Kamis, 11 Mei 2023

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Keempat)


Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antierilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, Kamis, 11 Mei 2023

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya yang mengulas tentang tentang satu jenis pesawat serang darat, sekaligus berfungsi sebagai pesawat anti perang gerilya. Pesawat lansiran Argentina ini boleh dibilang "battle proven", alias sudah teruji dalam perang. Walaupun prestasi pesawat ini kurang begitu membanggakan, tetapi kehadiran pesawat ini cukup menjadi batu sandungan bagi pihak lawan. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian ketiga dengan judul: "Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Ketiga)", dan inilah artikelnya:

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antierilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Sejarah Operasional 

Unit pertama pesawat Pucara dikirim pada Mei 1975 ke Angkatan Udara Argentina (Spanyol: Fuerza Aérea Argentina, FAA), melengkapi 2th Escuadron de Exploración y Ataque, bagian dari Brigade Udara ke-3 (bahasa Spanyol: III Brigada Aérea) di Reconquista utara, Provinsi Santa Fe. Mereka melakukan debut operasional mereka di akhir tahun 1975, ketika sejumlah Pucará melakukan serangan anti pemberontak dari Córdoba melawan gerilyawan ERP Komunis di Provinsi Tucuman sebagai bagian dari Operativo Independencia.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Light Fighter-multirole Aircraft/Pesawat Tempur/multi peran Ringan Jet Hawk 200)

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antierilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Perang Falklands (Perang Malvinas) - 1982

Pada saat Perang Malvinas, sekitar 60 unit Pucarás telah dikirim sebagai bagian dari militer Argentina yang berpangkalan di pulau Malvinas. Pesawat ini dipilih karena landasan pacu di Bandara Port Stanley ternyata tidak cukup panjang untuk pesawat A-4 Skyhawk dan Mirage yang tadinya akan dikerahkan. Empat unit pesawat tiba di Port Stanley pada 2 April 1982, dan delapan unit selanjutnya tiba pada 9 April. Banyak Pucarás yang tersisa di daratan dipindahkan ke Puerto Santa Cruz atau Comodoro Rivadavia di Argentina selatan di mana mereka lebih dekat ke Falklands jika diperlukan untuk bala bantuan, dan digunakan untuk melakukan pengawasan pantai. 

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antierilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Sebagian besar pesawat yang digunakan dalam pertempuran dipersenjatai dengan bom tanpa pemandu/penuntun (bom jatuh bebas), pod roket kaliber 2,75 inci, atau pod senapan mesin kaliber 7,62mm. Pucarás beroperasi dari bandara Port Stanley dan dua lapangan terbang darurat di Goose Green dan Pebble Island.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - A27M Cruiser Tank Mark VIII Cromwell)

Pada perang tersebut, tiga unit pesawat Pucarás dihancurkan dan salah satu pilot mereka terbunuh di Goose Green oleh bom curah (cluster bom) yang dijatuhkan oleh 800 NAS Sea Harriers pada 1 Mei 1982. Enam lainnya hancur dalam Serangan SAS di Pebble Island pada 15 Mei 1982. 

Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency-Antierilya)
FMA IA 58 Pucara
militerbanget.blogspot.com

Pada tanggal 21 Mei satu unit pesawat Pucará ditembak jatuh oleh rudal Stinger SAM yang ditembakkan oleh D Squadron SAS (Stinger pertama yan diluncurkan dalam pertempuran) dan satu unit lagi ditembak jatuh dengan meriam kaliber 30mm dari pesawat Royal Navy Sea Harrier yang diawaki oleh Cmdr Nigel Ward, yang terakhir setelah memimpin serangan dua pesawat yang sukses di sebuah gudang yang diduga digunakan sebagai pos pengamatan oleh pasukan Inggris. Pesawat itu sangat kuat, ketika Ward mengamati bahwa pesawat Pucara ini baru jatuh setelah dihajar 20 tembakan meriam kaliber 30mm tersebut

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Keempat), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Artikel ini bersambung ke bagian kelima, dengan judul artikel: "Pesawat Tempur COIN (COunter Insurgency – antigerilya) FMA IA 58 Pucará (Bagian Kelima)".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber  

1. Wikipedia
2. PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar