Selasa, 25 September 2018

Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - Steyr HS.50


Senapan Runduk Berat Steyr HS .50
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 25 September 2018

Kembali pada artikel tentang persenjataan, yang kebagian jatah untuk diulas kali ini adalah Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat yang punya nama Steyr HS.50.

Secara umum dapat disimpulkan, tidak ada yang istimewa dari Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat Steyr HS.50. senapan runduk kaliber .50 ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan RAI 500 yang dibuat pada era 1980-an. Sistem penembakannya sama-sama menerapkan sistem bolt action, single shot (sistem kokang dan tembakan tunggal), tanpa magasen, sehingga penembak pasti kerepotan karena harus mengisi ulang peluru secara konvensional setiap kali selesai menembak.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - RAI Model M500) 

Senapan Runduk Berat Steyr HS .50
militerbanget.blogspot.com

Jika ada fitur unggulan pada senjata ini, keunggulan itu terletak pada laras HS.50 yang dibuat dengan teknologi cold, hammer forged yang memang menjadi ciri khas dari pabrikan senjata asal Eropa

Hasilnya, akurasi senjata ini dijamin tetap konsisten dari satu tembakan ke tembakan berikutnya. Yang membuat senapan ini menjadi sorotan dunia international adalah ketika Steyr Mannlicher, atas persetujuan kanselor Austria Wolfgang Schussel, menjual 800 pucuk senapan ini ke Iran pada tahun 2004. Iran menyatakan senapan ini akan digunakan untuk menumpas penyelundup obat bius dan senjata yang masuk ke negaranya. 

Namun, klaim ini tentu saja tidak dipercaya oleh Amerika Serikat dan negara negara sekutunya. Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat Steyr HS.50 malah kembali menghiasi headline banyak surat kabar di dunia ketika harian Inggris Daily Telegraph melansir berita bahwa 100 pucuk senapan runduk ini berhasil ditemukan dalam operasi pembersihan di Irak.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun - MP38/40 (ERMA))
 
Senapan Runduk Berat Steyr HS .50
militerbanget.blogspot.com

Berita ini diperparah lagi dengan kabar, bahwa seorang perwira Amerika Serikat terbunuh akibat tembakan HS.50 ketika sedang berada dalam kendaraan Humvee, hanya 45 hari sejak pengiriman pertama HS.50 tiba di Iran. Akibatnya, Amerika Serikat marah besar dan memasang status embargo pada produk buatan pabrikan Steyr.

Senapan Runduk Berat Steyr HS .50
militerbanget.blogspot.com

Catatan Tambahan:


Hammer Forged Rifling

Metoda pembentukan laras ini dikembangkan pada perang dunia ke-II. Waktu itu metoda pembentukan alur ini dikembangkan di Jerman pada tahun 1939. Metoda ini lalu menyebar ke daratan Eropa dan saat ini beberapa perusahaan masih mempergunakannya seperti BSA, Steyr, dan Feinwerkbau.

Hasil laras yang menggunakan metoda ini dikatakan sangat kuat. Ceritanya sebelum Perang Dunia II, Jerman berhasil menciptakan senapan mesin yang dapat memuntahkan lebih dari 1,200 peluru per menit. Dengan kecepatan dan panas yang begitu hebat, senapan ini membutuhkan penggantian laras yang sangat sering. Akibatnya mereka membutuhkan metoda produksi laras lain yang cepat namun kuat sehingga tidak perlu terlalu sering melakukan penggantian laras. Dari sanalah metoda hammer forged rifling ditemukan. Mesin hammer forged rifling diciptakan pertama kali di Erfurt, Jerman tahun 1939.

Senapan Runduk Berat Steyr HS .50
militerbanget.blogspot.com

Proses ini menggunakan silinder yang lebih pendek 30% dan berdiameter 20% lebih besar dari ukuran yang dikehendaki. Suatu mandrel yang terbuat dari carbide, yang merupakan cetak negatif dari alur, kemudian dimasukkan ke dalam silinder blank. Kemudian palu bertenaga hidraulik memukul-mukul permukaan luar silinder sedikit demi sedikit. Sementara akibat tempaan tersebut, logam silinder mengalami perubahan bentuk untuk kemudian membentuk alur sesuai cetakan mandrel. Silinder bersama mandrel kemudian diputar dan didorong perlahan oleh batang pengarah. Tempaan palu hidraulik ini akan terjadi 1,000 sampai 1,500 kali per menit. Jumlah waktu yang diperlukan untuk membentuk laras relatif singkat, yaitu antara 3 sampai 4 menit.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Medium / Medium Tank - Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV))


Laras yang dihasilkan dari proses ini akan berukuran lebih panjang 30% dan lebih sempit. Sebagai hasil tempaan, permukaan luar laras akan berbentuk cekungan-cekungan kecil yang terlihat seperti sisik ular. Permukaan luar ini dapat dirapikan kembali menjadi mulus atau bisa juga dibiarkan saja sebagai penanda proses produksi yang bergengsi ini, tergantung dari produsen laras.

Seperti halnya proses cold forming yang melibatkan banyak tekanan, logam laras akan mengalami stress metal dan mempengaruhi daya tahannya. Oleh karenanya, proses ini membutuhkan stress relief seperti halnya pada proses button rifling.

Keunggulan proses ini adalah keseragaman hasil yang diperoleh dan peningkatan kekerasan logam akibat proses penempaan. Melalui proses ini, produsen juga dapat menciptakan profil laras melalui satu tahap saja. Laras polygon juga dibentuk melalui proses ini.

Tentu saja ada kelemahan dalam metoda ini yaitu: biaya awal yang dibutuhkan untuk mengadakan alat hammer ini. Itulah sebabnya alat ini hanya tersedia pada perusahaan yang besar. Kelemahan yang lain telah disinggung yaitu menimbulkan stress pada logam.

Senapan Runduk Berat Steyr HS .50
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Heavy Sniper Rifle / Senapan Runduk Berat Steyr HS.50


Asal: Austria
Tahun: 1985
Kaliber: .50 BMG (12.7mm)/.460 Steyr
Sistem operasi: Bolt Action, single shot
Panjang keseluruhan:  - mm 
Panjang Laras: 833 mm
Bobot kosong: 12,90 kg 
Vo meninggalkan laras: - m/s
Jarak tembak efektif: 1.500 m
Tingkat Akurasi: 1.5 MOA
Kapasitas magasen: - peluru
Harga: 4.831 US$

Demikianlah artikel tentang Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - Steyr HS.50, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

1. COMMANDO-War Machine series, 
.50 CAL – LONG RANGE SNIPER RIFLE (“That Goes The Distance)

-----------------------------------------
Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar