Jumat, 19 Oktober 2018

Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Vrabac


Pesawat Tanpa Awak "Vrabac"
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at 19 Oktober 2018

Kembali pada ulasan tentang dunia militer, artikel kali ini akan mengulas tentang pesawat nirawak atau pesawat tanpa awak (umum lebih mengenalnya dengan istilah drone) dari salah satu negara di balkan, yaitu Serbia

Karena drone telah menjadi alat operasi militer yang wajib digunakan oleh semua negara adidaya di seluruh dunia. Serbia juga mengikuti tren tersebut dengan menciptakan UAV dengan batas operasional ketinggian rendah, Vrabac (artinya Sparrow atau bajak laut) sebagai alat pengintaian dan pemantauan. Pesawat ini diperkenalkan pada tahun 2008 oleh Angkatan Darat Serbia setelah dirancang oleh Institut Tekhnik Belgrade dan diproduksi dibawah bendera Utva Aviatio Industry.

(Baca juga artikel yang sangat menarik berjudul Tank Tempur Ringan / Light Tank - PzKpfw I) 

Pesawat Tanpa Awak "Vrabac"
militerbanget.blogspot.com

Menurut laporan intelijen yang valid, didapatkan data, kemungkinan lebih dari 50 unit Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Vrabac telah diproduksi sejak tahun 2008.

Sebagai pesawat UAV berukuran kecil, Vrabac juga memiliki kelebihan yang unik karena UAV ini tidak membutuhkan sistem peluncuran dan pendaratan yang mahal. Pesawat ini dapat langsung diluncurkan menggunakan tangan (ditolak atau dilontarkan seperti orang melemparkan lembing/tombak) dan mendarat dengan sistem parasut internal dan bantalan airbag. Bahkan Vrabac dapat diatur dengan mode full light atau Low Light. UAV ini dibekali dengan alat optic modern dan memiliki daya angkut maksimum 1,5 kg. UAV ini sangat kompak dan praktis, memiliki bobot operasional sekitar 5,3 kg.

(Baca juga artikel yang sangat menarik berjudul Tank Tempur Ringan / Light Tank - PzKpfw II) 

Pesawat Tanpa Awak "Vrabac"
militerbanget.blogspot.com

Kerangkanya dibuat dari bahan campuran, sementara mesinnya menghasilkan daya dorong sebesar 350 tenaga kuda untuk memutar propeller berbilah dua yang berada di hidung pesawat. Sayapnya dipasang secara konvensional dan menempel di bagian punggung dengan bagian ujung belakang menekuk ke atas. Bagian empennage sangat tipis dan batang runcingnya menopang ekor vertical tunggal menopang ekor horizontal. Pesawat ini tidak memiliki kaki untuk roda pendarat karena UAV ini menggunakan sistem lepas landas dan mendarat yang unik. Selain peran militer, Vrabac juga dapat digunakan oleh pasukan keamanan untuk mengemban semua jenis misi pengintaian dan pemantauan sipil, termasuk bantuan kemanusiaan.

Pesawat Tanpa Awak "Vrabac"
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Vrabac


Asal Negara: Serbia
Tipe Pesawat: Pesawat Tanpa Awak
Engine: DC electric, 800 W
Propeller: Two blades, graphite composite
Battery: Li-Po 28V, 8000mAh
Wing span: 2.806 m
Wing area: 0.75 m2
Length: 1.94 m
Weight (without payload): 5.5 kg
Maximum payload weight: <1.5 kg
Max takeoff weight: 7 kg
Max speed: 120 km/h
Cruising speed: 61 km/h
Operational altitude (AGL): 300 - 500m
Flight duration: 1+ h1+ h
Launching: Automatic, hand launch
Landing: Automatic, parachute and airbag, Optional: belly landing
Uplink: UHF, frequency-hopping spread spectrum
Downlink: S-band, digital, coded
Guiding: Fully autonomous way points tracking, holding, camera guiding, Emergency and return home mode

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Vrabac, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
1. Pesawat Tanpa Awak 
   Unmanned Aerial Vehicle (UAV)
   Ferdinan Peys
2. Wikipedia Bahasa Indonesia 

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar