Rabu, 17 Mei 2023

Senapan Serbu Beretta BM-59, Senjata "Italia" Penantang Kedigdayaan M-14 (Bagian Pertama)


Senapan Serbu (Otomatis) Berreta BM-59
militerbanget.blogspot.com

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, Rabu, 17 Mei 2023

Beretta BM-59 adalah senapan serbu otomatis lansiran Italia yang pertama yang berhasil masuk ke dalam fase operasional. Senapan serbu ini merupakan pengembangan dari senapan semi otomatis Springfield Armory M1 Garand yang sudah sangat kesohor serta memiliki populasi yang sangat besar. Kehadiran senapan BM-59 ini sekaligus sebagai alternatif selain dari M14 (yang juga merupakan produk dari Springield Armory), yang uniknya, merupakan pengembangan dari M1 Garand.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Perusak / Tank Destroyer - M56 Scorpion)

Senapan Serbu (Otomatis) Berreta BM-59
militerbanget.blogspot.com

Asal usul BM-59 berawal dari akuisisi Beretta atas lisensi untuk memproduksi senapan Springfield Armory M1 Garand selama tahun 1950-an, yang pada saat itu merupakan senjata organic standar yang paling banyak digunakan oleh personel militer negara-negara yang tergabung dalam NATO. Mirisnya lagi, sebagian besar M1 Garand yang digunakan personel di Eropa adalah senjata "hand-me-downs" alias lungsuran dari Amerika Serikat, dan banyak dari M1 ini yang sudah usang karena digunakan dalam Perang Dunia II. 

Senapan Serbu (Otomatis) Berreta BM-59
militerbanget.blogspot.com

Setelah Perang Dunia II usai, produksi M1 di AS langsung menurun. Penurunan produksi ini  untungnya tidak serta merta berpengaruh pada pasokan senata di NATO, karena kekurangan produksi tersebut segera ditutupi oleh produksi dari negara-negara di Eropa, termasuk Italia. Banyak M1 Garand produksi Beretta juga diekspor ke negara-negara NATO lainnya, dan bahkan negara-negara diluar NATO, seperti Argentina dan Indonesia, dan kualitas senjata ini secara efektif membangun kembali reputasi Beretta sebagai produsen senjata api kelas satu.

Walaupun kehadiran M1 Garand mampu meningkatkan kecepatan modernisasi militer NATO, M1 ini juga dengan cepat menjadi usang terhadap perubahan jaman. Pada akhir 1950-an Angkatan Darat Italia telah mengidentifikasi kebutuhan akan senapan standar organic yang baru dengan kapasitas magasen yang lebih besar dan kemampuan menembak selektif. Beberapa contoh senapan serbu diserahkan ke Angkatan Darat Italia, dan setelah melalui proses eliminasi, kandidat mengerucut menjadi dua. Ironisnya, keduanya adalah salinan senjata yang berasal dari negara lain.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Aircraft - Douglas B-18 Bolo)

Senapan Serbu (Otomatis) Berreta BM-59
militerbanget.blogspot.com

LF-59 Franchi merupakan salinan FN FAL yang dimodifikasi, sedangkan BM-59 Beretta yang dirancang oleh Domenico Salza merupakan peningkatan atau modernisasi langsung dari M1 Garand itu sendiri. Karena stok Garands M1 sudah ada, jalur produksi pabrikan Beretta yang sudah rapi dan lengkap, biaya pengembangan yang rendah, karena BM-59 hanya mengubah senapan yang sudah dimiliki Italia (berlawanan dengan menyiapkan produksi untuk FAL, yang untuk industri senjata api Italia adalah senapan yang sama sekali baru), BM-59 sudah jelas menjadi pemenang, dan seperti yang direncanakan, senjata tersebut masuk ke jalur produksi pada tahun 1959 (maka "59" di BM-59).

Demikianlah artikel tentang Senapan Serbu Beretta BM-59, Senjata "Italia" Penantang Kedigdayaan M-14 (Bagian Pertama), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Artikel ini bersambung ke bagian kedua, dengan judul artikel: "Senapan Serbu Beretta BM-59, Senjata "Italia" Penantang Kedigdayaan M-14 (Bagian Kedua)".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber  

1. Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar