Senin, 01 Januari 2024

Senapan Mesin Ringan RPK (Ruchnoy Pulemyot Kalashnikova - Senapan Mesin Genggam Kalashnikov), Senapan Mesin Ringan dengan Tampilan Senapan Serbu (Bagian Ketiga)


Senapan Mesin Ringan/light Machine Gun - RPK
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Selasa, 1 Januari 2024

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya tentang satu jenis alutsista dari jenis senapan mesin ringan alias Light Machine Gun yang sangat terkenal dari Uni Soviet. Senapan mesin ringan ini memang sedari awal dirancang untuk dapat dioperasikan oleh satu personel saja, sehingga didesign seringan mungkin serta seringkas mungkin dengan tampilan yang menyerupai senapan serbu. Walaupun demikian, performa senapan mesin ini memanglah melebihi performa senapan serbu standar, sehingga wajar jika senjata ini begitu tenar pada masanya. Supaya rekan-rekan dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian pertama dengan judul: "Senapan Mesin Ringan RPK (Ruchnoy Pulemyot Kalashnikova - Senapan Mesin Genggam Kalashnikov), Senapan Mesin Ringan dengan Tampilan Senapan Serbu (Bagian Kedua)", dan ini adalah artikelnya:

Senapan Mesin Ringan/light Machine Gun - RPK
militerbanget.blogspot.com

Sistem pembidik model daun pada RPK dapat disesuaikan dari jarak bidik 100 hingga 1.000 meter dengan kelipatan jarak bidik 100 meter. Jarak tembak efektifnya berada dikisaran 800 meter (dalam kondisi tembakan terkontrol).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Ringan / Light Bomber - Brequet Bre. 14)

Senapan mesin ringan RPK telah digunakan dalam berbagai konflik seperti Perang Vietnam, Perang di Afghanistan, Perang Saudara Suriah, dan Perang Irak, dan masih banyak lagi.

Saat ini, senapan mesin ringan RPK berikut variannya masih dioperasikan di beberapa negera diantaranya Afghanistan, Kuba, Mesir, Ethiopia, Iran, Irak, Libya, Mongolia, Korea Utara, Somalia, Vietnam, dan Yaman.

RPK varian lisensi juga diproduksi di Rusia, Albania, Bulgaria, dan Irak.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) - TAI Anka)

Senapan Mesin Ringan/light Machine Gun - RPK
militerbanget.blogspot.com

Varian


Varian RPKN

Pada dasarnya varian ini sama dengan RPK versi standar. Perbedaannya ada pada fitur tambahan berupa rel pada sisi kiri receiver untuk memasang penglihatan malam.

RPKS

Ini adalah varian untuk pasukan lintas udara (penerjun paying). Varian ini juga diperuntukkan bagi awak kendaraan. Perbedaan paling mencolok dari varian ini adalah pada bagian popornya, varian ini dilengkapi dengan popor lipat.

RPKSN

Varian RPKS dilengkapi dengan rel samping di sisi kiri untuk penglihatan malam hari.

RPK-74

Ini adalah model yang dirancang ulang, diproduksi sejak tahun 1970-an. Karena militer Uni Soviet mulai mengadopsi kaliber peluru yang lebih ringan dan berkecepatan lebih tinggi (5,45x39 mm), mereka memerlukan senjata untuk menembakkannya. Akibatnya, senapan AK-74 dan senapan mesin ringan RPK-74 dikembangkan untuk menjawab tuntutan ini. RPK-74 pada dasarnya adalah senjata asli yang dimodifikasi untuk menembakkan peluru kaliber 5,45x39 mm. Ini juga mencakup sejumlah perbaikan kecil.

RPK-74N

Varian RPK-74 dilengkapi dengan rel sisi kiri untuk memasang penglihatan malam.

RPKS-74

Varian RPK-74 untuk penggunaan pasukan terjun payung. Perbedaan utamanya adalah popor lipat.

RPKS-74N

Merupakan varian RPKS-74 yang dimodifikasi untuk dilengkapi rel samping di sisi kiri senjata untuk penglihatan malam hari.

RPK-74M

RPK-74M adalah versi RPK-74 yang dimodernisasi dan ditingkatkan. Varian ini mulai mengadopsi material polimer pada beberapa bagiannya, yang membuat senjata lebih ringan.  Dan varian ini juga dilengkapi dengan magasin yang lebih baik.

RPKM

Versi ekspor dari RPK-74M dengan amunisi 7,62x39 mm.

RPK-201

Varian untuk ekspor yang dilengkapi dengan amunisi standar NATO 5,56x45 mm. Varian ini dikembangkan untuk melengkapi senapan serbu AK-101.

RPK-203

Varian model ekspor lainnya yang dilengkapi dengan amunisi 7,62x39 mm. Senapan ini dikembangkan untuk melengkapi senapan serbu AK-103. RPK-203 dapat dilihat sebagai versi produksi modern dari RPK asli.

Tipe 64

Ini adalah varian RPK yang diproduksi oleh Korea Utara.

ASh-78 Tip-2

Varian model lisensi yang diproduksi oleh Albania.

Senapan Mesin Ringan/light Machine Gun - RPK
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Senapan Mesin Ringan RPK (Ruchnoy Pulemyot Kalashnikova - Senapan Mesin Genggam Kalashnikov)


Asal negara: Uni Soviet
Operasional aktif: 1964
Kaliber: 7,62 x 39 mm

Berat

Kosong – tanpa magasen: 4,8 kg
Dengan magasen kotak 40 peluru: 5,6 kg
Dengan magasen drum 75 peluru: 6,8 kg

Panjang: 1.040mm
Panjang laras: 590 mm
V’o meninggalkan laras: 745 m/s
Laju tembakan runtun: 600 rpm
Laju tembakan terkontrol: 70 - 150 rpm
Kapasitas magasin: 40 atau 75 butir peluru
Jarak bidik efektif: 1.000 m
Jarak tembak efektif: ~800 m

Demikianlah artikel tentang Senapan Mesin Ringan RPK (Ruchnoy Pulemyot Kalashnikova - Senapan Mesin Genggam Kalashnikov) bagian Ketiga, semoga rekan-rekan dapat terhibur.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar