Minggu, 11 Juni 2023

Focke-Wulf Fw 190, Si Burung Pemangsa Andalan Luftwaffe (Bagian Ketiga)


Pesawat Tempur Propeller
Focke-Wulf Fw 190
militerbanget.blogspot.com
 

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Sabtu, 10 Juni 2023

Artikel ini meneruskan artikel sebelumnya tentang satu jenis pesawat tempur racikan dari Jerman era Perang Dunia II. Pesawat ini sebenarnya memiliki performa yang sangat tinggi, tetapi sayangnya, kehebatan pesawat ini seolah-olah tenggelam dan kalah pamor alias "kedigdayaan" dibandingkan dengan saudaranya, Messerchmitt - Bf 109. Supaya dapat mengikuti artikel ini dengan baik, silahkan baca bagian kedua dengan judul: "Focke-Wulf Fw 190, Si Burung Pemangsa Andalan Luftwaffe (Bagian Kedua)", dan ini adalah artikelnya:

Fw 190 A-3 adalah pesawat varian berikutnya dalam dinasti Fw-190. Varian ini dilengkapi dengan mesin yang lebih kuat, yaitu BMW 801Dg dengan kekuatan 1.800-hp. Pada varian ini persenjataan utama diganti dengan MG 151, yang memiliki laju tembakan lebih cepat, menggantikan meriam FF 20 mm yang dipindahkan ke sayap bagian luar.

Pesawat Tempur Propeller
Focke-Wulf Fw 190
militerbanget.blogspot.com

Focke-Wulf Fw 190 melakukan debut operasionalnya pada 14 Agustus 1941 ketika sepasang pesawat dari JG 26 menembak jatuh dua Supermarine Spitfires. Laporan pertempuran awal dari pilot Royal Air Force terkadang mengira pesawat itu sebagai Curtiss Hawk 75 yang dirampas Jerman. Dalam berbagai laporan, banyak pilot dari RAF yang mengakui bahwa Fw 190 lebih unggul dari Spitfire Mk V, baik dalam kecepatan menanjak maupun pada saat menukik. Dan performa manuvernya juga lebih baik, kecuali pada saat membelok (dimana performanya turun pada saat pesawat ini melakukan belokan tajam).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber - Douglas A-20 Boston / Havoc

Pesawat Tempur Propeller
Focke-Wulf Fw 190
militerbanget.blogspot.com

Dengan performa Fw 190 yang lebih baik dibandingkan dengan pesawat-pesawat tempur RAF menyebabkan Luftwaffe merebut superioritas udara dari RAF di Front Barat selama hampir satu tahun. Hal ini terus berlangsung sampai kemunculan pesawat Spitfire Mk IX dan Hawker Typhoon, dan mulai membalikkan keadaan sehingga RAF kembali meraih superioritas di udara.

Pesawat Tempur Propeller
Focke-Wulf Fw 190
militerbanget.blogspot.com

Fw 190 dengan cepat menarik perhatian RAF sehingga RAF mulai menyusun berbagai rencana untuk dapat merebut pesawat ini guna dipelajari. Salah satu rencananya adalah dengan mengirim satu tim pasukan komando ke lapangan terbang di Prancis yang diduduki Jerman, merampas satu unit, dan menerbangkannya ke Inggris.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - RAI Model M500

Pesawat Tempur Propeller
Focke-Wulf Fw 190
militerbanget.blogspot.com

Tetapi ternyata dewi fortuna memihak kepada Inggris. Pada tanggal 23 Juni 1942, satu unit Fw 190A-3 yang dikemudikan oleh Oberleutnant Armin Faber salah mengira Selat Bristol sebagai Selat Inggris dan akhirnya mendarat di RAF Pembrey, yang tentu saja langsung dikuasai oleh RAF. Pesawat ini kemudian dikirim ke Royal Aircraft Establishment di Farnborough untuk dipelajari sekaligus diuji performa tempurnya dibandingan dengan Spitfire, Typhoon, Lockheed P-38 Lightning, dan Mustang P-51 North America.

Demikianlah artikel yang berjudul "Focke-Wulf Fw 190, Si Burung Pemangsa Andalan Luftwaffe (Bagian Ketiga)", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul: "Focke-Wulf Fw 190, Si Burung Pemangsa Andalan Luftwaffe (Bagian Keempat)".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar