Senin, 02 November 2020

Su-34 Si “Paruh Bebek” Penebar Maut Di Udara



Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Senin, 2 November 2020

Salah satu media Amerika Serikat menulis sebuah artikel yang menarik, yaitu; Su-34 adalah salah satu pesawat pembom tempur terbaik yang dimiliki oleh Rusia.

Belum lama ini, The National Interest menerbitkan sebuah artikel dengan tajuk “Pesawat PembomTempur Su-34 Melegenda karena Satu Alasan Sederhana.” Tanpa bertele-tele, sang penulis artikel dengan gamblang menjabarkan alasannya sebagai berikut, “Pesawat ini dapat dengan mudah mencapai tujuannya ke mana saja dan kapan saja.”


Si penulis artikel ini, Caleb Larson, mengatakan, Su-34 adalah salah satu pesawat pembom tempur terbaik yang dimiiki oleh militer Rusia.

Masih dalam artikel tersebut, Larson memaparkan sejumlah keunggulan pesawat tersebut, seperti kokpitnya yang besar dan luas (pilot bahkan bisa berdiri tegak di dalamnya). Dan yang lebih “aneh” adalah, kokpit pesawat juga dilengkapi toilet dan dapur kecil.


Kabin atau “cangkang” kokpit terbuat dari material baja dengan tambahan proteksi berupa lapisan titanium. Dengan proteksi seperti ini, pilot akan terlindung dari tembakan senjata api dan senjata antipesawat ringan. Berbagai komponen lain yang bersifat vital pada pesawat ini juga dilindungi dengan lapisan baja.


Pesawat Su-34 (Rusia : Сухой Су-34 ; NATO memberikan kode untuk pesawat ini sebagai “Fullback”) ini memiliki 12 pylon atau cantelan di sayap dan juga di badan yang dapat digunakan untuk membawa berbagai jenis persenjataan, seperti bom, roket, dan lainnya. Pesawat ini juga dilengkapi dengan meriam kaliber 30mm yang mumpuni untuk melibas sasaran darat dan juga mematikan untuk dogfight jarak dekat.


Tak hanya itu, Larson juga memberikan perhatian pada bodi Su-34 yang unik. Karena bentuk moncongnya yang agak ceper seperti paruh bebek, Su-34 dijuluki Platipus.

Pesawat Su-34 mengombinasikan kekuatan sebuah bomber yang memiliki muatan persenjataan yang besar dan daya jelajah yang tinggi dengan kemampuan manuver sebuah pesawat tempur yang luar biasa. Kelebihan ini sebagian besar dicapai karena pesawat itu menerapkan konsep three-surface design.


Salah satu fitur yang paling mencolok pada Su-34 adalah bentuk ekornya. Ekor pesawat yang besar dapat menampung parasut untuk membantu pengereman, mesin tambahan, bahan bakar cadangan, dan antena radar belakang yang bisa memperingatkan pilot jika sewaktu-waktu pesawat ini dalam kuncian rudal lawan.


Pada bagian akhir artikel, Caleb Larson menyimpulkan bahwa, walaupun pesawat ini tidak dilengkapi dengan teknologi siluman, Su-34 tetap merupakan lawan sepadan bagi pesawat-pesawat tempur generasi ke-4++ dan militer Rusia tak akan mengistirahatkan pesawat ini dalam waktu dekat.


Spesifikasi Su-34 (Сухой Су-34, kode NATO "Fullback")

Tipe: Pesawat Pembom Tempur
Terbang perdana: 13 April 1990
Diperkenalkan pada public: 4 Januari 2007
Status: Produksi
Pengguna utama: Angkatan Udara Rusia
Jumlah produksi: 22 unit
15 seri
7 purwarupa
Harga satuan: US$36 juta
Acuan dasar: Su-27

Kharakteristik umum
Kru: 2 orang
Panjang: 23.34 m
Rentang sayap: 14.7 m
Tinggi: 6.09 m
Berat isi: 39,000 kg
Kapasitas angkut persenjataan: 8,000 kg
Berat maksimum saat lepas landas: 45,100 kg
Mesin: 2 × Lyulka AL-35F turbofans, 137.2 kN with afterburner masing-masing


Kinerja
Kecepatan maksimum:
Elevasi tinggi: Mach 1.8 (1,900 km/h, 1,180 mph)
Elevasi rendah: Mach 1.2 (1,400 km/h, 870 mph) at sea level
Radius tempur: 1,100 km (680 mi)
Jarak jelajah maksimum: 4,000 km (2,490 mi)
Ketinggian operasional maksimum: 15,000 m
Beban sayap: 629 kg/m²
Rasio daya dorong/berat: 0.68


Persenjataan
1 × 30mm Gryazev-Shipunov GSh-30-1 (9A-4071K) cannon, 150 peluru
Senjata pertahanan diantaranya: R-27 Alamo, R-73 Archer dan R-77 Adder series, dengan PESA yang menyediakan kemampuan untuk melacak hingga sepuluh target dan secara bersamaan mengunci serta menembak empat diantaranya dengan tembakan rudal BVR.

10 cantelan di sayap dan dua di badan pesawat untuk persenjataan hingga 8.000 kg (17.630 lb), termasuk Kh-29L / T, Kh-25MT / ML, Kh-25MP, Kh-36, Kh-38, Kh-41, Kh-59M , Kh-58, Kh-31P, Kh-35 Ural, Kh-41, Kh-65S, Kh-SD, 2 Moskit, 3 × Jachont air-to-ground missiles, KAB-500L / KR atau KAB-1500L guide bombs , bom tak berpemandu, pod roket B-8 dengan roket S-8 20 × 80 mm, pod roket B-13 dengan roket S-13 5 × 122 mm, pod roket O-25 dengan roket S-25 1 × 340 mm, tangka bahan bakar eksternal, EW- dan pod pengintai.

Artikel asli berjudul: “The National Interest: Su-34 Pesawat Legendaris”. Ditulis oleh Fauzan Al-Rasyid.

Artikel ini telah tayang di laman id.rbth.com. Tulisan asli dapat dibaca di sini.

Artikel ditulis ulang dan disempurnakan oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. Wikipedia
3.Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana,
#Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Pendemi, #Corona, #Covid-19


Tidak ada komentar:

Posting Komentar