Sabtu, 14 September 2024

Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Keenam)


Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Sabtu, 14 September 2024

Pesawat tempur era setelah Perang Dunia II ini memang punya tampilan yang tak lazim. Bayangkan dua pesawat yang digabung menjadi satu sehingga seakan-akan seperti "kembar". Perancang pesawat ini memang bertujuan untuk menggabingkan dua badan pesawat ke dalam satu kesatuan untuk memperoleh performa yang maksimal. Dan upaya ini berhasil, pesawat ini memang memiliki performa yang cukup super (untuk ukuran masa itu). Sayangnya, pesawat ini terlahir di era yang tak lagi mendukung model pesawat ini. Pesawat tempur ini masih mengandalkan propeller untuk penggeraknya, sementara pada era itu mesin jet telah mulai menjadi trend untuk dapur pacu pesawat tempur. Alhasil, pesawat ini punya waktu operasional yang singkat karena tergerus jaman. Supaya artikel ini dapat dipahami dengan baik, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Kelima)", silahkan disimak:

Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Pada saat itu, pesawat tempur malam Northrop P-61 Black Widow hampir pensiun dan ini terbukti menjadi penyelamat bagi pengembangan sekaligus eksistensi Twin Mustang selanjutnya. Sepasang P-82B kemudian dipilih untuk diubah menjadi pesawat tempur malam dan kedua pesawat ini diberi kode baru menjadi "P-82C" dan "P-82D". Perbedaan utama antara kedua pesawat ini terletak pada pilihan sistem radar yang dipasang, dimana model C diberi sistem radar seri SCR720 sementara model D diberi sistem seri APS-4 (pada varian ini ada sedikit perbedaan karena adanya pod radar yang memiliki profil yang besar yang dipasang di bawah bagian sayap tengah).

Kedua pesawat tersebut dilabur dengan warna hitam sebagai kamuflase standar untuk pesawat tempur malam hari.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Handley Page Hampden)

Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Pengadaan pada P-82 lainnya terus berlanjut, P-82E menjadi pesawat tempur segala cuaca yang diproduksi sebanyak 100 unit. P-82F menjadi pesawat tempur malam khusus yang dilengkapi dengan radar APS-4, produksi juga berjumlah 100 unit. Varian P-82G diproduksi 50 unit dan dilengkapi dengan radar SCR720. Varian ini menjadi bentuk produksi terakhir dari pesawat Twin Mustang. Semua pesawat diproduksi di pabrik North American Inglewood di California. Unit terakhir keluar dari jalur produksi pada bulan Maret 1949. Secara keseluruhan, 273 unit pesawat P-82/F-82 diproduksi.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank Type 85-II)

Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang"
militerbanget.blogspot.com

Komando Pertahanan Udara

Pecahnya Perang Korea membuat situasi Kembali berbalik. Militer Amerika Serikat mulai mengumpulkan sebanyak mungkin persenjataan, dan salah satunya mulai mengadopsi pesawat tempur malam F-82G yang dilengkapi radar. Pada Perang Korea tersebut, terjadi perubahan kode untuk pesawat, Dimana pesawat tempur yang semula menyandang kode "P" diberi kode ulang menjadi "F". Beberapa skuadron yang berbasis di Timur Jauh menjadi beberapa kelompok pesawat tempur Amerika pertama yang dimobilisasi untuk menghadang invasi Korea Utara ke Selatan. Pada peristiwa tersebut P-82G mengklaim berhasil menembak jatuh tiga pesawat tempur milik Korea Utara sekaligus mencatatkan angka “kill” pertama dalam perang tersebut pada tanggal 27 Juni 1950.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Keenam). Artikel ini bersambung ke bagian ketujuh dengan judul “Pesawat Tempur F-82 (P-82) "Twin Mustang", Pesawat Tempur Kembar yang Mematikan (Bagian Ketujuh)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Warplane
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Amerika_Serikat
#Pesawat
#Pesawat_Tempur_Propeller

Tidak ada komentar:

Posting Komentar