Rabu, 01 Agustus 2018

Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Dornier Do17


Pesawat Pembom Medium Dornier Do-17
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang, Banten, Rabu, 31 Juli 2018

Pesawat pembom ini menjadi salah satu pesawat pembom andalan Angkatan Udara Nazi Jerman (Luftwaffe) pada saat Perang Dunia ke II. Walaupun terkesan sederhana, pesawat ini merupakan lompatan design sekaligus teknologi yang cukup signifikan pada masanya. Belum lagi, pesawat pembom ini dibuat pada masa dimana Jerman sedang mengalami pembatasan dalam hal persenjataan, akibat perjanjian Versailles. 

Walaupun dibangun secara "rahasia", dan dengan segala keterbatasan, terbukti, seperti halnya pesawat pembom Ju-87, Fw-200, dll, pesawat ini menjadi salah satu andalan dari Angkatan Udara Jerman dalam menggulung kedigdayaan negara-negara Eropa yang semula menekan Jerman, sekaligus membalik peta kekuatan di Eropa saat itu.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Pembom Tukik / Dive Bomber - JUNKER JU 87 STUKA)

Pesawat Pembom Medium Dornier Do-17
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1932, German Ordnance Department memberikan proposal kepada industry pesawat terbang Jerman untuk merancang dan membuat pesawat pembom medium bermesin dua dengan roda yang bisa dilipat (saat itu, kebanyakan pesawat memiliki roda pendarat yang tak dapat dilipat). 

Dornier memenuhi proposal tersebut dengan proyek Do17 yang segera dirahasiakan aspek/kemampuan militernya dengan memberi penjelasan bahwa yang dibuat adalah pesawat pos udara cepat untuk ditempatkan pada Deutsche Lufthansa dan pesawat angkut untuk German State Railways.


Pesawat Pembom Medium Dornier Do-17
militerbanget.blogspot.com

Pada tanggal 17 Mei 1933, dua purwarupa diberikan ijin untuk pembuatannya, versi satu untuk pesawat penumpang berkecepatan tinggi dan versi kedua adalah pesawat angkut khusus (samaran untuk menyembunyikan identitas sebagai varian pembom).

Purwarupa Do17 versi “angkut khusus” alias pembom terbang perdana pada bulan November 1934 dan performanya yang superior segera menimbulkan kecemasan negara-negara tetangganya.

Saat International Air Show di Dubendorf, Swiss pada tahun 1937, Do17 MV1 terbukti sangat unggul bahkan mengalahkan pesawat tempur garis depan negara lainnya seperti Prancis dan Chekoslovakia, kemampuan dalam hal kecepatan, manuver, dan laju menanjaknya yang menakjubkan tidak mampu ditandingi oleh pesawat tempur negara-negara lain saat itu.

Pesawat Pembom Medium Dornier Do-17
militerbanget.blogspot.com

Versi pembom/militer pertama Do17E, pembom berkecepatan tinggi dan Do17F pengintai jarak jauh dioperasikan Luftwaffe dan terlibat saat perang sipil Spanyol. Kedua versi ini bermesin sama 12 silinder V-type BMW VI tetapi Do17F memiliki tangki bahan bakar tambahan dan dua kamera terpasang pada ruang bomnya.

Pengembangan Do17E dan Do17F menghasilkan pembom medium Dornier Do17M dan pengintai Do17P bermesin radial Bramo 323. Versi paling penting adalah Do17Z, kokpit dan hidung berkaca seluruhnya dan memiliki “beetle eye” serta memiliki dapur pacu mesin Bramo 323 A-1 yang lebih bertenaga.

Pesawat Pembom Medium Dornier Do-17
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini mendapat julukan “Flying Pencil”, 500 unit pesawat Dornier Do17Z diproduksi. Walaupun performanya mampu mengungguli mayoritas pesawat tempur saat dioperasikannya pesawat ini oleh Luftwaffe pada tahun 1938, pembom ini segera menjadi ketinggalan jaman dan banyak yang ditembak jatuh saat kampanye Battle of Britain. 

Walaupun demikian, pada awal perang, ketika Jerman menyerbu Polandia, Norwegia, Low Countries, dan Perancis, pembom Dornier Do17 menjadi senjata salah satu dari alut sista utama Jerman, dan memberikan kontribusi yang tidak kecil dalam kemenangan di awal perang tersebut.

Pesawat Pembom Medium Dornier Do-17
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Dornier - Do17


Karakteristik umum

Terbang Perdana: 22 November 1934
Kru: 4 orang

Dimensi

Panjang: 15,80 m 
Lebar sayap: 18,00 m 
Tinggi: 4,60 m 
Luas area sayap: 55 m² 
Aspek rasio:
Berat kosong: 5.210 kg 
Berat muatan: 1.000 kg 
Bobot lepas landas maksimum (MTOW): 8.590 kg 

Mesin: 

2 × BMW Bramo 1000hp 322P Fafnir 9-cylinder radial engine

Performa

Kecepatan maksimum: 410 km/jam
Jarak tempuh Maksimum: 1.500 km 
Ketinggian Maksimum: 8.200 m 
Waktu menanjak: s/d 457 m per menit

Persenjataan

2 x Senapan mesin kaliber 7.92mm
Bom sampai dengan 1.000 kg

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Dornier Do17, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar