Senin, 14 Juli 2025

Pesawat Latih / Traineer Airplane Fouga CM.170 Magister (Bagian Ketiga)


Pesawat Latih / Traineer Airplane Fouga CM.170 Magister
Pesawat Latih (Trainee Airplane)
Fouga CM.170 Magister
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Kamis, 10 Juli 2025

Sambungan dari Bagian 2

Belgia
Angkatan Udara Belgia mengoperasikan 50 unit Magister sebagai pesawat latih utama. Tim aerobatik The Red Devils juga menggunakannya sebagai pesawat untuk airshow. Sejumlah kecil Magister tetap digunakan hingga September 2007, sebagai pesawat latih untuk menambah jam terbang bagi perwira senior. Angkatan Udara Belgia adalah negara terakhir yang menggunakan Magister untuk tugas operasional.

Kongo
Selama Krisis Kongo, Angkatan Udara Katangese (FAK) yang pro-pemisahan diri membeli sembilan Magister dari Prancis. Dikonfirmasi operasional pada bulan Juli 1961, mereka tampaknya dipiloti oleh tentara bayaran yang diberikan misi untuk menghancurkan beberapa pesawat ONUC pada bulan September, termasuk Douglas DC-4. Hanya satu unit yang ditinggalkan oleh awaknya di Kolwezi karena masalah mekanis - yang selamat dari konflik.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie")

Irlandia
Korps Udara Irlandia mengoperasikan enam Fouga Magister dari tahun 1975 hingga 1999, empat di antaranya melengkapi tim aerobatik Silver Swallows.

Brazil
Força Aérea Brasileira (FAB) menggunakan Fouga Magister dalam tim pertunjukan aerobatik mereka, Esquadrilha da Fumaça, dari tahun 1968 hingga 1975. Pesawat ini diberi nomor T-24 dalam seri pelatih dengan sebutan tipe FAB.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Pesawat Pembom-Tempur / Fighter-Bomber - North American F-100 Super Sabre")

Pesawat Latih / Traineer Airplane Fouga CM.170 Magister
Pesawat Latih (Trainee Airplane)
Fouga CM.170 Magister
militerbanget.blogspot.com

Varian


CM.170 Magister - tiga unit purwarupa dan 10 unit pesawat praproduksi.

CM.170M Magister - dua purwarupa untuk Aéronavale Prancis

CM.170-1 Magister - versi produksi pertama dengan mesin Turbomeca Marboré II; 761 unit diproduksi termasuk 188 unit di Jerman Barat, 62 di Finlandia, dan 50 di Israel.

CM.170-2 Magister – varian dengan mesin Marboré VI yang dimodernisasi dengan daya dorong masing-masing 4,7 kN (1.055 lbf); diproduksi sebanyak 137 unit.

CM.171 Makalu – Varian dengan rangka pesawat yang diperbesar untuk mengadopsi mesin Turbomeca Gabizo dengan daya dorong masing-masing 10,8 kN (2.422 lbf), satu-satunya purwarupa hilang dalam kecelakaan pada tanggal 20 Maret 1957. Tampaknya varian ini tidak diteruskan setelah kecelakaan tersebut.

CM.173 Super Magister/ Potez 94 – Varian dengan mesin Marboré Super VI dengan daya dorong masing-masing 5,1 kN (1.143 lbf) dan dilengkapi dengan kursi lontar, hanya satu purwarupa yang dibuat.

CM.175 Zéphyr Varian pesawat latih kapal untuk Aéronavale, dilengkapi dengan roda pendarat yang diperkuat, alat ketapel, dan kait penahan; diproduksi sebanyak 30 unit.

Potez CM.191 - Varian Magister dengan konfigurasi 4 kursi; diproduksi sebanyak dua unit.

IAI Tzukit atau AMIT Fouga – Varian dari Angkatan Udara Israel, dilengkapi dengan kokpit baru yang terbuat dari material komposit.

Fouga 90/90A – Varian modernisasi berdasarkan CM.170 dengan mesin Turbomeca Astafan yang memiliki daya dorong masing-masing sebesar 7,6 kN (1.715 lbf), kanopi yang dirancang ulang untuk visibilitas yang lebih baik, dan avionik yang dimodernisasi. Satu unit purwarupa dibuat. Versi 90A yang diusulkan dilengkapi dengan mesin Turbomeca Astafan 790 kp; kedua versi ini tidak dilanjutkan ke tahap produksi karena sepi peminat.

Bersambung ke Bagian 4

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World of Airplane
2. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Prancis
#Pesawat
#Pesawat_Latih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar