Rabu, 26 September 2018

Tank Tempur Medium / Medium Tank - Olifant


Tank Tempur Medium Olifant
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 26 September 2018

Medium Tank/Tank Tempur Medium Olifant adalah derivative dari Centurion Medium Tank produksi Inggris, menjadi tulang punggung pasukan tank negara Afrika Selatan selama bertahun-tahun. Olifant Mk1A Main Battle Tank (MBT) mengadopsi nama Gajah Afrika. Olifant adalah hewan darat terbesar dan dengan demikian, MBT Olifant tepat dinamai seperti itu karena merupakan alutsista militer terberat yang dimiliki oleh Pasukan Pertahanan Afrika Selatan (SADF) pada saat itu dan Pasukan Pertahanan Nasional Afrika Selatan pasca-demokrasi (SANDF). 

Tank Tempur Medium Olifant
militerbanget.blogspot.com

Olifant Mk1A dirancang untuk mampu beradaptasi dengan iklim dan alam Afrika yang panas dan kering. Tank ini dirancang dan diproduksi pada saat Afrika Selatan tunduk pada embargo senjata internasional yang semakin ketat karena kebijakan politiknya yang rasialis (Apartheid), dengan latar belakang Perang Dingin di Afrika Selatan yang melihat peningkatan tajam dalam gerakan pembebasan yang didukung oleh negara-negara komunis Blok Timur seperti Kuba dan dibawah pengaruh Uni Soviet.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Medium / Medium Tank - A41 Centurion)

Tank Tempur Medium Olifant
militerbanget.blogspot.com

Olifant dibuat di Afrika Selatan oleh pabrikan Vickers OMC Company, yang merupakan anak perusahaan dari Vickers asal Inggris. Sejak diperkenalkan pada era 1980-an pada tank ini telah dilakukan berbagai peningkatan kemampuan agar mampu menghadapi perubahan taktik dan perkembangan pertempuran yang semakin berkembang.

Tank Tempur Medium Olifant
militerbanget.blogspot.com

Memiliki bobot operasional di kisaran 55 ton, dengan dapur pacu mesin diesel V12, dengan kecepatan tertinggi yang bisa dihasilkan adalah 45 km/jam dan jarak tempuh 500 kilometer.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang  Tank Tempur Medium / Medium Tank - Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV))

Tank Tempur Medium Olifant
militerbanget.blogspot.com

Tank Tempur Medium Olifant diawaki oleh empat kru dan memiliki persenjataan utama meriam tipe LIW GT-7 kaliber 105mm atau bisa juga disandingkan dengan meriam smoothbore tipe LIW 120mm yang dibuat berdasarkan lisensi. Kedua tipe meriam ini dipasang pada kubah atau turret yang memiliki design yang terbilang modern, memiliki bustle mounted ammunition carousel, dan system control penembakan dan keamanan terbaru termasuk panel blow off di dek turret.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Pembom Tukik / Dive Bomber - JUNKER JU 87 STUKA)

Tank Tempur Medium Olifant
militerbanget.blogspot.com

Model terakhir Mark 1B dipasang mesin baru, suspensi torsion bar baru, sistem elektronik baru, dan paket modular add on armor.

Tank ini juga memiliki berbagai varian, beberapa diantaranya adalah varian ARV (Armoured Recovery Vehicle), AVLB (Armoured Vehicle Launched Bridge), serta varian penyapu ranjau.

Tank Tempur Medium Olifant
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Medium Tank/Tank Tempur Medium Olifant


Asal Negara: Afrika Selatan
Mulai bertugas: 1980
Kru: 4 Orang
Bobot: 56.000 kg/56 ton

Dimensi  

Panjang: 8,29 m 
Tinggi: (over turret hutch) 2,94 m 
Lebar: 3,39 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Meriam kaliber 105mm LIW GT-7 atau 120mm LIW smoothbore gun
Senjata sekunder: 
2 x Senapan mesin kaliber 7.62 mm /0.30 in machine gun 

Armor: Unspecified
Mesin:  V12 diesel, delivering 708 kW kW/950hp

Performa  

Kecepatan maksimum: 45 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 500km 

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Medium / Medium Tank - Olifant, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

-----------------------------------------
Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar