Senin, 04 November 2019

Heavy Sniper Rifle / Senapan Runduk Berat VSKK Vhychlop


Senapan Runduk Berat
Heavy Sniper Rifle - VSKK Vhychlop
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 4 November 2019

Senapan runduk berat VSKK yang merupakan singkatan dari Vintovka Snayper skaya Spetsialnaya Krupnokalibernaya, yang bisa diterjemahkan sebagai senapan runduk khusus dengan kaliber besar, merupakan hasil karya dari biro design KBP. Senapan runduk ini dikembangkan pada tahun 2002 sebagai jawaban atas proposal yang diajukan oleh biro keamanan federal Rusia (FSB). FSB berencana untuk menjadikan senapan runduk berat ini sebagai senapan runduk standar untuk memperkuat tim khususnya atau tim direct action FSB yang dibentuk untuk mengemban misi kontra terorisme dan pasukan anti kejahatan internasional. 

Senapan Runduk Berat
Heavy Sniper Rifle - VSKK Vhychlop
militerbanget.blogspot.com

Jika ditilik dari segi bentuk, senapan runduk VSKK ini menerapkan konfigurasi bullpup dengan tujuan untuk mengurangi dimensi keseluruhan senjata. Bentuk ringkas dan pendek ini tentu saja sangat bermanfaat, terutama dalam kondisi pertempuran urban atau perkotaaan, dimana jarak dalam pertempuran sangatlah sempit dan terbatas. Ada beberapa fitur dari senjata ini, yang membuat senjata ini nyaman untuk digunakan yaitu bantalan pipi dan juga popor yang bisa disesuaikan sesuai dengan kenyamanan operator.


Senapan Runduk Berat
Heavy Sniper Rifle - VSKK Vhychlop
militerbanget.blogspot.com

Diluar dari fitur-fitur standar tersebut, sebenarnya kunci keefektifan dari senapan runduk berat VSKK ini terletak pada tingkat kesenyapan yang ditawarkan. Jika pada senapan runduk berat lain, peredam hanya bersifat fitur tambahan yang dipasang pada ujung laras, VSKK menempuh jalur yang lebih panjang dan rumit, yaitu dengan mengkombinasikan laras dengan peredam integral dan juga peluru kaliber 12.7mm khusus dengan spesifikasi sub sonic, sehingga tingkat kesenyapan senjata ini pada saat ditembakkan bisa mencapai level maksimum. 

Senapan Runduk Berat
Heavy Sniper Rifle - VSKK Vhychlop
militerbanget.blogspot.com

Peluru kaliber 12.7mm spesifikasi subsonic ini adalah peluru khusus yang dibuat dari perunggu dengan berat sekitar 59 – 79 gram, dan memiliki spesifikasi “High Penetrator” alias memiliki kemampuan penetrasi yang tinggi. Sayangnya, sampai dengan ditulisnya artikel ini, masih belum didapat informasi yang valid dan menyeluruh tentang performa maupun spesifikasi 
mengenai peluru 12.7mm ini.

Tetapi, dari berbagai data yang ada, dapat disimpulkan bahwa peluru ini adalah peluru dengan tipe sub kaliber (yaitu memasangkan proyektil dengan selongsong dari tipe kaliber yang lain). Untuk kasus ini, peluru kaliber 12.7mm tersebut dipasangkan dengan selongsong yang berasal dari peluru dengan kaliber yang lebih kecil. Dengan selongsong yang lebih kecil tersebut, otomatis jumlah mesiu yang tersedia hanya cukup untuk melesatkan proyektil pada kecepatan laras (Vo) di kisaran 290 m/s. Pada kecepatan tersebut, lesatan proyektil tidak akan menimbulkan efek “sonic boom” seperti yang umum terjadi pada proyektil dengan Vo yang tinggi.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Serbaguna / Utility Helicopter - Hughes OH-6A Cayuse)

Senapan Runduk Berat
Heavy Sniper Rifle - VSKK Vhychlop
militerbanget.blogspot.com

Walaupun peluru ini memiliki kecepatan lesat yang tergolong rendah, tetapi performa dari peluru ini tidak dapat dianggap enteng. Peluru ini masih memiliki kemampuan untuk menjebol plat baja dengan ketebalan sekitar 16mm dari jarak tembak sekitar 200 meter, ataupun rompi anti peluru Class V Rusia (yang setara dengan Class III standar Amerika Serikat). Sedangkan untuk urusan akurasi, senjata ini tergolong lumayan. Senjata ini masih bisa menghasilkan 1 MOA pada jarak tembak 100 meter. Dengan bobot operasional yang tergolong “ringan” (untuk ukuran senapan runduk berat, tentunya) yaitu sekitar 7 kilogram (sudah termasuk pembidik teleskop dan juga terisi amunisi), dan seabreg kelebihan lain, tentu saja, senapan runduk berat ini menjadi pilihan menarik yang patut dipertimbangkan.   

Senapan Runduk Berat
Heavy Sniper Rifle - VSKK Vhychlop
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Heavy Sniper Rifle / Senapan Runduk Berat VSKK Vhychlop


Asal negara: Rusia
Tahun produksi: 2002
Kaliber peluru: 12.7mm x 108 Whisper
Sistem operasi: Semi otomatis
Panjang keseluruhan : 795 mm 
Panjang Laras: - mm
Bobot kosong: 5,0 kg 
Vo meninggalkan laras: - m/s
Jarak tembak efektif: 1.000 m
Tingkat Akurasi: 1.0 MOA
Kapasitas magaesen: 5 peluru
Harga: - US$

Demikianlah artikel tentang Heavy Sniper Rifle / Senapan Runduk Berat VSKK Vhychlop, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu 

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, 
.50 CAL – LONG RANGE SNIPER RIFLE (“That Goes The Distance)
Wikipedia
Sumber lain

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar