Selasa, 02 Mei 2023

Senapan Serbu Bullpup Steyr AUG, Si Ringkas yang Futuristik, Handal dan Mematikan (Bagian Pertama)


Senapan Serbu Steyr AUG
militerbanget.blogspot.com

Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Selasa, 2 Mei 2023

Senapan serbu Steyr AUG mulai dikembangkan sejak akhir 1960-an oleh perusahaan Austria Steyr-Daimler-Puch yang bekerja sama dengan Angkatan Darat Austria. AUG adalah singkatan dari “Armee Universal Gewehr”, yang diterjemahkan kedalam bahasa Inggris menjadi “Universal Army Rifle” atau "Senapan Uniersal Tentara". Senapan serbu ini telah diadopsi pada tahun 1977 sebagai dan diberi kode standar StG.77. Produksi definitif dimulai pada tahun 1978. Senapan serbu ini diciptakan untuk menggantikan posisi senapan serbu StG.58 yang dirasa sudah mulai usang, yang merupakan versi FN FAL yang dibuat dengan lisensi. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Heavy Sniper Rifle / Senapan Runduk Berat - Barrett M99)

Senapan Serbu Steyr AUG
militerbanget.blogspot.com

Sejak diperkenalkan, AUG telah mendapatkan popularitas yang cukup “heboh”, dan karena popularitas tersebut, senjata ini lalu diadopsi oleh sejumlah negara. Salah satu negara yang sangat terkesan dengan senapan ini adalah Australia, dan mengadopsi serta memproduksinya secara lisensi dengan kode Lithgow F88 (tetapi lebih dikenal sebagai Austeyr). AUG dapat dianggap sebagai desain senapan serbu bullpup paling sukses secara komersial hingga saat ini.

Senapan Serbu Steyr AUG
militerbanget.blogspot.com

Steyr AUG menggunakan peluru standar NATO kaliber 5,56x45 mm. Senjata ini adalah senapan serbu selektif yang dioperasikan dengan system gas operated dan menerapkan tata letak bullpup. Senjata ini dianggap revolusioner dalam banyak hal saat pertama kali muncul. Steyr AUG terkenal karena keandalannya, ergonomisnya yang baik, dan tingkat akurasinya yang terbilang tinggi.


Senapan Serbu Steyr AUG
militerbanget.blogspot.com

Steyr AUG juga mengadopsi desain modular, yang berarti, senapan serbu ini dapat dengan cepat dirubah spesifikasinya dengan hanya mengganti sebagian komponennya (terutama bilik peluru dan laras). Ada empat spesifikasi alias tipe laras yang dapat dipasangkan pada senapan ini. 

Senapan Serbu Steyr AUG
militerbanget.blogspot.com

Untuk spesifikasi standar, laras senapan yang diaplikasikan adalah laras standar dengan panjang sekitar 508 mm (20"). Spesifikasi yang kedua adalah senapan serbu tipe kompak, dengan panjang laras sekitar 350 mm (13,7"). Spesifikasi yang ketiga adalah karabin, dengan panjang laras 407 mm (16"). Dan yang keempat adalah tipe senapan mesin ringan, dengan panjang laras 621 mm (24,4"). Pada konfigurasi senapan mesin ringan, senapan ini juga dilengkapi dengan bipod lipat integral. Penggantian laras pada senjata ini sangatlah mudah, dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Demikianlah artikel yang berjudul "Senapan Serbu Bullpup Steyr AUG, Si Ringkas yang Futuristik, Handal dan Mematikan (Bagian Pertama)", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar