Selasa, 05 Maret 2024

Senapan Serbu Era 60’an Yang Masih Jadi Andalan, Heckler & Koch HK33 (Bagian Kedua)


Senapan Serbu/Assault Rifle
Heckler & Koch HK33
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Selasa, 5 Maret 2024

Artikel ini menyambung artikel sebelumnya yang mengulas secara singkat tentang senapan serbu atau assault rifle besutan Jerman Barat (sekarang Jerman). Senapan serbu ini terbilang sangat modern untuk ukuran waktu itu. Senjata ini punya segudang kelebihan, selain tingkat akurasinya yang tinggi, senapan serbu ini handal dan juga kuat, sehingga banyak negara-negara di dunia yang menggunakan senapan serbu ini sebagai senapan serbu standar pada unit militernya. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca artikel bagian pertama dengan judul: "Senapan Serbu Era 60’an Yang Masih Jadi Andalan, Heckler & Koch HK33 (Bagian Pertama)", dan ini adalah artikelnya:

Senapan Serbu/Assault Rifle
Heckler & Koch HK33
militerbanget.blogspot.com

HK33 adalah senjata api yang menerapkan selector mode penembakan. Kenop atau tuas pemilih mode penembakan memiliki tiga posisi setelan untuk "aman atau terkunci", "semi-otomatis" dan "otomatis penuh". Pada varian yang lebih baru, kenop atau tuas mode penembakan memiliki setelan tambahan, yaitu "3 tembakan" runtun (setelan ini merupakan adaptasi mengurangi “pemborosan tembakan”, seperti yang telah diterapkan pada beberapa senapan serbu, salah satunya adalah M-16). Versi modern HK33 dilengkapi dengan setelan mode penembakan ambidextrous, untuk mengakomodir penembak kidal.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber - Gotha)

Senapan Serbu/Assault Rifle
Heckler & Koch HK33
militerbanget.blogspot.com

Berbagai tipe magasin dikembangkan untuk senjata ini. Magasen varian dasar adalah magasin dengan kapasitas 25 peluru. HK-33 juga kompatibel dengan magasen dengan kapasitas 30 dan 40 peluru, yang dikembangkan oleh Heckler & Koch untuk senapan serbu ini. Meskipun tampaknya pada suatu saat magasin 30 dan 40 peluru dihentikan, dan senjata ini hadir sebagai standar dengan magasin dasar 25 peluru. Pihak pabrikan juga memproduksi magasin yang memiliki kapasitas yang lebih kecil untuk varian  semi otomatis dan magasin drum yang memiliki kapasitas yang lebih besar (Magasen drum tampaknya disukai oleh beberapa operator di Asia dan Amerika Latin, karena dengan magasen tipe drum, HK33 dapat dialihfungsikan sebagai senapan mesin ringan, yang mana dapat menghemat anggaran militer negara-negara tersebut).

HK33 varian dasar memiliki popor dari material  polimer padat. Ada juga varian senjata ini yang dilengkapi dengan popor logam yang dapat ditarik.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Super Berat / Super Heavy Tanks E-100)

Senapan Serbu/Assault Rifle
Heckler & Koch HK33
militerbanget.blogspot.com

Senjata ini dilengkapi dengan system pembidik tipe diopter. Pembidik belakang yang berbentuk drum dapat disesuaikan dan memiliki pengaturan untuk jarak bidik 200, 300 dan 400 meter. Sistem pembidik teleskopik juga dapat dipasang dengan tambahan adaptor khusus pada senjata HK33 semua varian.

Demikianlah artikel tentang Senapan Serbu Era 60’an Yang Masih Jadi Andalan, Heckler & Koch HK33 (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Senapan Serbu Era 60’an Yang Masih Jadi Andalan, Heckler & Koch HK33 (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar