Kamis, 02 Agustus 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun STAR Z-62/Z-70b


Pistol Mitraliur STAR Z-70b
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 2 Agustus 2018

Kembali pada artikel singkat tentang senjata, kali ini yang akan kita angkat adalah salah satu pistol mitraliur atau submachine gun hasil karya dari negeri Spanyol.  Memang, tak banyak kita dengar produk senjata dari negeri ini, karena memang, Spanyol tak banyak terlibat dalam konflik militer selepas Perang Dunia ke II, ditambah lagi dengan psikologis masyarakatnya yang kurang antusias terhadap aksi militer maupun teknologi militer. Berbeda dengan Swedia maupun negara Eropa lainnya,  yang walaupun enggan negaranya terlibat dalam konflik militer, namun tetap antusias terhadap teknologi militer. Nah, Spanyol berbeda, sehingga, terkesan tertinggal dalam hal teknologi senjata, termasuk pistol mitraliur atau submachine gun. 

Pistol Mitraliur STAR Z-70b
militerbanget.blogspot.com

Kembali pada topik, pistol mitraliur/submachine gun lansiran dari Spanyol ini masih memiliki bentuk yang khas pistol mitraliur era Perang Dunia ke II. Secara sepintas, terlihat pengaruh Pistol Mitraliur Submachine Gun Sterling dalam rancangan STAR Z-62/Z-70b, kemiripan yang paling jelas adalah bentuk dari receiver dan pelindung laras yang juga berfungsi sebagai hand guard. Sisanya, memang merupakan penggabungan dan kombinasi antara pistol mitraliur / submachine gun klasik dengan modern. Sepertinya, pemilihan rancang bangun pistol mitraliur ini didasari pada faktor mudah dan murah dalam hal produksi maupun perawatan.


Pistol Mitraliur STAR Z-70b
militerbanget.blogspot.com

Sesuai dengan kode namanya, Z-62 buatan pabrikan STAR Bonifacio Echeverria SA ini memang dirancang pada tahun 1962. Mengadopsi bentuk konvensional receiver silinder, Z-62 didesain sesimple dan sesederhana mungkin, dengan memanfaatkan one-piece receiver design, termasuk sampai ke grip pegangan tangan. 

Posisi handguard dibuat berlubang-lubang pada delapan kuadran, membantu mempercepat proses pendinginan laras dan mengurangi bobot senjata. 

Pistol Mitraliur STAR Z-70b
militerbanget.blogspot.com

Popor senjata menganut konfigurasi lipat ke depan. Pada saat popor terlipat, sandaran bahunya dapat difungsikan sebagai pegangan depan (front grip) pegangan tambahan. Kaliber yang dipilih juga termasuk unik, 9mm Largo, yang mana tipe ini tidak banyak dipakai oleh pistol mitraliur/submachine gun di dunia, walaupun untuk versi ekspor telah tersedia pula kaliber 9x19mm Luger/Parabbelum

Pistol Mitraliur STAR Z-70b
militerbanget.blogspot.com

Z-62 juga menyajikan fitur dual trigger untuk selektor penembakannya, dengan pelatuk memiliki dua cekungan vertikal, tarik dengan satu jari, tembakan masuk metode semiotomatik. Tarik dengan kedua jari sampai penuh, Z-62 akan menembak dengan mode full auto dan memuntahkan semua pelurunya. Z-62 di-update sebagai Z-70 yang lebih konvensional, menghilangkan fitur dual trigger.


Terakhir, Z-62 dan Z-70 akhirnya digantikan lagi oleh Z-84 yang merupakan adopsi pistol mitraliur/submachine gun Sterling.

Pistol Mitraliur STAR Z-70b
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi 
Pistol Mitraliur / Submachine Gun STAR Z-62/Z-70b


Negara asal: Spanyol
Tahun produksi: 1963
Kaliber peluru: 9x19mm
Sistem operasi: Blowback
Panjang keseluruhan Z-62/Z-70  
746 / 659 mm (popor terentang)
462 / 381 mm (popor terlipat)
Panjang Laras: -mm
Bobot kosong: 2,87 kg
Vo meninggalkan laras: -  fps
Jarak tembak efektif: 150 m
Rate of fire: 550 ppm
Kapasitas magasen: 20/32 peluru

Demikianlah artikel yang berjudul "Pistol Mitraliur / Submachine Gun STAR Z-62/Z-70b", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar