Selasa, 02 Januari 2024

Senapan Mesin Ringan RPK - 74 (Ruchnoy Pulemyot Kalashnikova - Senapan Mesin Genggam Kalashnikov), AK-74 Versi Senapan Mesin (Bagian Pertama)


Senapan Mesin Ringan/Light Machine Gun
RPK - 74 (Ruchnoy Pulemyot Kalashnikova) - 74
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Selasa 2 Januari 2024

Artikel kali ini yang akan kita bahas adalah senapan mesin ringan alias light machine gun racikan dari Uni Soviet yang rancangannya disandarkan pada senapan serbu AK-74. Senapan mesin ini memang masih mengikuti trend dari keluarga Kalashnikov, dimana kenyamanan dan juga tingkat akurasi harus mengalah demi daya tahan, kemudahan produksi, kemudahan dalam perawatan serta operasionalnya. Walaupun semula begitu diandalkan, namun ternyata senapan mesin ini tidaklah sehandal seri senapan mesin sebelumnya. Dan ini adalah artikel singkatnya:

RPK-74 merupakan pengembangan lebih lanjut dari senapan mesin ringan RPK yang sudah operasional sebelumnya. Hal ini dikarenakan pihak militer Uni Soviet mulai beralih ke senjata dengan kaliber peluru yang lebih ringan tetapi memiliki kecepatan yang lebih tinggi (5,45x39 mm) sehingga lebih efesien dari segi ergonomis namun masih memiliki kemampuan mematikan yang cukup tinggi. Untuk itu mereka memerlukan senjata yang baru yang kompatibel dengan peluru yang baru ini. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) - TAI Anka)

Untuk menjawab tantangan ini, perancang senjata terkenal Mikhail Kalashnikov mulai mengembangkan senapan AK-74 dan senjata otomatis regu (senapan mesin ringan) RPK-74 pada tahun 1970-an. Senapan mesin ringan RPK-74 rancangannya didasarkan pada senapan serbu AK-74 dengan cara yang sama seperti RPK sebelumnya yang rancangannya didasarkan pada senapan serbu AKM. Senjata ini dapat dilihat sebagai versi yang lebih berat dari senapan serbu AK-74 yang dilengkapi dengan bipod. RPK-74 menjadi senjata otomatis pasukan standar yang digunakan Angkatan Darat Uni Soviet. Saat ini, senapan mesin ini masih digunakan oleh Angkatan Darat Rusia dan sebagian besar negara bekas Uni Soviet.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Pz-68)

Senapan Mesin Ringan/Light Machine Gun
RPK - 74 (Ruchnoy Pulemyot Kalashnikova) - 74
militerbanget.blogspot.com

RPK-74 adalah senjata dengan mekanisme gas operated yang dapat menembak secara semi otomatis dan otomatis. Larasnya yang berat dilapisi krom sehingga memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi, tetapi sayangnya laras ini tidak dapat diganti di lapangan sehingga sangat membatasi laju tembakan runtun atau tembakan otomatis. RPK menerapkan mekanisme penembakan dari closed, rotating bolt, sehingga memiliki nilai akurasi yang cukup memadai. Karena senapan ini memiliki kemiripan internal maupun eksternal denga nak-74, banyak bagian yang dapat dipertukarkan dengan senapan serbu AK-74.

Demikianlah artikel tentang Senapan Mesin Ringan RPK - 74 (Ruchnoy Pulemyot Kalashnikova - Senapan Mesin Genggam Kalashnikov), AK-74 Versi Senapan Mesin (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “Senapan Mesin Ringan RPK - 74 (Ruchnoy Pulemyot Kalashnikova - Senapan Mesin Genggam Kalashnikov), AK-74 Versi Senapan Mesin (Bagian Kedua)", semoga rekan-rekan dapat terhibur.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar