Kamis, 31 Oktober 2019

Tank Tempur Berat / Heavy Tank SMK (Sergei Mironovich Kirov)



Kemayoran, Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2019

Tank SMK (Sergei Mironovich Kirov) adalah tank tempur berat dengan konfigurasi multi turret yang dirancang oleh pimpinan perancang tank Uni Soviet, Kotin pada tahun 1938. Pada awalnya, tank ini dirancang dengan konfigurasi tiga turret, tetapi kemudian, atas beberapa pertimbangan strategis dan taktis, jumlah turetnya lalu dikurangi menjadi dua. 


Tank tempur berat ini diberi kode atau nama T-100 dan SMK (Sergei Mironovich Kirov). Kedua tank tersebut dapat dikatakan sangat identik dan memiliki kesamaan bentuk yang signifikan. Kedua tank tersebut memiliki dua turret dengan spesifikasi sebagai berikut, turret atas memiliki senjata tama berupa meriam kaliber 76.2mm dan memiliki kemampuan berputar secara penuh atau 360 derajat. Sedangkan turet bawah dilengkapi dengan meriam kaliber 45mm, dan turret tersebut hanya mampu berputar separuh lingkaran atau 180 derajat saja.


Heavy tank SMK memiliki bobot tempur sekitar 45 ton, atau 11 ton lebih ringan dibandingkan dengan rekannya, tank T-100. Dilengkapi dengan sistem suspensi dari torsion baru dengan delapan unit sprung independent. Sederet roda jalan (road wheel) terdiri dari 8 unit roda baja berukuran kecil terdapat di setiap sisinya, dan memiliki poros resillent rubber bush dengan empat unit roda penopang track atau return roller pada bagian atasnya.


Rantai atau track dari tank ini didesign baru, memiliki banyak spud (spud adalah bagian dari track logam yang mencuat atau menonjol untuk meningkatkan daya cengkeram). Tank ini memiliki konstruksi yang terbuat dari baja tuang, baik untuk bagian badan maupun turret. Ketebalan maksimum dari lapisan bjanya sampai dengan 60mm, dan dirancang agar kebal terhadap terjangan amunisi anti tank kaliber 37mm, yang merupakan senjata anti tank yang umum pada saat itu.

Beberapa unit dari tank ini sempat digunakan pada saat perang di Finlandia. Sayangnya, justru pada saat perang tersebut, terbukti reputasi tank ini tidak menggembirakan (sebenarnya, kata yang tepat untuk menggambarkan reputasi tank ini adalah "menyedihkan"). Performanya sangat payah, terutama dalam hal manuvernya yang sangat terbatas. Belum lagi daya tembak meriamnya tergolong buruk, dan lapisan proteksinya ternyata tidak sekuat yang direncanakan.

Berdasarkan hasil yang diperoleh pada saat peperangan tersebut, maka kelanjutan tank ini sudah dapat ditebak. Tank ini segera dihentikan produksinya, dan posisinya segera digantikan oleh tank KV-1 yang jauh lebih superior.


Spesifikasi Tank Tempur Berat / Heavy Tank SMK (Sergei Mironovich Kirov)

Asal Negara: Uni Soviet
Mulai bertugas: 1939
Catatan operasional: Winter War
Kru: 7 Orang
Bobot tempur: 45.772 kg / 45,72 ton


Dimensi  
Panjang: 9.66 m  
Tinggi: (over turret hutch) 3,30 m 
Lebar: 3,45 m

Persenjataan  
Senjata utama: 
1 x Meriam kaliber 76mm L11 rifle gun
1 x Meriam kaliber 45mm rifle gun
Senjata sekunder: 
4 x Senapan mesin kaliber 7.62mm 


Armor: Maksimum 16mm
Mesin: AM 34 diesel engine, daya 850 hp.
Rasio daya/berat: 15.5 hp/t
Suspensi: torsion bar
Ground clearance: 0,5 m (1 ft 8 in)
Kapasitas tangki: 1,320 l

Performa  
Kecepatan maksimum: 36 km/jam
Jarak jelajah maksimum: 150 km 

Sumber : ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

tag: #Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar