Senin, 10 Juli 2023

Si “Aneh” English Electric Lightning, Pesawat Penyergap Mach 2 Inggris yang Terakhir (Bagian Kedua)


Pesawat Tempur/Sergap
English Electric Lighting
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 10 Juli 2023

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya tentang satu jenis alutsista dari spesies pesawat penyergap racikan dari Inggris era Perang Dingin. Pesawat penyergap ini lahir di era Perang Dingin antara Blok Barat dengan Blok Timur. Dirancang dengan tugas khusus, yaitu menyergap pesawat pembom strategis Blok Timur dan juga pesawat-pesawat pembom taktis yang berpangkalan di perbatasan. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian pertama dengan judul: "Si “Aneh” English Electric Lightning, Pesawat Penyergap Mach 2 Inggris yang Terakhir (Bagian Pertama)", dan ini adalah artikelnya:

Pesawat Tempur/Sergap
English Electric Lighting
militerbanget.blogspot.com

Namun proyek tersebut mengalami pukulan besar, ketika kepala tim design, Petter tiba-tiba mengundurkan diri pada bulan Desember 1949 setelah tuntutannya untuk otonomi yang lebih besar untuk Tim Desainnya tidak dipenuhi. Freddie Page mengambil alih sebagai Pemimpin Tim Desain untuk English Electric P.1, yang mana Ministry of Supply (Kementerian Pasokan) telah mengajukan syarat tambahan yang diberi nama Spesifikasi F23/49 dan kemudian memperluas cakupan ER103, untuk memasukkan manuver tingkat tempur sebagai syarat tambahan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Euro Hawk)

Pesawat Tempur/Sergap
English Electric Lighting
militerbanget.blogspot.com

Pada tanggal 1 April 1950, English Electric kemudian menerima kontrak resmi untuk pengadaan dua unit pesawat terbang dan satu unit pesawat untuk uji statis di darat.

Pesawat Tempur/Sergap
English Electric Lighting
militerbanget.blogspot.com

Ahli aerodinamika di pemerintahan yang dipimpin Royal Aircraft Establishment (RAE) sangat skeptis dengan konsep sayap menyapu sehingga Short Brothers di Belfast dikontrak untuk memproduksi pesawat uji Short SB.5. Pesawat uji ini diproduksi antara tahun 1950 - 52, Short SB.5 adalah untuk menguji design sayap dan tailplane pada saat pesawat melakukan penerbangan. Pesawat uji ini tergolong unik, karena dirancang dan diproduksi secara khusus untuk dapat melakukan berbagai uji design sayap dan ekor, menggunakan system lepas pasang. 

Setelah menguji berbagai konfigurasi sayap dan ekor, pada tanggal 2 Desember 1952 disepakati bahwa spesifikasi sapuan sayap 60 derajat rancangan dari Petter memang yang paling efektif dan paling sesuai.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - OF-40)

Pesawat Tempur/Sergap
English Electric Lighting
militerbanget.blogspot.com

Desain sayap English Electric P.1, dikombinasikan dengan 2 x mesin Rolls-Royce Avon yang dikonfigurasi dalam susunan stack-staggered yang unik, menghasilkan pesawat dengan kemampuan kecepatan Mach 2. Selain itu, konfigurasi posisi mesin bertingkat seperti ini dapat memberikan kekuatan yang cukup sehingga pesawat dapat memiliki laju menanjak yang tak tertandingi. yang sering digambarkan sebagai 'seorang pilot yang duduk di atas dua roket'. Namun perlu dicatat bahwa penerbangan awal P.1 menggunakan mesin Armstrong Siddeley Sapphire yang tidak dilengkapi dengan fitur afterburner karena keterlambatan dalam program pengembangan mesin Avon.

Demikianlah artikel yang berjudul "Si “Aneh” English Electric Lightning, Pesawat Penyergap Mach 2 Inggris yang Terakhir (Bagian Kedua)", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar