Kamis, 13 Februari 2020

Pesawat Pembom Taktis / Tactical Bomber Convair B-58 Hustler Bagian 1


Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Radio Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta, Jum'at, 13 Februari 2020

Pesawat pembom supersonic dengan konfigurasi sayap berbentuk delta, B-58 dirancang sebagai pengganti untuk pesawat pembom B-47 yang sudah operasional sebelumnya (baca juga artikel tentang B-47 di sini). Purwarupa dari pesawat B-58 terban
Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

g pertama kali pada tanggal 11 November 1956, dan pesawat ini berhasil terbang dengan kecepatan melebihi kecepatan suara pada tanggal 30 Desember di tahun yang sama.

Menurut sumber resmi, total ada 116 unit pesawat B-58 yang diproduksi, termasuk 30 unit sebagai pesawat uji dan pra produksi. Pesawat pembom ini mulai operasional secara aktif pada tahun 1960, sekaligus menjadi salah satu bagian dari armada dalam Strategic Air Command, dan menisbatkan dirinya sebagai pesawat pembom supersonic pertama di dunia yang operasional.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank T1 & T2)

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Pada awalnya, B-58 dirancang untuk beberapa keperluan yang terbilang luar biasa, dan para perancang pesawat pada waktu itu berusaha keras untuk memenuhi tuntutan ini. Tuntutan atau persyaratan itu diantaranya, pesawat harus dapat terbang dengan kecepatan dua kali kecepatan suara (dan jika berhasil, maka pesawat ini akan menjadi pesawat pembom pertama yang memiliki kecepatan itu) di elevasi yang tinggi, mampu membawa dan menjatuhkan bom nuklir dengan akurasi yang tinggi. Dan harus memiliki jejak radar yang sekecil mungin agar tidak mudah dideteksi oleh pihak lawan.

Pesawat ini, baik itu pesawat maupun persenjataan yang dibawanya, untuk pertama kalinya merupakan sistem yang terkait satu sama lain dan pabrikan Convair bertanggung jawab untuk mensinergikan atau memadukannya dengan baik. Proses ini membutuhkan waktu lama sehingga pengembangan pesawat ini mundur dari jadwal yang telah ditetapkan.

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Banyak fitur yang boleh dikatakan “yang pertama” yang diterapkan pada B-58 Hustler. Pesawat pembom ini merupakan pesawat pertama yang memiliki panel sayap dan juga bagian badan yang terbuat dari honeycomb sandwich skin dari material baja tahan karat dan tahan terhadap panas yang tinggi. 

Pesawat ini juga menjadi pesawat pembom yang memiliki pod persenjataan yang dilepaskan setelah melepaskan bom. B-58 ini merupakan pesawat supersonic pertama yang memliki mesin terpasang di pod di bawah sayap delta yang berdimensi sangat tipis dengan sudut sayung yang sangat ekstrem, yaitu 60 derajat.

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini memiliki kru yang terdiri atas pilot, navigator, dan operator system/instrument defensive yang duduk secara tandem. Setiap awak pesawat dilengkapi dengan fitur kursi pelontar yang berbentuk kapsul. Konfigurasi bentuk kapsul ini diperlukan karena mampu melindungi keselamatan kru pada saat harus melontar pada kecepatan supersonic. Sistem pelontar kapsul di elevasi tinggi dan kecepatan yang juga tinggi ini mampu menjamin keselamatan kru pada saat pesawat B-58 ini terbang dengan kecepatan supersonic di elevasi 70.000 kaki.

Kapsul kru ini tertutup rapat dan kedap udara, dilengkapi dengan sistem udara bertekanan dan pasokan oksigen mandiri. Kru dapat melontar dalam kapsul atau melontar dari dalam kapsul apabila kapsul tersebut kehilangan tekanan udara dan pasokan oksigen saat B-58 terbang di kecepatan rendah dan elevasi rendah. 

Kapsul untuk pilot dilengkapi dengan tuas kemudi dan instrument lain yang memungkinkan si pilot untuk terus mengendalikan pesawat dari dalam kapsul. Setelah terlontar, kapsul turun ke darat dengan parasut dan memliki shock absorber atau peredam benturan agar kapsul dapat mendarat dengan aman. Apabila jatuh di air, kapsul kedap air ini akan mengapung lalu mengembangkan pelampung sehingga kapsul ini dapat menjadi sekoci penyelamat.

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Body pesawat B-58 ini sangat langsing sehingga tidak dapat dilengkapi dengan kompartment bom atau ruang bom. Untuk itu, pesawat ini dipasang dengan pod persenjataan berukuran besar yang berbentuk aerodinamis yang dilekatkan di bawah badan. Pod tersebut berisi bahan bakar, bom nuklir, dan juga peralatan intai. 

Apabila pod tersebut tidak dipasang, maka secara profil, pesawat B-58 memiliki kaki roda yang jangkung. Empat unit bom dapat dibawa di bawah sayap apabila pod senjata tidak dipasang. Tetapi, karena dalam pod ini juga ditempatkan bahan bakar cadangan, maka apabila pod ini tidak dipasang, jarak jelajah efektif B-58 akan menurun secara drastis.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber - HE-111 (HEINKEL))

Pesawat Pembom Taktis/Tactical Bomber
Convair B-58 Hustler
militerbanget.blogspot.com

Walaupun B-58 memiliki jarak jelajah yang lebih jauh dibandingkan dengan B-47, tetapi tetap saja, B-58 memerlukan pangkalan udara di garis depan agar dapat menjangkau obyek strategis dalam wilayah Uni Soviet. Alternatifnya seluruh versi pesawat pembom ini dilengkapi dengan peralatan pengisi bahan bakar di udara agar jarak jelajah efektifnya bisa lebih jauh. 

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Taktis / Tactical Bomber Convair B-58 Hustler Bagian 1, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul: "Pesawat Pembom Taktis / Tactical Bomber Convair B-58 Hustler Bagian 2".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar