Saat Malayan Emergency, Sunderland milik RAF melaksanakan misi pemboman melawan gerilyawan komunis anti Inggris.

Sunderland akhirnya dipensiunkan dari RAF pada tanggal 15 Mei 1959, No. 205 Squadron melaksanakan sorti penerbangan terakhir dari RAF Changi, Singapura, sebagai simbol karir operasional Sunderland yang dimulai 21 tahun sebelumnya. Tetapi angkatan udara yang terakhir mempensiunkan Sunderland adalah Royal New Zealand Air Force pada bulan Maret 1967. Total ada 749 unit Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber Short Sunderland dibuat pada periode 1937-1946.

Pesawat Pembom Amfibi
Short Sunderland
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber Short Sunderland Mk V


Asal Negara: Inggris
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Amfibi empat mesin
Terbang Perdana: 16 Oktober 1937 (versi purwarupa)
Kru: 9-11 orang (pilot, co-pilot, flight engineer, bom aimer, radio operator/gunner, 3-5 gunners) 
Bobot: 16.789 kg (Kosong), MTOW: 27.240 kg

Pesawat Pembom Amfibi
Short Sunderland
militerbanget.blogspot.com

Dimensi

Panjang Pesawat: 26,00 m 
Bentangan sayap: 34,36 m
Tinggi: 10.01 m
Wing Area: 138.14m2

Persenjataan 

8 X Senapan mesin kaliber 7,7mm di turet
4 X Senapan mesin kaliber 7,7mm fix gun di hidung
2 X Senapan mesin kaliber 12,7mm di kiri dan kanan badan
Muatan bom sampai dengan 2.252 kg, 

Mesin: 4 X Pratt & Whitney 1.200hp R-1830 Twin Wasp 14 cylinder air cooled radial piston engines

Performa  

Kecepatan maksimum: 343 km/jam
Ketinggian operasional maksimum: 5.456 m
Kecepatan menanjak: 256 m/menit
Jarak Terbang maksimum: 4.795 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber Short Sunderland, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar