Rabu, 06 November 2019

Tank Tempur Ringan Amfibi / Amphibious Light Tank 2S25 Sprut-SD


Tank Tempur Ringan Amfibi
Amphibious Light Tank 2S25 Sprut-SD
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 6 November 2019

Meskipun 2S25 Sprut-SD disebut oleh Rusia sebagai self-propelled gun atau tank destroyer, tetapi, sebenarnya alut sista ini adalah tank ringan dalam artian yang sebenarnya. Sprut-SD dirancang untuk pasukan lintas udara dan pasukan infantri angkatan laut. Tank ringan ini dapat dikatakan sebagai pengganti tank  tempur ringan PT-76 yang sudah mulai menua dan secara teknologi, dapat dikatakan usang. 2S25 Sprut-SD memiliki daya tembak yang dapat disejajarkan dengan Tank Tempur Utama (Main Battle Tank – MBT) modern dan dalam hal ini, mengungguli daya tembak dari kelas tank tempur ringan dan tank perusak. Secara resmi tank tempur ringan ini diadopsi untuk beroperasi pada tahun 2005. Beberapa sumber mengklaim bahwa 50 hingga 75 unit Spruts akan dikirimkan ke unit pasukan lintas udara Rusia.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Serbaguna / Utility Helicopter - Hughes OH-6A Cayuse)

Tank Tempur Ringan Amfibi
Amphibious Light Tank 2S25 Sprut-SD
militerbanget.blogspot.com

Sistem perlindungan terhadap Sprut-SD boleh dikatakan sangat terbatas. Busur depannya memberikan perlindungan terhadap hantaman amunisi kaliber 12,7mm. Sedangkan system proteksi pada bagian tubuhnya yang lain, hanya mampu menahan proyektil dari kaliber kecil atau dari serpihan artileri saja. Walaupun demikian, sistem perlindungan alutsista ini dapat ditingkatkan dengan menambahkan proteksi tambahan berupa add-on armor dan berbagai system penanggulangan/pencegah hantaman proyektil lawan. Kendaraan ini dilengkapi dengan system perlindungan NBC dan system pemadam api otomatis.

Tank Tempur Ringan Amfibi
Amphibious Light Tank 2S25 Sprut-SD
militerbanget.blogspot.com

Sprut-SD dipersenjatai dengan meriam smoothbore kaliber 125mm yang dilengkapi dengan fitur penstabil tembakan, serta dilengkapi juga dengan fitur pengisian otomatis (autoloader). Meriam ini juga dapat digunakan untuk meluncurkan missil anti-tank dengan cara yang sama seperti proyektil biasa. Fitur ini umum untuk semua MBT Rusia yang modern. 

Tank Tempur Ringan Amfibi
Amphibious Light Tank 2S25 Sprut-SD
militerbanget.blogspot.com

Rudal anti-tank berpemandu laser memiliki jangkauan tembakan efektif hingga 5 km. Rudal juga dapat digunakan melawan helikopter yang terbang rendah. Sebanyak 40 butir peluru termasuk misil dapat dibawa untuk meriam utama. Autoloader menampung 22 di antaranya. 2s25 Sprut SD memiliki laju tembakan maksimum sekitar 7 tembakan per menit. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan system pengendali penembakan yang termodern (saat ini).

Selain itu, tank tempur ringan ini dilengkapi dengan persenjataan sekunder terdiri dari satu pucuk senapan mesin kaliber 7,62mm koaksial.

Tank ini memiliki tiga orang awak, termasuk komandan, penembak, dan pengemudi.

Tank Tempur Ringan Amfibi
Amphibious Light Tank 2S25 Sprut-SD
militerbanget.blogspot.com

2S25 Sprut-SD menggunakan sasis modifikasi dari kendaraan tempur lintas udara BMD-3. Tank ini mengusung dapur pacu mesin diesel 2V-06-2S, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar  510 tenaga kuda. Kendaraan ini memiliki fitur suspense hidropneumatik dengan ground clearance yang dapat disesuaikan. Sprut-SD memiliki kemampuan amfibi sepenuhnya. Pada saat tank ini melaju di air, kendaraan ini mengandalkan daya penggeraknya dari dua mesin waterjets. Kendaraan ini mampu berlayar di lautan dengan tingkat gelombang  level 3. 

Tank Tempur Ringan Amfibi
Amphibious Light Tank 2S25 Sprut-SD
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan ini juga dapat menembak dari senjata utama dalam rentang lintasan terbatas pada saat mengapung di laut. Bobot tank tempur ini terbilang ringan, sehingga dapat diangkut melalui udara dengan kru atau awak tank berada di dalam tank tersebut. Ini tentu menjadi kelebihan tersendiri, karena tank ini dapat langsung siap tempur pada saat diterjunkan ke daratan

Tank Tempur Ringan Amfibi
Amphibious Light Tank 2S25 Sprut-SD
militerbanget.blogspot.com

Varian


Sprut-SDM1 adalah versi yang disempurnakan yang menggunakan beberapa teknologi dari kendaraan tempur lintas udara BMD-4M yang baru dan tank tempur utama T-90MS. Sprut-SDM1 dilengkapi dengan system pengendali penembakan yang baru.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan / Light Tank - M41 Bulldog) 

Varian ini memiliki system pembidik yang terbaru, yang merupakan pengembangan dari system pembidik dari tank tempur utama T-90MS. Tank tempur ringan ini ditenagai oleh mesin UTD-29, yang menghasilkan tenaga sebesar 500 hp. Mesin yang sama juga digunakan pada kendaraan tempur lintas udara BMP-3 IFV dan BMD-4M. Mesin ini lebih modern dibandingkan dengan mesin 2V-06-2S asli. Modifikasi dilakukan pada komponen suspensi. Sprut-SDM1 dilengkapi dengan port atau turet senjata tambahan yang dikendalikan dari jarak jauh, dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 7,62mm.

Tank Tempur Ringan Amfibi
Amphibious Light Tank 2S25 Sprut-SD
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Ringan Amfibi / Amphibious light tank 2S25 Sprut-SD


Negara Asal: Rusia
Operasional aktif: 2005
Awak: 3 orang

Dimensi dan berat

Bobot tempur: 18 ton
Panjang (sampai ujung meriam): 7,2 m
Panjang lambung: sekitar 6,5 m
Lebar: 3,2 m
Tinggi: 2,2 m

Persenjataan

Senjata utama:
Meriam Smoothbore kaliber 125mm
ATGW: (opsional)
Senjata sekunder:
1 x Senapan mesin kaliber 7,62mm
Kisaran ketinggian: - 5 hingga + 15 derajat
Radius putar Senjata utama: 360 derajat

Kapasitas amunisi

Senjata utama: 40 peluru
ATGW: (opsional)
Senjata sekunder: 2.000 peluru

Mobilitas

Mesin: 2V-06-2S diesel
Daya mesin: 510 hp
Kecepatan jalan maksimum: 70 km/jam
Kecepatan amfibi di atas air: 10 km/jam
Jarak jelajah: 500 km

Kemampuan manuver

Tanjakan: 60 derajat
Kemiringan samping: 30 derajat
Halangan vertical: 0,9 m
Halangan parit: 1,8 m
Fording Amfibi

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Ringan Amfibi / Amphibious light tank 2S25 Sprut-SD, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu 

Sumber: 
Wikipedia
Beberapa sumber lain

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar