Jumat, 14 Februari 2020

Pesawat Pembom Taktis / Tactical Bomber Convair B-58 Hustler Bagian 2


Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Serpong, Tangerang, Banten, Jum'at, 14 Februari 2020

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya yang mengulas tentang satu jenis alutsista dari jenis pesawat pembom taktis atau tactical bomber dari Amerika Serikat. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian pertama dengan judul "Pesawat Pembom Taktis / Tactical Bomber Convair B-58 Hustler Bagian 1". Dan inilah artikelnya:

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

B-58 membukukan banyak rekor kecepatan sekaligus dapat terbang non stop selama 20 jam mengelilingi dunia dengan pengisian bahan bakar di udara dari pesawat tanker. Sayangnya, jarak jelajah efektif pesawat B-58 ini akan turun secara drastis apabila harus melaksanakan misi pemboman taktis di elevasi rendah. 

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Ironisnya, teknologi yang dibenamkan pada misil anti pesawat milik Uni Soviet semakin lama semakin canggih dan modern. Bahkan pesawat pembom yang berkecepatan tinggi dan mampu terbang dengan elevasi yang juga sangat tinggi tidak dapat menghindar dari sergapan misil-misil ini.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber - HE-111 (HEINKEL))

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Untuk mensiasati hal tersebut, pesawat B-58 terpaksa mengganti taktik dan pelatihannya secara efektif, menyusup pertahanan udara Uni Soviet dengan cara terbang rendah mengikuti kontur permukaan untuk menghindari tangkapan radar. Tapi taktik seperti ini memiiki efek yang cukup merugikan, yaitu pesawat harus terbang dalam kepadatan udara yang tinggi, sehingga mesin harus kerja keras dan akibatnya, mengurangi jarak terbang.

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Masih menurut satu catatan yang valid, sebanyak 86 unit B-58 Hustler dioperasikan oleh Strategic Air Command pada tahun 1960, tetapi kemudian pesawat ini dipensiunkan setelah 10 tahun operasional. Beberapa alasannya adalah, biaya operasional dan perawatan yang sangat tinggi, terbatas ruang lingkup operasinya, dan rancangan pesawat ini juga terbilang sangat spesifik sehingga terbatas kemungkinannya untuk dikembangkan lebih lanjut.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun PPS-42/43 (Pistolet Pulemyot Sudayeva-42)) 

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Ada satu cerita menarik dari pesawat B-58 ini. Pada saat pesawat ini masih dalam tahap perancangan di meja gambar, pihak perancang telah memikirkan dan mulai menjajaki versi angkut penumpang untuk pesawat ini. Untuk versi angkut penumpang, badan pesawat ini akan diperlebar sehingga mampu menampung 52 penumpang. Seandainya rencana ini terwujud, tentu saja pesawat ini akan menjadi pesawat penumpang tercepat yang pernah ada.

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Taktis / Tactical Bomber Convair B-58 Hustler


Asal Negara: Amerika Serikat
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Taktis 4 mesin jet
Terbang Perdana: 11 November 1956  
Kru: 3 orang  
Bobot: 25.224 kg (Kosong), MTOW: 74.002 kg

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Dimensi 

Panjang Pesawat: 17,32 m 
Bentangan sayap: 29,49 m
Tinggi: 9.58 m
Wing Area: 143.35m2

Persenjataan:

1 X Meriam kaliber 20mm di ekor.
Muatan bom (termasuk pod) sampai dengan 8.830 kg

Mesin: 

4 X General Electric 7.082 kg/15.600 lb afterburning thrust J79-5B turbojets

Performa

Kecepatan maksimum: 2.128 km/jam
Ketinggian maksimum: 19.950 m
Kecepatan menanjak: 5.310 m/menit
Jarak jelajah maksimum: 8.248 km 

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar