Senin, 08 Januari 2024

Senapan Mesin Ringan / Light Machine Gun RPK-16, Senapan Mesin Ringan dengan Segudang Kelebihan (Bagian Pertama)


Senapan Mesin Ringan/light Machine Gun
RPK-16
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin 8 Januari 2024

Artikel kali ini yang akan kita bahas adalah senapan mesin ringan alias light machine gun racikan dari Rusia. Senapan mesin ringan ini dirancang utuk menggantikan posisi dari senapan mesin ringan RPK-74 yang dirasa sudah kurang sesuai dengan tuntutan perang modern. Dengan mengambil bentuk yang ringkas, serta mengaplikasikan sistem modular (walaupun hanya sebagian), terbukti senapan mesin ringan ini mampu membabtiskan diri ssebagai salah satu senapan mesin ringan terbaik di dunia. Tanpa berpanjang lebar lagi, ini adalah artikel singkatnya:

Senapan mesin ringan (light machine gun) RPK-16 dirancang oleh perusahaan swasta yaitu Kalashnikov Concern. Senjata ini dirancang dan digadang-gadang untuk menggantikan posisi senapan mesin ringan RPK-74. Pihak perancang menuturkan bahwa RPK-16 tidak hanya ditujukan untuk digunakan oleh Angkatan Darat Rusia saja melainkan juga ditujukan untuk pasukan yang membutuhkan suatu senapan mesin yang ringkas dan kompak (seperti pasukan khusus). 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - T-72)

Senapan Mesin Ringan/light Machine Gun
RPK-16
militerbanget.blogspot.com

Secara umum, senjata ini bukanlah desain yang benar-benar baru, melainkan variasi lain atau modifikasi dari salah satu seri senapan serbu Kalashnikov, yaitu senapan serbu AK-12. RPK-16 saat ini telah diuji oleh Kementerian Pertahanan Rusia. Pada tahun 2018 pihak kementrian pertahanan Rusia telah menandatangani kontrak pengadaan RPK-16, namun sepertinya senapan mesin ini hanya diproduksi dalam jumlah kecil. 

Kementerian Pertahanan Rusia sangat tertarik dengan beberapa fitur yang ada pada senjata ini, salah satunya adalah rate of fire yang tinggi. Kemudian pihak militer Rusia mengeluarkan persyaratan untuk senapan mesin ringan yang harus dapat mengadopsi pasokan amunisi dengan sabuk, yang kemudian muncul dalam bentuk senapan mesin ringan RPL-20.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber - Vickers Valiant)

Senapan Mesin Ringan/light Machine Gun
RPK-16
militerbanget.blogspot.com

Senjata ini menggununakan amunisi perantara kaliber 5,45x39 mm. Amunisi ini sama dengan yang digunakan untuk senapan mesin ringan RPK-74, serta senapan serbu Angkatan Darat Rusia (saat ini).

RPK-16 dirancang dengan desain semi modular Dimana larasnya dapat diganti sesuai dengan kebutuhan lapangan. Senjata ini dapat mengadopsi dua tipe laras, yaitu laras denan panjang 415 mm dan 580 mm. 

Demikianlah artikel tentang Senapan Mesin Ringan / Light Machine Gun RPK-16, Senapan Mesin Ringan dengan Segudang Kelebihan (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “Senapan Mesin Ringan / Light Machine Gun RPK-16, Senapan Mesin Ringan dengan Segudang Kelebihan (Bagian Kedua)", semoga rekan-rekan dapat terhibur.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar