Senin, 10 September 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Israeli Military Industries Uzi


Pistol Mitraliur Uzi
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 10 September 2018

Artikel kali ini akan membahas tentang satu alutsista dari spesies Pistol Mitraliur alias Submachine Gun yang menjadi penyelamat pasukan darat Israel, pada saat perang Yom Kipur. Dari beberapa sumber, didapatkan keterangan, bahwa senjata ini merupakan jawaban atas kemampuan gerak cepat pasukan darat Israel dalam menahan laju ofensif pasukan Mesir dan Suriah saat perang besar tersebut. 

Walaupun banyak pihak yang mengatakan kalau Pistol Mitraliur/Submachine Gun ini tidak asli buatan Israel, tetapi  beberapa bagian menjiplak dari beberapa Pistol Mitraliur/Submachine Gun  lain, tetapi harus diakui, Israel mampu mengoptimalkan konfigurasi senjata ini menjadi satu bentuk yang kompak dan juga sangat efektif.


Pistol Mitraliur Uzi
militerbanget.blogspot.com

Senjata racikan Uziel Gal ini mungkin merupakan pistol mitraliur/submachine gun paling fenomenal dalam sejarah dunia. Biarpun diciptakan oleh negeri zionis, pengaruhnya menyebar sampai ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial dan klaim ideologi. 

Dari kelompok teroris dan penegak hukum, negara barat maupun negara negara arab, semua menyukai ukurannya yang kompak dan kecepatan tembaknya yang tinggi. Negara yang punya industri senjata yang mapan seperti Jerman ternyata tak luput mengadopsi Uzi sebagai MP2. Menyusul negara Belanda sebagai negara Eropa pertama yang mengadopsinya pada tahun 1958. 


Pistol Mitraliur Uzi
militerbanget.blogspot.com

Amerika Serikat
sempat mempercayai pistol mitraliur ini sebagai senjata andalan Dinas Rahasia (Secret Service). Ketika terjadi upaya pebunuhan terhadap Presiden Ronald Reagan, salah satu anggota Secret Service langsung mengacungkan Pistol Mitraliur ini.

Padahal kisah Uzi diawali sebagai senjata yang rancang-bangunnya menjiplak dari design Pistol Mitraliur/Submachine Gun milik negara lain. Beberapa sumber menyebut Glauberyt SA63 sebagai inspirasi awal Gal dalam menciptakan Uzi. Dengan fokus menciptakan senjata yang murah dan bisa dengan cepat diproduksi, Gal memilih metode stamping untuk membuat Uzi.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun PM-84/98 Glauberyt) 


Pistol Mitraliur Uzi
militerbanget.blogspot.com

Gagang pistol yang berfungsi sekaligus sebagai rumah magasen berhasil mengurangi dimensi senjata ini. Sementara bolt group dibuat sebagai satu blok yang solid, dengan pengokang ditaruh di bagian atas receiver, namun tak ikut bergerak ketika Uzi ditembakkan. Pistol mitraliur Uzi juga tergolong mudah dirawat. Larasnya bisa dilepas hanya dengan membuka drat yang mengunci laras di bagian depan receiver.

Tidak heran, setiap prajurit Israel bisa dilatih membongkar dan merakit kembali Uzi dengan mata tertutup, bahkan di malam hari. Kekurangan senjata ini hanya satu, kecenderungannya untuk meletus saat jatuh karena pin pemukul (firing pin) yang tergantung bebas. 


Pistol Mitraliur Uzi
militerbanget.blogspot.com

Untungnya, penyempurnaan ditambahkan berupa blok pengaman di belakang gagang (grip), yang harus ditekan bila Uzi hendak ditembakkan. Pada tahun 1982, muncul varian-varian Uzi yang diperkecil seperti mini Uzi dan Micro Uzi, yang lebih sesuai untuk misi pengawalan dan pasukan khusus.

Setelah tersingkir oleh Colt Commando dan hanya digunakan oleh unit garis belakang pasca 1980-an, senjata pertama made in Israel ini akhirnya benar-benar dipensiunkan secara menyeluruh oleh Tzahal (IDF), pada Desember 2003.


Walaupun begitu, tidak diragukan lagi bahwa Uzi akan terus digunakan sampai belasan tahun kedepan oleh pasukan khusus negara-negara yang menyukai bentuknya yang ringkas dan kompak, juga dari segi perawatan dan pengoperasiannya yang mudah.


Pistol Mitraliur Uzi
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun Israeli Military Industries Uzi


Asal negara: Israel
Tahun produksi: 1949
Kaliber peluru: 9x19 mm Para
Sistem operasi: Blowback
Panjang keseluruhan  
Popor terentang: 650mm
Popor terlipat: 470mm
Panjang Laras: 400mm
Bobot kosong: 3,7 kg
Vo meninggalkan laras: - m/s
Jarak tembak efektif: 200 m
Rate of fire: 600 ppm
Kapasitas magasen: 20/25/32/40 peluru (standar)

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Israeli Military Industries Uzi, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar