Kamis, 17 Agustus 2023

Sang Pelopor Senapan Serbu Modern dari Jerman, Stg 44 (Sturmgewehr 44) - Bagian Kelima


Senapan Serbu / Assault Rifle
Sturmgewehr 44 (Stg 44)
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Kamis, 17 Agustus 2023

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya tentang satu jenis alutsista dari jenis senapan serbu (assault rifle) racikan dari Jerman yang muncul pada saat Perang Dunia II menjelang berakhir. Senapan serbu ini boleh dikatakan sebagai sang pionir atau pelopor dalam dunia senapan serbu modern. Walaupun senjata ini punya segudang kelebihan dan memiliki potensi yang sangat tinggi, sayangnya, kehadirannya begitu terlambat sehingga tak dapat menghindarkan Jerman dari kekalahan. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian keempat dengan judul: "Sang Pelopor Senapan Serbu Modern dari Jerman, Stg 44 (Sturmgewehr 44) - Bagian Keempat", dan ini adalah artikelnya:

Senapan Serbu / Assault Rifle
Sturmgewehr 44 (Stg 44)
militerbanget.blogspot.com

Varian


MKb 42

Purwarupa untuk varian awal.

MP-43

Model untuk jalur produksi. Awalnya, varian ini ditetapkan sebagai "Maschinepistole" ('MP', untuk senapan mesin ringan).

MP-44 

Merupakan varian peningkatan atau modernisasi dari MP-43, dan model produksi definitif. Nantinya varian ini  akan dilabel ulang sebagai StG-44.
Krummlauf (attachment). 
Varian dengan bentuk laras yang melengkung yang dapat dilepas pasang, memungkinkan StG-44 untuk menembak di sekitar sudut tanpa mengekspos operator. Varian ini dirancang untuk digunakan di dalam kendaraan lapis baja, tetapi juga dapat digunakan sebagai komponen yang berdiri sendiri.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber - B-29 Superfortress)

Gerat 06

Varian senjata dengan komponen dan mengadopsi beberapa kelebihan dari senapan mesin MP-43, StG-44, dan MG-42. Varian ini tidak diproduksi selain versi purwarupanya.

CB-51

Merupakan varian Spanyol dari StG-44. Beberapa varian dikembangkan, dengan berbagai kaliber amunisi seperti 7,92x33 mm, 7,92x40 mm, dan 7,62x51 mm. Tidak masuk produksi.

Franchi LF-59

Senapan serbu racikan Italia yang memanfaatkan system operasi dan beberapa komponen lain dari StG-44. Versi karabin, LF-58, juga dikembangkan. Tidak ada yang masuk jalur produksi

M44

Identifikasi senapan Stg 44 yang digunakan oleh Angkatan Darat Yugoslavia.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - Accuracy International AW-50)

StG 45

Sebuah varian sederhana yang dikembangkan pada tahun 1945 yang memiliki mekanisme penembakan blowback dengan delay roller. Varian ini kemudian memengaruhi senapan CETME Modelo A Spanyol dan kemudian Heckler & Koch G3.

Beberapa reproduksi untuk sipil juga diproduksi, meskipun semua ini tidak memiliki kemampuan menembak selektif, dan tidak dipasarkan untuk penggunaan militer.

Senapan Serbu / Assault Rifle
Sturmgewehr 44 (Stg 44)
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Senapan Serbu Stg 44 (Sturmgewehr 44)


Asal negara: Jerman
Operasional aktif: 1944
Kaliber: 7,92 x 33 mm (Kurz)
Berat (kosong): 5,2 kg
Panjang: 940 mm
Panjang laras: 419 mm
V’o meninggalkan laras: 650 m/s
Laju tembakan maksimum: 500 rpm
Laju tembakan terkontrol: 40 - 100 rpm
Kapasitas magasen: 30 peluru
Jarak bidik efektif: 800 m
Jangkauan tembakan efektif: sekitar 200 m

Demikianlah artikel yang berjudul "Sang Pelopor Senapan Serbu Modern dari Jerman, Stg 44 (Sturmgewehr 44) - Bagian Kelima", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar