Kamis, 13 Juni 2019

Pesawat Pembom Tukik-Torpedo / Dive-Torpedo Bomber Fairey Barracuda


Pesawat Pembom Tukik-Torpedo
Fairey Barracuda
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 13 Juni 2019

Pabrikan Fairey Aviation Company merespon terhadap proposal yang tercantum dalam Spesifikasi S.24/37 yang dikeluarkan oleh Kementrian Udara Inggris. Spesifikasi tersebut berisi permintaan untuk rancang bangun pesawat yang akan menggantikan pesawat Fairey Albacore yang dinilai memiliki performa yang kurang memuaskan. 

Fairey Aviation Company merancang Barracuda berawak tiga orang, dan purwarupanya terbang pertama kali pada tanggal 7 Desember 1940. Dari hasil uji terbang itu, kemudian dilakukan perbaikan dan peningkatan untuk pembuatan purwarupa kedua, tetapi purwarupa kedua ini baru bisa direalisasikan dan diterbangkan pada bulan Juni 1941.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - SKODA LT-35

Pesawat Pembom Tukik-Torpedo
Fairey Barracuda
militerbanget.blogspot.com

Industri penerbangan Inggris pada waktu itu lebih memprioritaskan produksi pesawat tempur dan pembom, sehingga pesawat pembom torpedo ini harus menunggu gilirannya. Pesawat Fairey Barracuda baru selesai menjalani uji coba pada bulan Februari 1942 setelah dipasangkan mesin yang lebih bertenaga, Merlin 32. Mesin baru ini diperlukan untuk dapat menggerakkan pesawat sesuai dengan performa yang diharapkan, karena Barracuda telah mengalami perubahan dan penambahan di berbagai lini, sehingga mesin yang lebih kuat diperlukan untuk mengkompensasikan kenaikan bobot struktur serta penambahan peralatan. 

Pesawat Pembom Tukik-Torpedo
Fairey Barracuda
militerbanget.blogspot.com

Barracuda yang memiliki mesin baru ini diberi kode Mark II, dan menjadi versi produksi utama. Mark II operasional pada awal tahun 1943, tercatat sebanyak 12 unit Mark II memperkuat Skuadron No. 827 lalu dibentuk ulang di Stretton.

Pada bulan Mei 1943, banyak skuadron milik fleet air diperkuat dengan pesawat Mark II, ditempatkan dalam armada laut di Inggris atau Timur Jauh.

Pesawat Pembom Tukik-Torpedo
Fairey Barracuda
militerbanget.blogspot.com

Pesawat Pembom Ringan / Light Bomber Fairey Barracuda ini menjadi pesawat yang terkenal karena menjadi pesawat pembom torpedo sayap tunggal pertama milik Fleet Air Arm yang berpangkalan di kapal induk, sekaligus pesawat pembom torpedo yang berkonstruksi logam seluruhnya. Total ada 1.688 unit pesawat Barracuda Mk II diproduksi oleh Fairey termasuk sub kontraktor Westland, Blackburn, dan Boulton Paul.

Barracuda Mark III (912 unit diproduksi oleh Fairey dan Boulton Paul) dikembangkan untuk membawa radar Air to Surface Vessel (ASV) di radom blister, di bawah belakang badan pesawat, dan pertama kali dipasang pada tahun 1943. Radar ini dapat membuat pesawat Barracuda ini dapat memburu targetnya dengan lebih efektif. Di perairan wilayah Eropa, Mark III yang dilengkapi dengan radar ASV melaksanakan tugas anti kapal selam dari kapal induk pengawal, menggunakan Rocket Assisted Take Off agar bisa lepas landas dari dek terbang kapal induk yang panjangnya terbatas.

Pesawat Pembom Tukik-Torpedo
Fairey Barracuda
militerbanget.blogspot.com

Pada bulan April 1944, kapal induk milik Inggris, "Victorious" dan "Furious" mengirimkan 42 unit pesawat Barracuda untuk melaksanakan serangan pemboman tukik terhadap kapal perang Jerman Tirpitz yang sedang lego jangkar di Kaa Fjord, Norwegia. Barracuda ini menjadi bagian dari operasi Tungsten, tujuannya untuk menghancurkan kapal perang musuh. Pesawat ini juga telah berlatih terbang jarak jauh dan menyerang dengan menukik menghadapi meriam anti pesawat. 

Sekitar 15 buah bom Armour Piercing (AP) berhasil menghantam kapal perang Jerman “Tirpitz”, dan tim penyerang tersebut hanya kehilangan dua unit pesawat saja. serangan itu berhasil melumpuhkan Tirpitz selama tiga bulan, sehingga selama waktu itu, Royal Navy dapat mengerahkan kapal-kapal perangnya dengan lebih bebas di perairan Eropa.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun (Suomi Kenepistooli) KP-31)

Barracuda dari skuadron No. 810 dan 847 Squadron Fleet Air Arm yang berbasis di HMS Illustrious terlibat dalam pertempuran di front Pasifik untuk pertama kalinya pada bulan April 1944, mendukung penyerangan US Navy terhadap instalasi militer Jepang di Sumatera.

Keseluruhan ada 17 skuadron milik Fleet Air Arm yang diperkuat Barracuda selama Perang Dunia ke II. Total produksi Barracuda mencapai angka 2.541 unit. Pada tahun 1945 dimulai produksi Mark V dengan mesin yang lebih kuat, kemudian diberi registrasi TF. 5, tapi hanya 30 unit yang diproduksi dan digunakan sebagai pesawat latih pasca perang.

Setidaknya ada 2.572 unit pesawat Barracuda dari seluruh versi yang dioperasikan oleh Fleet Air Arm, selain itu, Barracuda juga dioperasikan oleh AL Prancis dan Belanda

Pesawat Pembom Tukik-Torpedo
Fairey Barracuda
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pesawat Pembom Tukik-Torpedo/Dive-Torpedo Bomber Fairey Barracuda


Asal Negara: Inggris
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Tukik/Torpedo
Terbang Perdana: 7 Desember 1940  
Kru: 3 Kru (pilot, bombardier, gunners)
Bobot: 4.245 kg (Kosong), MTOW : 6.401 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 12,12 m 
Bentangan sayap: 14,99 m
Tinggi: 4.60 m
Wing Area: 34,09m2

Persenjataan 

2 X senapan mesin kaliber 7,7mm Browning Machine Gun di turet belakang kokpit.
1 X Torpedo 735 kg atau
1 X Bom 454 kg dibawah fuselage atau
4 x Bom 204 kg atau 6 X Bom 113 kg atau bom dalam atau ranjau

Mesin: 1 X Rolls Royce 1.640hp Merlin 32 V-12 piston engine

Performa  

Kecepatan maksimum: 367 km/jam
Ketinggian maksimum: 5.060 m
Kecepatan menanjak: 250 m/menit
Jarak jelajah maksimum: 1.851 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Tukik-Torpedo / Dive-Torpedo Bomber Fairey Barracuda, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar