Kamis, 11 September 2025

Pesawat Tempur Berat Messerschmitt Me 410 Hornisse, Senjata Andalan Jerman Menghadapi Pembom Sekutu Saat Perang Dunia II (Bagian Kelima)


Pesawat Tempur Berat Messerschmitt Me 410 Hornisse
Pesawat Tempur Berat/Heavy Fighter
Messerschmitt Me 410 Hornisse
militerbanget.blogspot.com

Beraban,Tabanan, Bali, Kamis, 11 September 2025

Sambungan dari Bagian Keempat

Me 410 juga digunakan sebagai pesawat tempur penyergap berat untuk mendobrak formasi rapat pesawat pembom siang hari Angkatan Udara Angkatan Darat Amerika Serikat (USAAF). Pada varian ini pesawat standar dimodernisasi dan ditingkatkan dengan kit konversi pabrik Umrüst-Bausätze, yang semuanya diidentifikasi dengan penamaan akhiran ”U”, untuk produk designnya. Sebagai contoh, identifikasi Me 410 A-1/U1 sebelumnya menandakan pemasangan fitur kamera di kompartment senjata yang terletak di bawah hidung untuk penugasan pengintaian (sebagaimana yang seharusnya dilakukan A-3 sejak awal), sementara penamaan Me 410 B-2/U1 mengidentifikasikan pemasangan sepasang kanon MK 103 kaliber 30 mm berlaras panjang di ruang persenjataan di bawah hidung.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Serang / Attack Helicopter - Denel AH-2 Rooivalk

Pesawat Tempur Berat Messerschmitt Me 410 Hornisse
Pesawat Tempur Berat/Heavy Fighter
Messerschmitt Me 410 Hornisse
militerbanget.blogspot.com

Akhiran "U2" menunjuk pemasangan dua pucuk meriam MG 151/20 20 mm tambahan di kompartment persenjataan di bawah hidung sebagai gantinya subtipe A-1/U4 dipadankan dengan meriam BK 5 seri Bordkanone 50 mm (2 in) yang besar, seberat 540 kilogram (1.190 lb), yang memioiki kapasitas 21 peluru diposisi yang sama sebagai pengganti kamera /U1 atau MK 103, atau pasangan meriam otomatis MG 151/20 tambahan /U2. Untuk memecah formasi pembom, beberapa unit Me 410 juga dilengkapi dengan empat peluncur tubular di bawah sayap, dua per panel sayap, yang dapat meluncurkan roket barrage infanteri Werfer Granate 21 21 cm (8 in) yang dimodifikasi. 

Pesawat Tempur Berat Messerschmitt Me 410 Hornisse
Pesawat Tempur Berat/Heavy Fighter
Messerschmitt Me 410 Hornisse
militerbanget.blogspot.com

Varian ini awalnya cukup berhasil “mengganggu” formasi pesawat pembom yang terbang tanpa pengawalan hingga tahun 1943, dan mampu menimbulkan korban dalam angka yang cukup signifikan. Namun seiring berjalannya waktu, Me 410 terbukti kewalahan dalam pertempuran udara Ketika menghadapi pesawat tempur bermesin tunggal Sekutu yang lebih ringan dan lebih lincah seperti North American P-51 Mustang dan Supermarine Spitfire. Pada periode tahun 1944, formasi Me 410 harus menghadapi kawanan pesawat tempur Sekutu yang melindungi formasi pesawat pembom yang biasanya terbang jauh di depan formasi pembom. Pada fase akhir perang, formasi pesawat pembom selalu mendapat pengawalan dari pesawat tempur dan dalam jumlah yang cukup besar. Pesawat tempur yang ditugaskan biasanya Adalah P-51 Mustang atau P-47 Thunderbolt. Kedua jenis pesawat tempur ini memang memiliki Tingkat manuver yang jauh melebihi pesawat Me-410. Kehadiran pesawat pengawal ini tentu saja sangat menyulitkan Me 410.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Kendaraan Tempur / Combat Car - M1 dan M2)

Pesawat Tempur Berat Messerschmitt Me 410 Hornisse
Pesawat Tempur Berat/Heavy Fighter
Messerschmitt Me 410 Hornisse
militerbanget.blogspot.com

Contoh dari hal ini sebagai bagian dari kampanye yang dimulai dua hari sebelumnya oleh USAAF adalah pada tanggal 6 Maret 1944 selama serangan terhadap Berlin oleh 750 pembom berat 8th AF, ketika 16 unit Me 410 dirontokkan sebagai balasan atas delapan unit B-17 Flying Fortress dan empat unit P-51 (yang ditembak jatuh oleh pesawat tempur Bf 109 dan Fw 190 yang mengawal Me 410). Bulan berikutnya pada tanggal 11 April, dengan serangan 8th AF menghantam Sorau, Rostock dan Oschersleben, Me 410 II./ZG 26 mencatat keberhasilan yang jelas dan langka, awalnya menjatuhkan 10 unit pesawat pembom B-17 tanpa kehilangan satu pesawatpun. Selama serangan yang sama, sergapan kedua mereka dihadapi oleh P-51 yang mampu menghancurkan delapan Me 410 dan tiga Bf 110. Enam belas awak tewas dan tiga terluka di pihak Jerman.

Bersambung ke Bagian Keenam

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. History Of Warplane
2. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Pesawat
#Pesawat_Tempur_Berat
#Perang_Dunia_II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar