Selasa, 22 Desember 2020

Pesawat Tempur / Fighter Aircraft JET MiG-21 (Fishbed) Bagian 2



Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Rabu, 16 Desember 2020

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya; "Pesawat Tempur / Fighter Aircraft JET MiG-21 (Fishbed) Bagian 1"

Kendati tergolong sebagai sebagai pesawat tempur yang tangguh dan bandel dengan kecepatan Mach 2, secara otomatis akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakarnya. MiG-21 hanya sanggup terbang selama 1,5 jam dan setelah itu harus turun lagi untuk mengisi bahan bakar. Bahan bakar pada tangki utama MiG-21 sebanyak 1.470 liter dan pada tangki cadangan sebanyak 490 liter. Oleh karena itu, pada saat Presiden Soekarno berkuasa, pernah ada kejadian yang terbilang "mengesankan". MiG-21 yang sudah pada posisi terbang untuk berparade, terpaksa harus segera mendarat karena tak sanggup menunggu pidato Presiden Soekarno yang hobi berpidato berjam-jam itu.


Kisah lain seputar keterbatasan bahan bakar ini juga mengalir dari sejumlah penerbang TNI Angkatan Udara yang pernah mengoperasikan MiG-21. Banyak penerbang mengalami kejadian yang membuat jantung seperti mau copot, karena begitu MiG-21 ini mendarat, mesinnya seketika mati karena bahan bakar di tangki habis. 

Namun sebenarnya kejadian seperti itu tidaklah mengherankan. Karena jika dilihat dari fungsinya sebagai pesawat penyergap dan ini dibuktikan dari bentuk sayapnya yang tipis, kehabisan bahan bakar seharusnya dilihat sebagai kesalahan dari bagian perencana operasi, salah sendiri, kenapa pesawat pencegat dibawa patroli sampai jauh!


Dibandingkan dengan pesawat tempur Amerika Serikat, MiG-21 juga boleh dikatakan tertinggal dalam hal kemampuan radar. AS bahkan menjuluki radar MiG-21 sebagai radar jadul “JayBird”. Radar milik MiG-21 hanya sanggup menjejak posisi pesawat musuh sejauh 20 mil (sekitar 35 km), sehingga fungsinya sebagai pesawat penyergap menjadi kurang maksimal. Untuk mendeteksi lawan, pilot lebih mengutamakan pandangan visual dan dalam hal ini, kemampuan pilot jelas sangat tergantung oleh kondisi cuaca.


Persenjataan

Sebagai pesawat penyergap paling efektif, MiG-21 dibekali persenjataan yang lengkap, mulai dari senapan mesin, rudal, roket, dan berbagai jenis bom. Persenjataan itu diantaranya AA2-2 advanced atoll radar guide air to air missile, tabung roket UB-16-57, roket 57mm, bom 500 kg mulai dari bom napalm, nuklir, kimia, dan lainnya. Juga dibekali 490 liter drop tank, 800 liter dan 1.300 liter tangka lainnya, kanon GP-9 pack (Gsh-23mm gun), 23mm ammunition, perangkat perintai yang terdiri dari kamera tiga dimensi, IR Line scan printer dan ECM chaff dispenser, AA-8 Aphid IR homing air to air missile, AA-2 Atoll IR homing air to air missile, dan ECM jammer pod.


Pada dasarnya persenjataan yang dipasang pada MiG-21 bersifat fleksibel karena senjata produk Barat sekalipun bisa diterapkan. Sebagai contoh, pada tahun 1982, AU Mesir sukses memodifikasi persenjataan pesawat MiG-21 dengan senjata produksi barat seperti rudal AIM-9P3 Sidewinder dan Emerson APQ-159 radar. Armada pesawat MiG-21 milik India bahkan sukses mengadopsi radar buatan Inggris yang biasa dipasang pada Sea Harrier FRS 1, Red Fox, sehingga kemampuan MiG-21 hasil modifikasi ini menjadi meningkat.


Sedangkan perangkat avionic dan senjata yang dipasangkan di fuselage luar antara lain canon GsH-23, pilon tengah kapasitas 500 kg, pilon sayap dalam kapasitas 250 kg, pilon sayap luar, radar, antenna IFF, ruang avionik utama, antenna HF, ILS, antenna radar altimeter,VHF/UHF, RWR (radar warning receiver), dan system data link dan VHF.


Catatan Pertempuran

Setelah dibeli oleh sejumlah negara, MiG-21 langsung diterjunkan dalam berbagai pertempuran besar seperti perang Vietnam, Timur Tengah, India-Pakistan, Yugoslavia dan Afrika. Di medan perang Vietnam, Bersama rekannya MiG-17 dan MiG-19, MiG-21 bertugas menyergap pembom AS, B-52 Stratofortress, yang sedang melancarkan operation Linebaker II. F-4 Phantom AS yang berusaha menahan sergapan MiG-21 banyak mengalami kesulitan karena kemampuan manuver MiG-21 ternyata lebih unggul. 


Pilot-pilot pesawat F-4 kadang mengalami kesulitan mengidentifikasikan MiG-21 karena ukuran dan bentuknya mirip F-4, MiG-21 juga tak meninggalkan jejak asap. Untuk menghindari salah tembak, pilot-pilot F-4 AS sampai diperintahkan untuk berhati-hati dan hanya boleh melepaskan rudalnya jika sasarannya betul-betul pesawat MiG-21.

Artikel oleh: Tuntas Trisunu


Sumber : 
Edisi Koleksi Angkasa “The Most Famous Jet Fighter” & Wikipedia
Beberapa sumber lain

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar