Selasa, 21 Agustus 2018

Pesawat Patroli Maritim / Maritime Patrol Aircraft (MPA) - Dassault Breguet Atlantique


Pesawat Patroli Maritim Dassault Brequet Atlantique
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 21 Agustus 2018

Kalau dalam artikel sebelumnya, sudah diulas tentang pesawat patroli maritim DASSAULT BREGUET ATLANTIQUE 2 yang menjadi tulang punggung Angkatan Laut Prancis dalam menjaga kedaulatan perairannya dari ancaman asing (dan juga beberapa negara anggota NATO). Pesawat ini didefinisikan sebagai; Pesawat patroli maritim jarak jauh dengan tugas khususnya, yaitu anti-kapal-selam (ASW), anti kapal permukaan (ASSW) dan juga tugas-tugas lainnya, seperti patroli maritim, SAR, pemboman, atau sebagai pemandu bagi pesawat tempur yang akan menyerang.


Maka, artikel kali ini akan mengulas secara singkat, pesawat DASSAULT BREGUET ATLANTIQUE yang merupakan “kakak” dari  DASSAULT BREGUET ATLANTIQUE 2 atau cikal bakalnya.

Pada tahun 1956 NATO menginginkan pesawat patroli maritim yang dapat menjejak dan memburu kapal selam nuklir Uni Soviet untuk menggantikan Lockheed Neptune yang telah termakan usia. 

Sebanyak 14 negara terlibat dalam memproduksi pesawat yang dapat terbang selama 18 jam nonstop dengan kecepatan jelajah 300 knot (atau sekitar 550 km/jam) dan dapat membawa peralatan dan senjata untuk mencari dan menghancurkan kapal selam Uni Soviet

Pesawat Patroli Maritim Dassault Brequet Atlantique
militerbanget.blogspot.com

Dari 25 kandidat, salah satunya Brequet (sekarang Dassault Aviation) menawarkan Atlantic yang nantinya dipesan oleh Prancis (sebanyak 40 Unit), Jerman (20 unit), lalu Belanda (9 Unit) dan Italia (18 Unit). Proses pebuatannya diserahkan kepada konsorsium yang terdiri atas empat negara.

Atlantic produksi pertama dikirim ke Angkatan Laut Prancis pada bulan Oktober 1965, total ada empat skuadron Atlantic yang bertugas sebagai pengintai maritime. Tetapi pesawat ini digunakan pula untuk pengtaian daratan di Mauritania dan Chad, serta juga saat Perang Teluk Pertama.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Patroli Maritim / Maritime Patrol Aircraft - Lockheed P2V Neptune)


Selain peralatan optis terbaru, Atlantic juga dilengkapi dengan system avionic tercanggih, umumnya buatan Inggris dan Amerika Serikat, termasuk diantaranya radar Thomson yang terpasang di bawah badan pesawat untuk mendeteksi kapal selam di permukaan laut. Peralatannya lainnya meliputi Magnetic Anomaly Detector (MAD) untuk mendeteksi medan magnetic yang dihasilkan dari kapal selam yang bergerak.

Pesawat ini dapat menjatuhkan banyak acoustic bouy di wilayah pencarian dan peralatan itu akan mendeteksi kehadiran kapal selam musuh di seklilingnya. Setelah menemukan sasaran, Atlantic dapat menggunakan berbagai macam senjata seperti bom, depth charge, torpedo akustik atau torpedo berpemandu, ditambah berbagai macam misil berhulu ledak konvensional maupun nuklir.

Pesawat Patroli Maritim Dassault Brequet Atlantique
militerbanget.blogspot.com

Angkatan Laut Prancis sangat bangga terhadap kemampuan Atlantic sehingga memesan versi upgradenya atau versi peningkatannya, yaitu Atlantique Mark 2 sebanyak 288 unit yang dikirim pada periode 1989-1997.

Salah satu radar yang dipasang pada Atlantique Mark 2 memiliki kemampuan sangat sensitive sehingga dapat mendeteksi periskop yang muncul di permukaan laut. Sistem deteksi akustik yang diterapkan pada Atlantique Mark 2 menggunakan buoy yang tidak sekedar dapat mendeteksi kapal selam tapi juga dapat mengidentifikasi lewat database sehingga dapat diketahui kelas, asal negara, dan tingkat ancamannya.

Bila diserang musuh, pesawat ini memiliki system Electronic Counter Measure untuk menghindari misil berpemandu inframerah dan radar. Antlantique 2 dapat membawa delapan torpedo atau dua misil Exocet atau delapan pod berisi satu rakit serta peralatan dan makanan untuk bertahan hidup untuk dijatuhkan di dekat korban kapal karam.

Atlantique mark 3 yang berteknologi full glass cockpit telah diserahkan ke Angkatan Laut Prancis pada tahun 2007 sedangkan Jerman dan Italia telah mengganti Mark I atau versi awal dengan Mark 3 pada tahun 2010

Pesawat Patroli Maritim Dassault Brequet Atlantique
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Patroli Maritim / Maritime Patrol Aircraft (MPA) - Dassault Breguet Atlantique 


Tipe Pesawat: Pesawat patrol maritime maritime jarak jauh.

Terbang Perdana: 21 Oktober 1961
Kru: 10 Orang
Bobot: 25.300 kg (Kosong), MTOW: 46.200 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 33,63 m 
Bentangan sayap: 37,42 m
Tinggi: 11,35 m

Persenjataan 

Untuk sasaran kapal selam:
8 Torpedo, 100 Sonobuoys, 70 Markers atau smoke, 30 retromarkers on top, 60 flares. Deep Charges, Ranjau, dll.
Untuk sasaran permukaan:
2 rudal Exocet AM 39 di weapon bay, dua atau empat rudal ARMAT di pylon pada sayap.
Untuk sasaran udara:
Dua atau empat rudal udara ke udara Magic di pylon pada sayap.

Mesin: 
2 X Rolls Royce Tyne 21 Two Shat Turboprops 6.220 Hp.

Performa 

Kecepatan maksimum: 648 km/jam
Kecepatan patroli: 315 km/jam
Ketinggian maksimum: 9.150 m
Ketahanan terbang dalam patrol: 18 jam
Jarak maksimum: 8.150 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Patroli Maritim / Maritime Patrol Aircraft (MPA) - Dassault Breguet Atlantique, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

Teknologi Strategi Militer No. 63
PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)


Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar