Senin, 13 Agustus 2018

Main Battle Tank / Tank Tempur Utama Leopard 2


Tank Tempur Utama Leopard 2A6
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang, Banten, Senin, 13 Agustus 2018

Leopard 2 diproduksi oleh Krauss Maffei di Munich, seperti halnya Main Battle Tank Leopard 1, silinder MTU MB berasal dari proyek AFV yang batal, kali ini kerja sama antara Jerman dan Amerika Serikat yang disebut MBT 70. Menggunakan banyak komponen dari proyek itu, Leopard 2 diwujudkan pada tahun 1979 setelah sebelumnya melalui tahap  purwarupa dan pengujian.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Main Battle Tank / Tank Tempur Utama Leopard 1) 

Seluruh kualitas dan performa Leopard 2 merupakan siklus pengembangan yang telah dilakukan cukup lama. Diberikan pula paket  peningkatan kemampuannya meliputi improved spaced armour, senjata utama, gun stabilization, suspensi, navigasi, dan pengendali mode penembakan, sehingga Main Battle Tank ini memiliki kemampuan setara dengan MBT “Top Gun”.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Main Battle Tank / Tank Tempur Utama MBT-70

Tank Tempur Utama Leopard 2
militerbanget.blogspot.com

Leopard 2 memiliki bobot tempur dikisaran 59 ton (untuk versi awal, di varian-varian yang lebih anyar, bobotnya bertambah secara signifikan), bermesin diesel 12 silinder MTU MB 873, kecepatan tertinggi yang bisa dicapai sekitar 72 km/jam, dan jarak tempuh maksimal 550 km. Persenjataan utamanya adalah meriam smoothbore L4 120mm buatan Rheinmetall, tetapi kemudian diganti dengan meriam versi laras panjang L55, selain persenjataan sekunder sepasang senapan mesin 7,62mm, salah satunya terpasang koaksial dengan meriam.

Digunakan dan diproduksi secara lisensi oleh banyak negara NATO, Leopard 2 telah banyak menghasilkan varian, dipasang proteksi  lapisan baja tambahan, senjata, dan sistem pengendali penembakan, atau modifikasi lainnya untuk tugas yang lebih spesifik sepert ARV (Armoured Recovery Vehicle) dan penyapu ranjau. Angkatan Darat Swiss saat ini memiliki 400 Leopard 2 (Pz 87 Leo) MBT, dari angka itu 60-70 persen dibuat di dalam negeri.

Tank Tempur Utama Leopard 2
militerbanget.blogspot.com

Sistem Proteksi

Tank Leopard 2 menggunakan baja multi lapis yang menjamin ketangguhannya. Empat sisi depan utamanya dipasang baja yang paling tebal diantara bagian yang lainya. Kubahnya tentu juga dipasang baja multi lapis agar menjamin keselamatan awak tank. Baja depan Tank Leopard 2 sanggup menahan hantaman proyektil kaliber 125mm dari jarak 1500m.

Baja Leopard 2 juga mengalami modifikasi khususnya dimulai dari varian Leopard A5. Varian ini menggunakan modul baja yang berbentuk kerucut dan modul baja ini dipasang sampai varian yang terbaru saat ini. Leopard 2 juga dapat dimodifikasi dengan memasang baja MEXAS dan AMAP. Selain itu Leopard 2 juga dipasang penyaring udara perang nubika, Peluncur granat asap, dan pemadam api otomatis.

Sistem Persenjataan

Senjata utama leopard 2 yaitu Kanon Rheinmetall 120mm smoothbore gun.  Senjata ini terdapat dua variasi. Variasinya yaitu, L44 dengan laras yang pendek dipasang dari varian awal sampai A5 dan L55 dengan laras yang panjang yang dipasang di varian A6 sampai varian seterusnya. Kanon Leopard 2 telah dikembangkan untuk menembak rudal anti tank LAHAT.

Senjata pendukung Leopard 2 yaitu memiliki peran sebagai senapan mesin koaksial dan senapan mesin anti personel dan anti serangan udara ringan. Senapan mesin bisa dipasang berbagai jenis sesuai kebutuhan. Jenis senapan mesin yang dipasang pada umumnya yaitu MG3 oleh Jerman, MG-51 oleh Swiss, FN MAG GPMG oleh Belanda, Singapura, Indonesia.

Tank Tempur Utama Leopard 2
militerbanget.blogspot.com

Variasi Utama 

Leopard 2 

Merupakan varian dasar Leopard 2 dilengkapi peralatan yang belum ditingkatkan.

Leopard 2A1 

Varian Leopard 2 dengan peningkatan baja dan komponen. Pengelihatan Thermal, Rak proyektil baru dan lubang pengisian bahan bakar yang baru.

Leopard 2A2 

Merupakan varian pengembangan Leopard 2 pada peningkatan Alat penglihatan dengan penglihatan Thermal, dan peningkatan kecepatan pengisian bahan bakar.

Leopard 2A3 

Varian dengan peningkatan alat komunikasi dan rem parkir. Sistem komunikasi yang dipasang yaitu radio digital SEM80/90.

Tank Tempur Utama Leopard 2A4
militerbanget.blogspot.com

Leopard 2A4 

Merupakan varian paling populer dari Leopard 2. Diproduksi sebanyak 695 buah dan pada 1992 Angkatan Bersenjata Jerman memodifikasi seluruh Leopard 2 dengan standar A4 dan bertambah menjadi 2125 buah. Kubah A4 ditambah baja titanium/tungsten. A4 juga ditambah sistem suspensi Tembakan dan Ledakan, dan sistem tembak digital.

Tank Tempur Utama Leopard 2A5
militerbanget.blogspot.com

Leopard 2A5 

Varian peningkatan Leopard 2 dengan perubahan yang drastis, yaitu penambahan modul baja lancip pada kubahnya, perubahan posisi pengelihatan bagi komandan dan juru tembak, dan penabahan komponen kramik pada filter plastik dan tungsten. Pemasangan baja lancip pada kubah agar menghambat masuknya proyektil APFSDS. Sistem stabilisasi tembaknya diganti dengan sistem otomatis.

Tank Tempur Utama Leopard 2A6
militerbanget.blogspot.com

Leopard 2A6 

Varian ini merupakan pengembangan Leopard 2 dengan mengganti meriam Rheinmetall  L44 dengan L55. Dengan kaliber proyektil yang sama tapi dengan meriam yang lebih panjang 25% dan kelebihannya yaitu jarak tembak yang lebih panjang dan daya tembak yang lebih besar. Mesin cadangan baru juga dimuat dalam varian ini. Varian ini juga menambahkan baja pelindung dari ledakan IED dalam Program A6M. Varian ini juga ada penyesuaian permintaan dari negara pengguna seperti Leopard 2E (Spanyol), dan Leopard A6HEL (Yunani).  

Leopard 2 PSO (Peace Security Operation) 

Varian Leopard 2 yang dibuat untuk pertempuran kota. Varian ini dipasang penambahan kerukan buldoser, Senapan mesin yang diatur dengan Remot Kontrol, Senjata non-lethal, dan pemasangan CCTV agar meningkatkan kewaspadaan awak tank.

Leopard 2A7+ 

Varian Leopard 2 dengan mempertahankan Komponen dari PSO tetapi dengan memasang meriam L55. Proyektil HE dengan peluru yang dapat dikendalikan telah dikembangkan. Tank ini memiliki beban lebih 5 ton daripada beban varian biasanya.

Leopard 2 Evolution 

Merupakan Varian Leopard 2 yang memiliki baja AMAP (Advanced Modular Armour Protection) yang dikembangkan oleh IBD Deisenroth. Baja AMAP memiliki bobot yang ringan dan material keramik yang berkepadatan tinggi. Varian ini juga memiliki modul yang fleksibel dan mudah dipasang atau dilepas. Konsep varian ini dituju untuk pengguna varian A4 yang ingin mengembangkan tanknya.

Leopard 2 Revolution 

Merupakan varian Leopard 2 yang memiliki kapasitas yang sama dengan Evolution, tetapi dengan penambahan yang berbeda. Memiliki perlindungan seperti evolution dan dapat menahan serangan misil anri tank. Revolution memiliki kubah dengan sistem digital yang memiliki situation awareness system yang dapat mengetahui asal sumber tembakan. Komandan dapat mengerem laju tank apabila pengemudi tidak dapat mengikuti perintahnya. Revolution memiliki AC dan alat komunikasi antara awak tank dengan Pasukan di luar Tank. Beban Revolution berkisar 70 ton  dan konsep ini dapat dipasang pada varian Leopard 2A4.

Kendaraan Bantu dan kendaraan latihan 


Bergepanzer 3 Buffel 

Bergerpanzer(Brz) 3 Buffel merupakan kendaraan bengkel bagi operasional Leopard 2. Pengembangan kendaraan ini dimulai dari ketidakmampuan Brz2 yang berbasis Leopard 1 untuk mengangkat Leopard 2. Buffel dilengkapi dengan crane yang dapat mengangkat beban seberat 30 ton, dan Tali baja dengan panjang  180 meter dengan ketebalan 33mm serta penahan bertenaga hidrolik untuk operasional peralatan buffel.

Bruckelegepanzer 2 Bieber 

Brukelegepanzer (BRPLZ) 2 merupakan tank pembawa jembatan. Tank ini menggunakan basis dari Leopard 1 dan pada saat ini masih digunakan untuk bantuan operasional Leopard 2. Jembatan yang dibawa tank ini sepanjang 9.7 meter dan dapat digelar selama 3 menit. Tank ini memiliki sistem penahan hidrolik dan dipakai pada saat pengelaran jembatan untuk menahan keseimbangan tank.

Panzserschellbrucke LEGUAN

Panzerschellbrucke(PSB) Leguan merupakan varian tank pembawa jembatan yang berbasis Leopard 2. Jembatan yang dibawa tank ini adalah jembatan LEGUAN yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei-Wegmann. Pada saat jembatan diletakkan, Sistem penahan hidrolik diaktifkan agar dapat menahan keseimbangannya dalam pemasangan jembatan. Jembatan yang dibawa yaitu sepanjang 9.7 Meter.

Pioneerpanzer 3 Kodiak

Merupakan kendaraan teknis militer yang berbasis Leopard 2. Kendaraan ini merupakan pengembangan dari permintaan Swiss untuk kebutuhan kendaraan teknisnya. Kodiak dikembangkan oleh Rheinmetall. Pengembangan Kodiak dibuat dengan memasang  crane ekskavator, bilah buldoser, scarifies untuk pengancuran aspsal, dan dua winch berkapasitas 9 ton.  Tank ini dipasang senjata remot kontrol sebagai pertahanan dirinya.

Farhschulpanzer Leopard 2

Farhschulpanzer 2 merupakan kendaraan latih mengemudi leopard 2. Kendaraan ini dilengkapi dengan meriam dummy dan kubah tetap. Tank latih ini dapat mengangkut 4 orang terdiri dari, 1 instruktur, 1 siswa, 2 siswa untuk mengobservasi pelatihan.

Varian Anti Pesawat 


Leopard 2 SPAAG

Merupakan varian Leopard 2 yang dipasang kubah Marksman SPAAG. Kubah Marksman merupakan kubah anti pesawat yang dapat dipasang di semua tank dan tentunya Leopard 2 juga dapat dipasang kubah ini.

Model terakhir Leopard 2A5/2A6 MBT, identik dengan pendahulunya tetapi memiliki beberapa perbaikan, diantaranya:

Periskop komandan di atap telah dipasang penglihatan thermal, tampilan gambarnya lalu dikirim ke layer monitor di dalam turret.

Peralatan pengendali persenjataan telah menggunakan system elektrik menggantikan system hidrolik, sehingga tingkat kebisingan bisa ditekan, mudah dalam perawatan, dan lebih hemat energi listrik.

Peningkatan proteksi pada turret bagian depan dengan membentuknya seperti anak panah pintu palka pengemudi dibuka tutup dengan cara digeser ke arah kanan kamera TV terpasang di belakang sehingga lebih aman saat bergerak mundur (Layar TV dengan kemampuan melihat 65 derajat ke arah vertical maupun horizontal) System navigasi hybrid memungkinkan komandan dapat mengarahkan tank ke lingkungan operasional manapun 
Modifikasi pada prosesor penentu jarak berpengarah laser.

Ada beberapa perbaikan pada Leopard 2 milik Swedia (Strb 122), seperti proteksi tambahan pada bagian depan dan bagian samping untuk menghadapi bomblet, dan penentu jarak berpengarah laser yang aman bagi mata.

Tank Tempur Utama Leopard 2A4
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Main Battle Tank / Tank Tempur Utama Leopard 2


Mulai bertugas: 1979
Kru: 4 Orang
Bobot: 59.700 kg

Dimensi  

Panjang: 9,97 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,64 m 
Lebar: 3,74 m

Persenjataan  

Senjata utama: 120mm gun
Senjata sekunder: 2 x 7.62 mm /0.30 in machine gun
Armor: Maksimum mm
Mesin: MTU MB 873 Ka501 12 cylinder Diesel, developing 1.118,5 kW/1500hp

Performa 

Kecepatan maksimum: 72 km/jam (44.7 mph) 
Jarak maksimum: 500 km (310.7 miles)

Demikianlah artikel tentang Main Battle Tank / Tank Tempur Utama Leopard 2, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com



Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

1 komentar: